Seller of the Week #49: Hasil Penjualan Melebihi Gajinya sebagai Karyawan

Kesuksesan adalah saat tercapainya mimpi yang selama ini diperjuangkan. Artian itu dicetuskan oleh Dicksom Widjaja, pemilik toko online Teman Nano. Berawal dari produktivitas di sela waktu luang, pria berusia 29 tahun ini berbisnis nano block sebagaimana saran keluarganya. “Menurut mereka, ada peluang besar bahwa produk ini laku di pasaran, sehingga saya tertarik menjadikannya bisnis,” lanjut Dicksom menambahkan.

Status Dicksom yang masih aktif bekerja, membuatnya harus bijak dalam memilih medium berwirausaha. Jangan sampai kedua aktivitasnya mengganggu satu sama lain. Oleh karena itu, dipilihlah jual-beli online supaya pengelolaannya praktis serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas. “Dari berjualan online, nama toko saya lebih mudah di-branding. Saya dapat menjangkau pasar di Indonesia dengan lebih mudah tanpa perlu riset sana sini,” imbuhnya. Meski ia membuka toko online di sejumlah tempat, namun penghasilan terbesarnya berasal dari merchant yang ada di Tokopedia. Menurutnya, Tokopedia menjanjikan peluang yang besar karena ramai pengguna plus memiliki tampilan yang mudah digunakan.

Berdasarkan pengalaman Dicksom, fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia turut menjadi kunci sukses jualannya. Misalnya saja Dink In, ia selalu memanfaatkannya untuk mempromosikan setiap produk saya. Penggunaan TopAds pun terus ia tingkatkan supaya produknya lebih sering muncul di halaman pertama. Dari segi display, ia berusaha memfoto produknya semenarik mungkin dengan penggunaan background yang seragam. Kesan profesional dari tokonya juga diperlihatkan melalui penulisan deskripsi produk secara detail. Ini berguna untuk mempermudah konsumen dalam mencari informasi sebelum melakukan transaksi. Terakhir, Dicksom mengaku senantiasa memantau situasi pasar dan kompetitor melalui fitur Statistik. Dari sana, ia bisa membuat strategi penjualan yang lebih baik.

Segala kerja keras bukannya tanpa tantangan. Dicksom dituntut pandai membagi waktu antara berjualan dan bekerja. Ia harus memenuhi semua order konsumen, yang sering kali membuatnya begadang sampai larut malam padahal esoknya tetap bekerja. Keuletannya ini berbuah manis, yakni laba penjualan yang jumlahnya lebih besar dibanding gajinya sebagai pegawai kantoran!

Pria yang berdomisili di Jakarta Utara ini menitipkan pesan pada para penjual lain, agar pantang menyerah. “Tantangan dan masalah itu pasti ada, namun yang terpenting adalah bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah tersebut dan mampu belajar dari setiap masalah yang ada. Karena dengan begitu kita akan lebih kuat dari sebelumnya. Selain itu, sebagai penjual kita harus selalu tunjukkan keseriusan dan profesionalitas kita kepada customer.” Untuk Tokopedia sendiri, Dicksom menyarankan diadakannya sosialisasi tentang pajak untuk toko atau produk sehingga pengetahuan penjual kian bertambah.

 

8 responses to “Seller of the Week #49: Hasil Penjualan Melebihi Gajinya sebagai Karyawan”

  1. Sangatta tertarik dan sangat antusias akan acara ini

  2. Semoga dengan diadakan acara ini akan semakin banyak pembeli dan penjual yang berkualitas tinggi

  3. Sangat antusias dalam ikutin ajang ini

  4. Indar says:

    Antusias sebagai pembelajaran

  5. Sunano says:

    Awalnya sy pribadi juga karyawan kantoran. Sy memutuskan berhenti ketika hasil berjualan lebih besar dari gaji yg sy terima dikantor.

  6. Peggy says:

    Very inspiring 😀

  7. sangat menginspirasi… ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *