Tips Mengatur Cash Flow Toko

Nobar Online 29 Juni 2018

Hi Merchant! Apa kabar penjualan di Tokopedia?

Nobar Online di Telegram kali ini dibawakan oleh tim Mitra Toppers yang membahas mengenai “Tips Mengatur Cash Flow Toko“.

Cash Flow adalah arus kas untuk keluar dan masuk dari keuangan bisnis kakak-kakak, apabila cash flownya terganggu, maka keuangan pribadi pun akan terganggu.

Tim Mitra Toppers pun memberikan beberapa saran dalam mengatur cash flow toko secara efektif:

  • Memisahkan rekening usaha dan rekening pribadi: Untuk menjaga agar cash flow kakak lancar, jangan mencampurkan keuangan usaha dan pribadi pada 1 rekening atau simpanan lainnya agar tidak tercampur dan malah mengurangi kas untuk keuangan usaha sendiri. Ketika ada kebutuhan lebih untuk usaha, selalu berpikir dua kali untuk menggunakan pos keuangan pribadi, begitu pula sebaliknya.

  • Mempunyai pos beserta laporan keuangan khusus akan sangat bermanfaat untuk usaha, misalnya jika butuh tambahan pembiayaan dari pihak lain.
  • Jangan lakukan penjualan lanjutan kepada pelanggan yang belum melunasi hutangnya. Mungkin menggiurkan, namun usahakan pembeli untuk dapat melunasi hutangnya terlebih dahulu

  • Gunakan sistem gaji bulanan: penting untuk menghitung pendapatan dan menggaji diri sendiri. Jangan sampai Pendapatan Kotor dianggap sebagai keuntungan, karena pendapatan kotor dan keuntungan bersih sangat berbeda

  • Pentingnya belajar basic laporan keuangan, jika sudah mengerti menyusun laporan keuangan yang baik dan benar, kakak-kakak akan lebih percaya diri dalam melakukan ekspansi dan melakukan pinjaman, sehingga dapat membayar kembali hutang setelah bisnis mulai “cantik”

Selain saran untuk mengatur cash flow toko secara efektif, Tim Mitra Toppers menjelaskan bahwa ada banyak sumber pinjaman modal, mulai dari keluarga, teman, atau dari pihak ketiga yg resmi.

Namun, terkadang terdapat kesulitan untuk meminjam melalui pihak ketiga nih Toppers, yang dimana persyaratan dari pihak ketiga terkadang tidak sesuai dengan kemampuan kita.

Disini, Mitra Toppers hadir sebagai solusi dari Tokopedia untuk memudahkan seluruh merchant Tokopedia untuk mendapatkan tambahan modal usaha dari mitra penyedia pinjaman yang sudah bekerjasama dengan Tokopedia. Selain itu, merchant Tokopedia bisa membandingkan banyak program pinjaman dan mengajukan langsung dari Tokopedia yang kemungkinan disetujuinya lebih tinggi.

Untuk merchant yang belum pernah mengajukan modal melalui Mitra Toppers, akan mendapatkan Cashback Bunga Pinjaman 3 bulan pertama lho! Kakak-kakak bisa cek langsung di www.tokopedia.com/mitra-toppers ya!

Semoga Nobar Online kali ini bermanfaat ya Toppers! Sampai jumpa di Nobar Online berikutnya!

Belum gabung Telegram? Gabung di https://t.me/topcommunityindonesia

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar