Tips Memilih Supplier

Anda sudah mengetahui produk apa yang akan Anda tambah? Kini saatnya Anda mengambil langkah berikutnya, yaitu mencari supplier barang tersebut.

Berikut adalah beberapa tips dan trik hasil interview dengan penjual berpengalaman Tokopedia, Ibu Nurqi atau akrab dipanggil Ibu Nur pemilik toko AzzahraShop yang berjualan beraneka ragam produk, mulai dari kosmetik sampai perabotan rumah. Tokonya sudah dirintis sejak tahun 2012 silam dan saat ini memiliki reputasi Diamond 1.

Apa saja yang dilihat saat memilih supplier?

Harga

Harga merupakan faktor utama yang Anda lihat pada memilih supplier. Jika Anda ingin mendapatkan untung yang lebih besar, Anda otomatis akan tertarik dengan supplier yang memberi harga murah, karena harga yang dapat Anda patok untuk pembeli tidak terlalu tinggi dan bisa bersaing dengan kompetitor Anda. Satu hal lagi, jangan lupa untuk bernegosiasi soal harga, karena semakin banyak barang yang dibeli, semakin rendah harga per barangnya.

Kualitas Barang

Kualitas adalah salah satu aspek yang dapat Anda tes sebelum mengambil barang tersebut dalam kuantitas yang lebih banyak. Anda boleh menanyakan pada supplier Anda jika mereka dapat mengirimkan tester atau Anda dapat membelinya dalam jumlah yang sedikit. Di sini, Anda bisa menilai ulasan dari pembeli terhadap barang tersebut. Tanyakan feedback dari pembeli-pembeli Anda, apakah barang tersebut memuaskan? Apakah mereka akan membelinya lagi? Apa kekurangan dari produk tersebut?

Anda dapat menanyakan supplier tersebut mengenai retur barang apabila barang tersebut cacat pabrik, mengalami gangguan, tidak sesuai spesifikasi, dan banyak hal lainnya. After-sales service merupakan sebuah keunggulan karena pelanggan di sini dapat meretur barang yang memiliki kendala kepada supplier Anda. Hal ini bisa Anda tanyakan terlebih dahulu kepada supplier apakah mereka memiliki fasilitas seperti ini atau tidak karena terkadang supplier tidak memberi tahu perihal ini kepada Anda terlebih dahulu.

Kualitas Layanan

Kecepatan respon balas komunikasi (pesan singkat, email, telepon) merupakan suatu hal yang penting, Anda harus bisa berkomunikasi lancar dengan supplier tersebut karena komunikasi adalah kunci berjualan yang baik. Cek terlebih lagi, apakah supplier Anda tersebut komunikatif, informatif dan jujur.

Hal lain yang patut dilihat dari supplier tersebut adalah kecepatan pengiriman. Pada saat Anda melakukan pembelian uji coba, apakah mereka mengirimnya dengan cepat dan aman. Kecepatan pengiriman adalah hal penting yang Anda harus perhitungkan, karena di saat-saat tertentu Anda perlu re-stock atau hal lain yang Anda perlukan secara mendadak. Produk yang sampai di tangan Anda juga harus dalam keadaan utuh dan tidak rusak akibat pengiriman, packing yang aman dan rapi juga dapat Anda jadikan perhitungan.

Lokasi

Lokasi supplier juga menjadi hal penting bagi Anda. Semakin jauh lokasi supplier tersebut, bisa jadi biaya ekspedisi yang menjadi hambatan Anda, otomatis harga produk Anda harus menutupi pengeluaran ekstra tersebut. Kecepatan pengiriman juga bisa menjadi faktor kecepatan pengiriman mereka.

Bagaimana AzzahraShop mendapatkan supliernya?

Ibu Nur giat dalam mengembangkan ragam produk yang dijualnya. Ia menggunakan fitur Wawasan Pasar untuk mengetahui barang-barang baru yang dapat ia coba jual berdasarkan pangsa pasar dalam kategori tersebut. Supplier yang didapatnya merupakan hasil dari pertemanannya yang offline maupun online.

Pada intinya, Anda harus teliti dan banyak bertanya pada supplier tersebut. Jika Anda penasaran, boleh mengetes produk dari supplier tersebut, tapi, jangan lupa untuk meminta review dari pembeli atau orang-orang terdekat Anda.

Selamat berjualan!

Ibu Nurqi

AzzahraShop | Seller Tokopedia

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar