Edukasi Lainnya

Tanya Toped

Apa itu TopAds?

TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant Tokopedia. Untuk Mengetahui lebih lanjut klik
disini.

Bagaimana Cara Mengaktifkan TopAds?

Untuk mengaktifkan TopAds :

  • Pastikan Anda sudah login akun toko Anda
  • Klik ikon pilih TopAds
  • Isi Kredit TopAds. Caranya klik Tambah Kredit lalu pilih jumlah Kredit TopAds yang mau Anda tambahkan
  • Pilih metode pembayaran, lalu lakukan pembayaran
  • Setelah pembayaran berhasil di verifikasi, TopAds sudah bisa Anda aktifkan
  • Isi Kredit TopAds. Cara selengkapnnya bisa klik disini.

Bagaimana Cara Menggunakan TopAds?

TopAds terdiri dari 2 jenis, TopAds untuk mempromosikan toko Anda dan juga TopAds untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa memilih antara 2 pilihan tersebut, untuk menggunakan TopAds Produk Anda bisa klik disini dan untuk menggunakan TopAds Toko Anda bisa klik disini.

Bagaimana dengan biaya nya?

TopAds menerapkan sistem pembayaran Cost Per Click (CPC) dimana Anda hanya akan membayar setiap kali iklan toko atau produk kamu diklik. Untuk informasi lebih lanjut klik disini

Bagaimana cara mengisi kredit TopAds?

  • Klik ikon pilih TopAds
  • Klik Tambah Kredit
  • Pilih metode dan lakukan pembayaran. Untuk metode pembayaran Transfer Bank, jangan lupa melakukan Konfirmasi Pembayaran

Bagaimana membuat TopAds saya tampil paling atas?

Anda tidak bisa menentukan dimana iklan akan muncul, karena letak iklan secara otomatis ditentukan oleh skor tertentu yang dihitung berdasarkan beberapa faktor. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini.

Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk bidding TopAds?

Nilai bidding yang dapat Anda masukkan dimulai dari 50 rupiah sampai 2000 rupiah. Anda dapat memulai dari harga terendah terlebih dahulu, jika Anda merasa iklan belum muncul Anda dapat mulai menaikkan nilai bidding secara perlahan. Kisaran harga bidding yang di rekomendasikan antara 50 rupiah hingga 200 rupiah per klik.

Kenapa saldo TopAds saya cepat habis?

Perhatikan kembali nilai bid yang Anda pasang, serta banyaknya iklan yang statusnya aktif di toko Anda. Jika nilai bid nya tinggi, maka iklan Anda akan sering di tampilkan. Semakin sering iklan Anda di tampilkan, maka akan semakin besar kemungkinan iklan Anda di klik oleh calon pembeli Anda. Dan akhirnya dengan nilai klik yang tinggi maka saldo TopAds Anda akan lebih cepat terpotong. Ada baiknya Anda melakukan pengaturan Anggaran harian, dan bijak dalam menentukan nilai setiap bid yang Anda pasang.

Kenapa persentase konversi iklan saya rendah?

TopAds toko dan produk memiliki penilaian konversi yang berbeda. Untuk TopAds toko, nilai konversi dilihat dari seberapa banyak user yang memfavoritkan toko Anda setelah klik iklan TopAds toko Anda. Sedangkan untuk TopAds produk nilai konversi dilihat dari banyaknya produk yang dijual dari hasil klik iklan TopAds produk Anda.

Jika Anda lihat pada statistik nilai konversi produk yang Anda pasangkan TopAds masih rendah, Anda dapat membandingkan penjualan di toko Anda sebelum menggunakan TopAds dan setelah menggunakan TopAds. Jika terdapat kenaikan yang signifikan, hal tersebut bisa dikarenakan faktor indirect buying atau pembelian tidak langsung di toko Anda.

Yang di maksud dengan pembelian tidak langsung di sini adalah ketika calon pembeli Anda klik iklan produk A, akan tetapi setelah melihat deskripsi produk dan buka halaman toko Anda, justru melakukan pembelian produk B, C dan D.

Kenapa status iklan tidak terkirim?

Status iklan Anda bisa menjadi tidak terkirim dikarenakan beberapa hal :

  • Status iklan Anda masih aktif, tetapi saldo TopAds Anda sudah habis
  • Anda melakukan pengaturan waktu tampil untuk iklan Anda dan belum masuk waktu iklan Anda tampil
  • Ketika iklan Anda sudah tampil melebihi limit anggaran harian Anda.

Pelajari selengkapnya

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar