Tips Mengatur Pembukuan Toko yang Baik dan Benar

Nobar Online 19 Juli 2018

Hi Merchant! Apa kabar penjualan di Tokopedia?

Ketinggalan Nobar Online 19 Juli 2018 lalu? Jangan khawatir! Karena kamu bisa membaca rangkumannya disini.

Nobar Online di Telegram kali ini dibawakan oleh Kak Iqbal dan Kak Ben dari tim Mitra Toppers yang membahas mengenai “Tips Mengatur Pembukuan Toko yang Baik dan Benar“. Nobar Online kali ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari para peserta Nobar.

Kak Iqbal menjelaskan bahwa selain kita harus fokus dengan produk dan cara marketing yang baik, kita juga harus fokus dalam pembukuan untuk alur keuangan bisnis kita yang lebih baik. Nah kita simak yuk tips dari Kak Iqbal untuk melakukan pembukuan sederhana yang baik berikut ini:

Tips 1: Membuat Catatan Khusus untuk Transaksi Pengeluaran
Harus selalu mencatat setiap modal yang dikeluarkan, agar jelas berapa modal yang telah dikeluarkan, dan memiliki target kapan modal tersebut akan kembali. Nah untuk tips yang pertama ini, kakak jangan lupa mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun yang berkaitan dengan cashflow dari bisnis kakak, dan jangan lupa untuk selalu memisahkan kas keuangan pribadi dan keuangan usaha sendiri. Jadi, kita harus pisahkan dulu uang pinjaman dengan uang investasi, jangan sampai uang modal digunakan untuk investasi. Setelahnya, baru prioritaskan membayar cicilan agar bunga tidak menumpuk.

Tips 2: Membuat Catatan Khusus untuk Transaksi Pemasukan
Cobalah membuat catatan jumlah pemasukan dalam setiap hari, sehingga Anda mengetahui berapa jumlah keuntungan yang diperoleh dalam hari tersebut, dan catatan tersebut bisa digunakan untuk pembuatan pembukuan di akhir bulan.

Tips 3: Buatlah Catatan Stok Barang
Bukan transaksi keuangan saja yang harus dicatat, tapi barang masuk dan keluar juga harus dicatat, dengan begitu Anda bisa mengawasi operasional bisnis sehari-hari.

Dalam Nobar Online kali ini, tim Mitra Toppers menginfokan bahwa saat ini tersedia Pinjaman Modal Syariah yang sudah bekerjasama dengan BRI Syariah dan Bank Mandiri Syariah lho. Untuk info lebih lanjut mengenai manfaat pinjaman online syariah, bisa dilihat di https://seller.tokopedia.com/manfaat-pinjaman-online-syariah/

Nah, bagaimana Toppers? Tertarik untuk meminjam modal untuk mengembangkan usahamu di Tokopedia? Yuk kita #mulaiajadulu! Klik www.tokopedia.com/mitra-toppers

Semoga Nobar Online kali ini bermanfaat ya Toppers!
Sampai jumpa di Nobar Online berikutnya!

Belum gabung Telegram? Gabung di https://t.me/topcommunityindonesia

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.