Seller of the Month: Kerja Keras untuk Terus Berkembang

“Kerja keras adalah kunci utama untuk membuka pintu sukses dalam berjualan online. Namun, bangun juga kemauan diri untuk terus berkembang”

Memulai bisnis online yang berkutat pada barang-barang keperluan pesta, Ricky Widyarta awalnya merintis toko online Balon Asia di platform Instagram. Memiliki produk unik yang kala itu terbilang jarang ditemukan, meski dengan modal terbatas, bisnis yang ia geluti terbilang cukup banyak diminati. Tapi, dengan awal yang terlihat menjanjikan, apakah jalan yang ia lalui untuk mencapai posisinya sekarang lancar dan mulus?

“Meski tiga tahun lalu produk kami masih belum banyak di pasaran, namun perlahan kompetitor mulai berdatangan dan angka penjualan mulai dirasakan menurun. Saat itulah platform marketplace Tokopedia mulai kami lirik. Dengan popularitas dari Tokopedia, produk mulai kembali banyak dilihat dan penjualan kembali meningkat”, cerita Ricky.

Kerja keras menjadi kunci utama dari Ricky tak hanya untuk memulai, tetapi juga mengembangkan dan menyukseskan usaha online Balon Asia miliknya. Namun, tentu kerja keras tidaklah cukup, motivasi diri untuk terus ingin berkembang dan mengikuti perubahan merupakan aspek yang tak kalah penting!

Dan hal ini tak hanya ditunjukkan Ricky dalam mencoba beralih ke Tokopedia sebagai salah satu media berjualan online, tapi juga dalam pengembangan produk bisnisnya.

“Salah satu bentuk kemauan untuk berkembang adalah dengan cara men-develop produk. Untuk bisnis seperti Balon Asia, produk yang selalu sama tentu akan membuat pelanggan menjadi bosan. Karena itu kami juga selalu memastikan jika produk kami selalu bervariasi dengan berbagai promo menarik, serta tentunya selalu menambah produk-produk baru”, jelas Ricky mengenai kunci kesuksesan toko online miliknya.

Setelah beralih ke Tokopedia, berbagai tantangan lain juga masih kerap ditemui Balon Asia. Namun, sama sekali tak menghalangi kemauan Ricky untuk selalu berkembang dengan bisnis online-nya.

Mulai dari perkenalannya dengan fitur TopAds dan Gold Merchant yang membantunya meningkatkan kredibilitas dari toko online miliknya serta membuat lebih banyak pengguna Tokopedia yang mengenal produk-produk dari Balon Asia. Hingga tantangannya melawan ketepatan waktu dalam melayani pelanggan.

“Karena kami menjual barang-barang kebutuhan pesta, produk kami hanya bernilai saat acara atau event tersebut. Maka dari itu, kami benar-benar memprioritaskan untuk semaksimal mungkin mengirim barang tepat waktu, bahkan sebelum barang dibutuhkan”, ungkap Ricky mengenai tantangannya dalam berjualan online.

Ia juga melanjutkan, “Sering sekali kami mendapatkan order yang sangat mendadak dari customer. ‘Pak bisa dikirim dalam 2 jam lagi sampai?’. Bahkan juga banyak barang custom order dari customer diminta bisa diantar dalam jangka waktu hanya beberapa jam. Tapi kami selalu mengusahakan barang bisa ready dan bisa sampai ke customer sebelum event atau acara berlangsung, tanpa mengesampingkan kualitas”.

Namun, tentu kerja keras dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis online tersebut tentu terbayarkan mengingat telah lebih dari 50.000 produk Balon Asia yang berhasil terjual di platform Tokopedia sejak April 2016.

Bagaimana denganmu? Siapkah kamu memulai kerja keras untuk terus berkembang dan raih kesuksesan bisnis online di Tokopedia? #MulaiAjaDulu

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar