Seller of the Month: Eksplorasi Ide & Think Out of the Box

“Kunci sukses dalam berjualan didukung oleh ide produk berbeda dan unik, serta eksplorasi ide bisnis out of the box”.

Beranjak dari kegemarannya yang artsy terutama di bidang fashion, Fajar Yulianto pemilik dari “Klik Go Shop” menemukan peluang usaha yang ia rintis dan berkembang hingga saat ini. Ditambah dengan rasa prihatin akan minimnya minat masyarakat Indonesia akan produk-produk etnik khas Indonesia, menambah motivasi pria yang pernah menggeluti pekerjaan di bidang kitchen set ini untuk berwirausaha.

Meski kini “Klik Go Shop” telah berhasil menjual ribuan produk, perjalanan Fajar untuk sampai pada titik ini tidaklah instant. Mulai dari langkah berani melepas pekerjaan tetap miliknya hingga berjualan secara offline pernah ia jalani.

“Pertama kali, saya berjualan dengan sistem door to door berbekal relasi komunitas organisasi masyarakat Iwan Fals, pada saat itu saya merupakan pengurus di Jakarta Timur. Tapi, perlahan orang-orang yang berjualan di komunitas mulai kehilangan semangat untuk berjualan bersama, hingga akhirnya saya belajar tentang e-commerce secara otodidak dan menemukan marketplace bernama Tokopedia“, cerita Fajar mengenai bagaimana pertemuannya dengan model bisnis online.

Sebagai pribadi yang memiliki prinsip berjualan untuk maju bersama komunitas, Fajar tak menyukai sistem penjualan yang hanya menguntungkan satu pihak saja atau bersifat kapitalis sehingga Tokopedia merupakan platform yang sangat pas untuknya.

“Dalam berjualan, kita sebaiknya tidak memikirkan keuntungan pribadi saja. Tapi juga harus maju bersama orang-orang di sekitar kita. Kunci sukses dalam berjualan juga didukung oleh ide produk yang beda dan unik, eksplorasi terus ide bisnis, dan think out of the box”, terang Fajar.

“Klik Go Shop” yang telah terdaftar di Tokopedia sejak Maret 2017 ini Fajar bangun dengan citra pengiriman instan yang cepat. Yaitu cukup dengan “klik” dan produk akan langsung “go” alias terkirim ke pembeli. Untuk itu, tak heran kecepatan respon dan pengiriman menjadi salah satu kunci pelayanan dari toko online satu ini.

Jangankan untuk mengendapkan pesanan, Fajar bahkan selalu memastikan pelanggan tetap dapat dilayani dengan baik meskipun pada hari-hari libur dengan bergantian berjualan dengan bantuan orang tuanya. Namun, tentu ini bukanlah satu-satunya keunggulan dan kunci sukses dari “Klik Go Shop”

“Keunggulan toko saya lainnya adalah foto produk asli dengan desain orisinil saya sendiri, tanpa menjiplak atau menggunakan foto dari internet. Selain itu, gambar atau foto juga harus jelas untuk permudah pembeli memahami produk”, jelas Fajar.

Ditambah dengan penggunaan fitur-fitur Tokopedia yang tepat pada saat berjualan, tak heran jika toko online milik Fajar mampu mendapatkan reputasi dan penjualan yang sangat baik. Selain “Gold Merchant“, Fajar memanfaatkan layanan “TopAds” untuk memperluas jangkauan pasar dari produk yang ia miliki. Ia juga kerap menggunakan fitur “Cashback” untuk membuat harga dari produk lebih menarik serta fitur “Upload Video” untuk mempermudah pelanggan memahami produk yang ia pasarkan.


Untuk selanjutnya, Fajar bertekad untuk terus mengeksplorasi ide produk baru untuk ia pasarkan. Dan pada saat ide tersebut lahir, ia ingin merancangnya semaksimal mungkin. “Lebih baik luncurkan satu produk namun memiliki penjualan yang maksimal daripada banyak produk namun penjualannya tidak maksimal”, ungkap Fajar.

Kini, apakah kamu sudah siap mulai eksplorasi ide bisnis out of the box dan wujudkan bisnis online-mu sendiri bersama Tokopedia? #MulaiAjaDulu

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.