Tips Atur Inventory Toko Online Saat Penjualan Bulan Ramadan Meningkat

Tips Mengatur Inventory Toko Online – Pengelolaan inventory tidak hanya penting bagi toko retail yang memiliki gudang atau lapak fisik, hal ini juga berlaku pada toko online-mu di Tokopedia. Manajemen penyimpanan merupakan sebuah permasalahan umum yang dihadapi oleh setiap toko online yang acap kali disepelekan karena arus keluar masuk barang masih stabil.

Namun, hukum permintaan dan penawaran tidak terpaku pada faktor harga saja. Ada faktor lain seperti perilaku konsumen, ketersediaan barang pengganti, kelangkaan, dan ‘fenomena sosial’ tertentu yang menyebabkan fluktuasi pada kurva permintaan dan penawaran. Permintaan bisa melambung seiring mendekati bulan Ramadan, dan Anda sebagai penjual harus bisa mengelola persediaan toko online Anda dengan baik agar permintaan dari pelanggan bisa dipenuhi.

Karena sebentar lagi bulan Ramadan akan tiba, penjualan pun akan mengalami peningkatan. Daya beli masyarakat meningkat guna memenuhi kebutuhan meyambut hari raya Idul Fitri seusai bulan Ramadan. Oleh karena itu, mulailah belajar mengatur inventory toko online dari sekarang agar Anda siap menghadapi lonjakan pembeli di bulan Ramadan nanti, simak tips atur inventory toko online berikut ini.

Cara Mengatur Inventory Toko Online


Mengaplikasikan metode pengelolaan inventory toko online Minimum Viable Stock Levels

Anda harus menjaga kuantitas inventory seimbang dengan tingkat permintaan konsumen. Pada umumnya, jika jumlah stok pada inventory berada di bawa batas permintaan konsumen, Anda harus menambah jumlah stok guna menghindari kehabisan stok. Metode mengatur inventory toko online cocok diterapkan pada barang-barang yang memiliki harga stabil.


Just-In-Time (JIT)

Guna mencegah kerugian akibat barang tidak laku atau mengalami kerusakan, atur inventory toko online Anda dengan metode Just-In-Time atau biasa disingkat JIT. Dalam metode pengaturan inventory ini, jumlah stok yang disediakan hanya untuk memenuhi permintaan pada saat itu saja. Menerapkan metode ini menghindari Anda dari kerugian akibat overstock

Resikonya adalah Anda tidak bisa memenuhi semua permintaan saat mengalami lonjakan pembelian dan kehilangan pelanggan. Namun sisi manisnya adalah sangat kecil kerugian yang perlu ditanggung jika merugi. Metode manajemen barang ini cocok diterapkan pada jenis usaha makanan dan sesuatu yang tidak memiliki daya tahan lama. Salah satu tantangan dalam metode pengaturan inventory ini adalah kemampuan untuk memprediksi jumlah permintaan dengan tepat sehingga jumlah transaksi penjualan bisa maksimal dan kerugian sangat minimal.


Prediksi peningkatan permintaan di bulan Ramadan dengan Forecasting Demand

Seni menghitung peluang dan mengambil hipotesis dari pergejolakan permintaan membutuhkan sumber dari berbagai data di masa lampau terkait penjualan di tahun sebelumnya dan menggunakan data tersebut sebagai referensi melakukan pengumpulan barang yang efisien.

Metode atur inventory toko online di bulan Ramadan ini sangat penting bagi kamu yang konsisten berjualan melalui toko online, karena berpengaruh signifikan pada angka penjualan dan meminimalisir kerugian akibat stok barang mati tidak terjual atau mengalami kerusakan.


Metode atur inventory First In First Out

Produk pertama yang Anda masukan ke dalam inventory harus dijual pertama. Metode ini sangat umum digunakan toko online yang menjual produk makanan, atau produk lain yang memiliki daya tahan singkat seperti makanan guna memastikan setiap pelanggan mendapatkan barang paling terbaru dan segar.

Pinjaman Mitra Toppers

Tantangan Umum Mengelola Inventory Toko Online


Overstock atau Understock

Saat musim besar seperti Ramadan, disarankan bagi penjual untuk menyiapkan produk yang akan diperjualbelikan lebih dini dengan kuantitas lebih banyak. Pasalnya, di hari lebaran nanti angka penjualan produk akan meningkat. Langkah yang harus Anda ambil adalah menyediakan stok berlebih untuk berjaga-jaga saat peningkatan melambung.


Perbedaan jumlah stok tertulis dan fisik

Salah satu kelalaian umum dari pemilik toko online adalah tidak secara konsisten menghitung jumlah stok fisik yang dimiliki. Inventory Audit diperlukan untuk memastikan bahwa informasi terkait jumlah barang yang disediakan kepada pelanggan tidak rancu.

Baca juga: Tips Mengatasi Banyaknya Order di Bulan Ramadan

Toppers, cara atur inventory toko online mana yang pernah Anda terapkan dan mana yang paling cocok untuk produk jualan Anda? Juga selalu ingat untuk melakukan pemeriksaan inventory secara fisik meskipun menggunakan toko online.

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.