Tanyakan 6 Hal Ini Untuk Menemukan Calon Supplier Yang Tepat

Supplier yang bagus adalah supplier yang bisa memenuhi harapan Anda, dan untungnya lagi jika bisa melebihi harapan. Tapi memilih supplier yang bagus tidaklah mudah. Ya, memang harus melalui proses trial and error, namun tidak mustahil untuk menemukan supplier yang sesuai dengan Anda yang baru memulai bisnis. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda ajukan kepada supplier, dan jawaban mereka akan menunjukkan apakah mereka sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

 

Berapa biaya per unit?

Ini adalah pertanyaan paling penting yang harus Anda tanyakan saat bertemu dengan supplier potensial Anda. Coba tanyakan apakah ada pemesanan minimum untuk mendapatkan diskon. Harus diingat, semakin setia pelanggan Anda, besar juga peluangnya untuk mendapatkan harga spesial yang bisa membuat biaya menjadi lebih efisien

 

Berapa minimum pemesanan?

Jika Anda adalah pemain baru dalam bisnis ini, pasti Anda ingin pemesanan minimum dari mereka bisa lebih fleksibel. Harus diingat bahwa pemesanan minimum bisa beragam, tergantung dengan produk mereka sendiri, jadi pastikan Anda selalu bertanya soal hal ini.    

 

Berapa lama prosesnya?

Waktu adalah hal sangat penting. Supplier yang bagus adalah supplier yang bisa Anda percaya bahwa mereka memenuhi pesanan Anda sesuai dengan janji yang disepakati yaitu jumlah pesanan sesuai dan sampai sesuai waktu yang dijanjikan.

 

Sudah berapa lama menjadi supplier?

Jika Anda pemain baru, Anda pasti ingin bekerja sama dengan supplier yang memiliki jam terbang tinggi di bisnis tersebut. Semakin lama menggeluti bisnisnya berarti koneksi, stabilitas, dan pengalamannya pun tinggi. Biasanya mereka memiliki customer service yang sangat membantu dan memiliki lebih banyak pengetahuan, dan kami yakin nantinya Anda akan menemukan hal ini penting.

 

Di mana lokasinya?

Anda pasti ingin memilih supplier yang dekat dengan lokasi bisnis Anda karena bisa menghemat banyak aspek, mulai dari mengirit biaya pengiriman, mengurangi waktu tunggu pemesanan, hingga risiko pengiriman. Perlu diingat, jika Anda terjebak dalam situasi yang mendesak, supplier yang lokasinya jauh akan menjadi masalah besar.

  

Bagaimana syarat dan ketentuan pembayarannya?

Jika berhubungan dengan syarat pembayaran, cobalah selalu untuk bernegosiasi. Jika Anda masih pemula dalam bisnis ini, Anda mungkin diberikan syarat yang cukup ketat, tapi akan selalu ada ruang untuk menawar. Sebagai contoh, jika faktur jatuh tempo dalam 30 hari, cobalah bernegosiasi dengan supplier apakah bisa mundur menjadi 60 – 90 hari. Coba juga untuk bertanya soal potongan harga jika Anda membayar di muka.

 

 

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar