Seller of the Month: Dedikasi melalui Inovasi dan Kreasi

“Kunci Sukses dalam Berjualan Online adalah Rajin, Inovatif, dan juga Kreatif”

Meskipun Bulan Ramadan sarat akan peluang usaha busana muslim, bukan berarti bisnis online busana muslim bisa berjalan dengan mudah tanpa ketiga hal tersebut. Ketiga kunci inilah yang dipercaya Michael Wijaya sebagai kunci sukses dari toko online-nya “Exe & Rommy Shop” yang telah dirintis di platform jual beli online Tokopedia sejak Januari 2016 silam.

Sebagai lulusan mahasiswa di bidang “Advertising dan Marketing” dan pengalamannya mengamati usaha offline sang orang tua, Michael melihat peluang di berkembangnya era digital ini. Iapun memanfaatkan peluang ini untuk berinovasi membawa usaha offline keluarga ke platform berjualan online Tokopedia yang berujung dengan meningkatnya penjualan dari produk yang ia miliki.

Awalnya Michael memasarkan produk busana muslim yang ia desain sendiri berupa baju koko. Namun, beragamnya permintaan konsumen yang ia miliki membuka peluang untuknya melakukan inovasi dan kreasi lebih.

“Kini juga sudah diproduksi baju couple untuk wanita dan anak laki-laki dan kedepannya akan dikembangkan juga untuk perempuan sehingga bisa dijadikan seragam keluarga”, terang Michael mengenai besarnya potensi inovasi dan pengembangan produk dari industri yang kini ia geluti.

Selain inovasi dan kreasi untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, fokus dan mengutamakan kepuasan pelanggan juga adalah aspek utama dalam mengembangkan kesuksesan dari toko online miliki Michael. Menurutnya, salah satu bentuk mengutamakan kenyamanan pelanggan toko online adalah kelengkapan informasi serta kecepatan dari pelayanan.

“Hal-hal yang harus diutamakan untuk meningkatkan kepuasan pembeli. Seperti fokus ke foto produk yang asli untuk meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pembeli. Semua yang berhubungan dengan deskripsi produk juga harus dilengkapi, serta selalu memberikan respon yang cepat dalam menjawab pertanyaan pembeli”, jelas Michael mengenai kunci suksesnya dalam menjalankan usaha online busana muslim miliknya.

Bercerita mengenai prioritas terhadap kepuasan pelanggan, bukan berarti Michael tak luput dari halangan dan kesulitan dalam menjalankan prinsipnya ini. Seperti saat ia harus memberikan produk pengganti untuk pelanggan yang ingin mengganti ukuran namun ia ternyata dibuat gigit jari karena barang yang dikembalikan padanya tidak sesuai dengan yang dibeli sang pelanggan.

Namun, hal ini tak menghentikan Michael dalam memegang teguh prinsipnya dalam menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas. “Pernah ada yang mau beli baju di toko saya jam 12 siang dan ingin dipakai jam 2 siang. Untuk customer seperti ini biasanya akan saya utamakan dengan layanan pengiriman dilakukan via GoSend atau saya antarkan langsung ke pelanggan, karena kelebihan kita di mata customer seharusnya adalah pada service atau layanan yang cepat”, cerita Michael.

Kreativitas dan Inovasi dalam berjualan online juga bisa dilakukan dengan jeli menggunakan fitur dan teknologi yang ada kini. “eXe & Rommy Shop” sendiri memahami betapa pentingnya pemanfaatan berbagai fitur inovatif seperti Gold Merchant, TopAds, Promo Cashback, hingga Varian yang digunakan toko online ini untuk memperluas jangkauan terhadap pelanggannya.

Ayo, temukan juga inovasi dan kreasi untuk mulai kesuksesan dari usaha online-mu #MulaiAjaDulu !

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.