Seller of The Week #45: “Manfaatkan Hal-hal Kecil untuk Mendapatkan Peluang yang Besar”

Memasuki minggu yang ke-45, predikat Seller of The Week kali ini didapatkan oleh Chairul Mukminah, owner dari Irulia Shop. Didasari dengan ketertarikannya pada fashion Muslim, ia memilih produk fashion Muslim untuk dijual secara online. Wanita kelahiran tahun 1982 ini melihat ada peluang yang bisa digarap, terlebih karena kebanyakan produk fashion Muslim masih mematok harga cukup mahal. Dari sinilah Chairul Mukminah kemudian berinisiatif untuk membuat dan memproduksi sendiri produk fashion Muslim dengan harga yang lebih terjangkau.

seller of the week 45 fashion muslim

Dengan berjualan online, ia merasakan kemudahan untuk menawarkan produknya di mana pun dan kapan pun tanpa batas. Jangkauan yang diperolehnya pun lebih luas sehingga makin banyak orang yang mengenal merek dan produknya, termasuk orang-orang yang kemudian menjadi pelanggannya. Ia juga menambahkan bahwa berjualan online memudahkannya berkomunikasi dengan konsumen.

Tokopedia sendiri merupakan platform pertama yang Chairul Mukminah gunakan untuk berjualan online. Alasan wanita berusia 34 tahun ini berjualan online, khususnya di Tokopedia adalah karena penggunaannya yangΒ user friendly, cetap tanggap atas komplain yang masuk, tersedianya pangsa pasar yang luas, dan sering ada bonus yang diberikan.

seller of the week chairul mukminah

Bicara tentang tantangan, Chairul Mukminah memaparkan tantangan yang ia rasakan dari sisi eksternal dan internal. Ia merasa masih harus meningkatkan quality control demi kepuasan konsumen, dan tidak menyangkal tentang adanya persaingan yang makin ketat di pasar terutama dari sisi harga.

Ia pun turut berbagi empat kunci sukses berjualan online di Tokopedia. Pertama, ia memanfaatkan fitur TopAds untuk mempromosikan produk secara terus-menerus. “TopAds benar-benar memberikan pengaruh pada bisnis saya,” ungkapnya.

Kedua, ia mementingkan respon yang cepat pada pelanggan. Meskipun terkadang ada pelanggan yang menjengkelkan, sebagai penjual ia harus tetap melayani dengan ramah. Ketiga, ia selalu memastikan bahwa stok produk tersedia untuk memenuhi permintaan yang masuk. Dengan demikian, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Dan yang terakhir, perempuan berusia 34 tahun ini mementingkan kejujuran dalam berjualan online. “Menurut saya, dalam berjualan online itu penjual harus jujur. Seperti gambar produk, usahakan gambar yang Anda gunakan sesuai sehingga konsumen tidak merasa dibohongi,” jelasnya.

seller of the week chairul mukminah

“Ciptakan peluang itu dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hal kecil pun sebenarnya bisa menjadi peluang. Jadi, selalu manfaatkan hal-hal kecil untuk mendapatkan peluang yang besar,” tutupnya.

4 responses to “Seller of The Week #45: “Manfaatkan Hal-hal Kecil untuk Mendapatkan Peluang yang Besar””

  1. Saya bangga sekali menjadi bagian dr tokopedia,awal mula saya bingung untuk produk saya yg saya miliki,tp setelah sy bergabung di tokopedia sya menjadi lebih percaya diri untuk mengebangkan produk saya…thx good tokopedia

  2. Selamat yaa mbak Chairul, terus menginspirasi ya, barakallah πŸ™‚
    Terima kasih untuk Tokopedia yg sudah memberi tempat kepada kita semua untuk mengembangkan usaha, smoga tokopedia semakin berkembang πŸ™‚

  3. najla says:

    inspiratif πŸ™‚

  4. panji says:

    tokopedia emng hebat semua orang bisa mengembang kan usaha mereka disini, tokopedia sangat membantu sekali apalagi yg dizaman sekarang sulit nya mengembangkan usaha nya mereka harus memikirkan sewa tempat atau dll,tpi di tokopedia mereka semua dibantu nya maju terus tokopedia sangat membantu sekali saya cuma punya satu kata u tokopedia T.O.P.B.G.T (top banget) dah thxs tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *