Resiko Bisnis Online yang harus Siap Anda Hadapi

Resiko Bisnis Online yang harus Siap Anda Hadapi – Memulai bisnis online kini menjadi pilihan banyak orang untuk menambah penghasilan dan juga sebagai pekerjaan tetapnya. Dengan teknologi yang terus berkembang, memulai bisnis online sekarang sangatlah mudah dibandingkan memiliki toko fisik yang perlu biaya tambahan. Memulai bisnis online di media sosial ataupun di online marketplace seperti Tokopedia menjadikan bisnis online semakin mudah dengan keuntungannya yang menggiurkan.

Namun seperti bisnis pada umumnya, bisnis online juga memiliki resiko. Berikut adalah resiko bisnis online yang harus siap Anda hadapi.

Baca juga: 6 Cara untuk Menemukan Ide Bisnis Online Paling Tepat Untukmu

Resiko Bisnis Online

1. Persaingan Bisnis yang Ketat

kompetitor bisnis
Sumber gambar: Flickr

Besar pasar di internet sangatlah besar dan ramai. Sebagai pemula dalam bisnis online, persaingan bisnis yang ketat adalah salah satu resiko pemula bisnis online.

Tetapi jangan khawatir, tentu selalu ada jalan untuk menghadapi persaingan yang ketat tersebut. Bisnis online sangatlah dinamis dan selalu berubah dari waktu ke waktu dengan cepat. Walaupun Anda pemula, selalu ada cara untuk Anda bisa bersaing di market yang luas seperti menggunakan iklan. Di Tokopedia Anda bisa menggunakan TopAds agar produk dapat tampil terdepan ketika pembeli melakukan pencarian.

2. Kerugian

Setiap bisnis ada untung dan ruginya. Macam kerugian juga berbeda-beda, dari rugi kecil hingga besar yang berdampak terhadap bisnis Anda. Kerugian ini jika tidak dikendalikan dapat mengakibatkan kebangkrutan.

3. Adanya Penipuan

Walaupun banyak sekali di luar sana penjual yang menipu, pembeli yang menipu juga tidak kalah banyaknya. Sebagai seller pebisnis online, Anda akan berhadapan dengan calon pembeli yang ternyata adalah seorang penipu.

Modus penipuan sudah banyak macamnya. Tugas Anda sebagai penjual yang pintar harus bisa membedakan penipu dan pembeli yang asli dan jangan mudah terkecoh dengan hal-hal seperti bukti transfer palsu. Untuk menghindari adanya penipuan, di Tokopedia Anda dapat berjualan tanpa takut tertipu karena pembeli akan transfer ke rekening bersama terlebih dahulu yang akan diverifikasi oleh Tokopedia dan dana akan diteruskan ke seller setelah barang sampai di tangan pembeli.

4. Kurangnya Stok Barang

Proses pengadaan atau stok barang adalah salah satu resiko bisnis online yang harus diperhatikan. Hal ini dapat berdampak buruk pada bisnis Anda karena toko online Anda bisa kehilangan konsumen ketika barang yang dijual stoknya kosong. Barang yang habis akan membuat Andaa kehilangan banyak calon pembeli.

Baca juga: Telah Hadir: Fitur Stock Management untuk Atur Stok secara Otomatis

5. Kondisi Pasar Tidak Stabil

Dengan kondisi pasar yang tidak stabil, harga barang yang Anda jual juga akan terus berubah, terutama jika produk Anda berasal dari luar negri. Solusinya adalah Anda harus menaikkan harga jual tersebut walupun Anda membelinya pada saat harga masih normal untuk kembali membeli stok barang.

Waluapun kerugian dapat terjadi, kerja keras dan tidak mudah menyerah merupakan kunci utama seorang pebisnis. Resiko tersebut dapat anda kelola dengan melakukan indentifikasi, evaluasi dan juga mengendalikan resiko.

TopAds Tokopedia

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar