Rangkuman Nobar Online “Optimalkan 4 Tipe Promo TopAds”

Hai Toppers!

Ketinggalan nobar online tentang TopAds tanggal 20 April kemarin? Jangan khawatir, kamu bisa membaca rangkumannya di sini.

Nobar Online kali ini diadakan di grup telegram dan mendatangkan Kak Lina dari tim TopAds. Nobar Online kedua mengenai TopAds ini membahas tentang “Optimalkan 4 Tipe Promo TopAds”

Nobar Online dimulai dengan materi yang dibawakan oleh Kak Lina dengan memperkenalkan 4 tipe promo TopAds:

 

  • TopAds Produk
    Meningkatkan kesempatan produk Anda tampil lebih atas dibanding toko lain

 

  • TopAds Toko
    Berpotensi untuk meningkatkan jumlah pembeli yang memfavoritkan toko Anda

 

  • TopAds Kata Kunci
    Bisa memunculkan produk Anda di berbagai hasil pencarian pembeli

 

  • TopAds Headline
    Membantu Anda mempromosikan toko & produk secara bersamaan

Antusiasme tinggi para peserta membuat diskusi Nobar Online kali ini berjalan seru. Beberapa pertanyaan pun ditanyakan oleh para peserta nobar online.

Kak Waroeng88Compass

Jika hanya menggunakan “TopAds Kata Kunci”, apakah bisa diberikan suggestion/saran dari pihak Tokopedia dari keyword yang selama ini sudah masuk di menu search Tokopedia? sehingga memudahkan penjual memberikan kata kunci yang pas?

Jawaban

Untuk kata kunci sendiri, Kakak bisa menggunakan sugesti dari halaman Wawasan Kata Kunci pada dashboard TopAds. Disana akan di berikan rekomendasi kata kunci yang sesuai dengan produk yang Kakak jual. Selain itu, bisa juga memanfaatkan sugesti kata kunci dari halaman statistik Gold Merchant. Dikombinasikan biar makin bagus hasilnya Kak! Semoga menjawab.

Kak Ign. Elwis

Jika pasang bid 1000 daripada pasang 500, apakah produk akan lebih banyak tampil ke lebih banyak user yang berbeda (bukan user yang sama)?

Jawaban

Bid pada intinya akan membantu iklan Kakak untuk tampil terdepan. Jika Kakak pasang 1000, tentunya akan lebih besar potensinya untuk tampil lebih depan dibandingkan dengan yang 500. Untuk banyaknya user, tergantung dari user yang mencari produk Kakak.

Kak Angga – Minangpedia

Saya masih bingung nih sama headline, apakah itu biaya per-klik juga?

Jawaban

Untuk headline, biayanya dikenakan per 1000 kali tampil Kak, atau nama lainnya CPM, bukan per-klik seperti TopAds produk maupun kata kunci.

Kak Richard

Kenapa hasil TopAds web dan apps berbeda ya Kak?

Jawaban

Untuk iklan yang ditampilkan di web dan di apps memang sedikit berbeda dari sisi algonya. Tetapi tetap, bid memegang poin penting untuk menentukan di mana iklan Kakak ditampilkan.

Kak Ria

Toko saya belum mendapatkan promo headline. Gimana caranya kak?

Jawaban

Sok mangga di cek kembali Kak, kami baru membuka headline untuk semua penjual di Tokopedia. 🙂

Kak Richard

Jika kita pasang di TopAds produk 500 dan kata kunci 1000. Pada saat orang klik, kepotong berapa? 1000, 500, atau 1500?

Jawaban

Tergantung kak, Produknya muncul dari TopAds produk atau Kata Kunci. Bisa jadi dikenakan 1000 atau 500. Tapi pasti tidak akan di kenakan biaya double jadi 1500 🙂 Karenanya untuk penggunaan TopAds kata kunci, sebaiknya kata kunci yang digunakan di luar dari penamaan produk.

Kak Sunardi

Dengan produk yang sama tapi beda tipe dan ukuran, tentunya keyword judul produknya hampir sama, apakah worth it (setimpal) untuk dipasang dengan bid yang sama di TopAdsnya? dan apa pengaruhnya?

Jawaban

Untuk ini baiknya menggunakan Fitur Varian Kak, jadi Ads-nya bisa dipasang untuk satu produk saja dan tentunya bisa lebih dioptimalkan Kak. Atau, bisa juga untuk produk – produk yang demikian dimasukan dalam satu grup dan dipakaikan TopAds kata kunci, lalu jangan lupa pakai anggaran ya Kak agar biaya marketingnya bisa lebih dikontrol. 🙂

Kak Cito

Lebih berpengaruh mana, pakai promo headline atau menggunakan kata kunci?

Jawaban

Beda fungsinya Kak, kalau kata kunci lebih untuk memperluas target pasar Kakak. Sementara headline, lebih kepada untuk meningkatkan awareness produk dan toko Kakak, karena bentuknya lebih besar dan “terlihat”.

Kak ABE Herbal

Kalau 1 grup isinya 1 produk dan sudah berjalan lebih dari 1 tahun, apa lebih baik dihapus dan dibuat yang baru supaya iklannya berjalan maksimal? Atau nggak ada pengaruhnya selama bidnya tinggi?

Jawaban

Tidak ada pengaruhnya Kak, selama bidnya tinggi. 🙂

Kak Hadi

Bagaimana cara melihat top produk yang paling laku per harinya Kak?

Jawaban

Kalau untuk penjualan yang paling laku dari hasil TopAds, bisa langsung dilihat di dashboard TopAds Kak, di tabel Penjualan 🙂 atau bisa juga cek di statistik Gold Merchant, ada fitur ‘produk yang paling banyak terjual’. 🙂

Kak Cito

Lebih baik membuat grup produk dengan bid tertentu atau satu grup saja? Terus kalau per grup, apakah lebih baik grupnya satu kategori atau berbeda kategori?

Jawaban

Kalau produknya sejenis, sebaiknya satu kategori yang sama Kak, agar keyword targeting-nya bisa lebih dioptimalkan.

Kak Juragan Dusdusan

Kak, apakah ada prioritas penggunaan TopAds yang iklannya tampil teratas, antara user Gold Merchant (GM) dengan yang reguler?

Jawaban

Tidak ada perbedaan Kak, semuanya tergantung bidding. Status GM atau bahkan Official store tidak membedakan.

Kak Nica

Mau tanya apakah produk yang sudah diset stok kosong, tapi masih masuk dalam promo grup, akan mengurangi TopAds juga?

Jawaban

Kalau stok produknya sudah kosong, tidak akan ditampilkan Kak. Jangan khawatir, ada integrasi antara backend TopAds dengan produk. 🙂


Kak Sunardi

Untuk nama grup promo di TopAds apakah ada pengaruhnya dengan menggunakan kata keywords yang sudah diriset terhadap tampilan ads dan apakah pengaruhnya apabila satu grup promo diisi dengan produk yang berbeda-beda yang tidak sesuai dengan nama grup promo?

Jawaban

Nama grup promo tidak berpengaruh, yang dilihat adalah keyword yang dipasangkan di grup tersebut. Baiknya satu grup promo diisi dengan produk yang satu kategori Kak, agar bisa lebih dioptimalkan untuk penggunaan TopAds kata kuncinya.

Kak Richard

Kalau misalnya produk sepatu olahraga, terus kita pasang kata kunci tas sekolah. Apakah produk kita masih akan muncul pada saat orang mencari tas sekolah?

Jawaban

Masih akan muncul Kak 🙂

Kak Fifi

Mau nanya Kak, pemilihan kata untuk TopAds, apakah sebaiknya sama dengan judul atau berbeda ya?

Jawaban

Judul produk maksudnya Kak? Sebaiknya, untuk penggunaan kata kunci, di luar judul produk Kak. Jadi, bisa lebih dioptimalkan untuk kata kuncinya. 🙂

 

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, Kak Lina juga menginfokan bahwa saat ini dari tim Tech TopAds sudah memiliki sistem yang dapat mendeteksi kompetisi yang tidak sehat dalam penggunaan TopAds (misalnya kompetitor yang klik iklan topads), jadi semua biaya yang dikeluarkan pada penggunaan TopAds hanya satu kali saja.

 

Nobar Online kali ini ditutup dengan pengumuman pemenang dengan pertanyaan terbaik, yaitu:

  • Kak Richard– Aneka Filter Rokok
  • Kak Ely-TopComm Pasuruan
  • RT4–Christopher Tegal

Yang masing-masing mendapatkan voucher TopAds sebesar Rp100 ribu.

 

Selamat kepada para pemenang!

Sampai jumpa di Nobar Online berikutnya!

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.