Jelang Ramadan, Ini 5 Persiapan Untuk Maksimalkan Penjualan!

Persiapan Jualan di Bulan Ramadan – Tidak hanya dinantikan oleh umat muslim, bulan Ramadan juga ditunggu-tunggu oleh para entrepreneur. Perubahan pola konsumsi pada bulan Ramadan sangat menguntungkan sebagian besar orang-orang yang menjalankan usaha dagang maupun layanan jasa.

Derasnya permintaan terhadap produk yang Anda tawarkan tidak datang hanya karena masyarakat yang semakin konsumtif, Anda juga harus melakukan persiapan jualan menjelang Ramadan jika ingin mencapai penjualan yang maksimal.

Lebih dini melakukan persiapan, maka semakin siap sebuah usaha untuk menyambut bulan Ramadan. Anda bisa melakukan persiapan jualan berikut untuk maksimalkan penjualan di bulan Ramadan nanti.

Baca juga: 9 Peluang Bisnis Online Bulan Ramadan yang Menjanjikan

Persiapan Berjualan di Bulan Ramadan

1. Memanfaatkan platform online

Harus diakui bahwa pola perilaku konsumsi masyarakat telah mengalami transisi dari offline ke online. Berbelanja secara online dirasa lebih mudah dan tidak merepotkan, terlebih lagi di saat bulan Ramadan dimana pusat perbelanjaan dibanjiri pengunjung. Menyadari tingginya angka penetrasi internet dan berbelanja online yang mencapai 70 juta pengguna, platform e-commerce seperti Tokopedia dapat mendongkrak penjualan di bulan Ramadan.

Siapkan platform online mulai dari daftar akun, mengunggah barang dagangan, melengkapi profil, memasukan foto, dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan Fitur ‘Gold Merchant’ dan TopAds untuk mendorong angka penjualan baik merchant baru maupun yang telah lama berdagang di Tokopedia.

2. Menyortir produk yang akan dijual

Sangat penting untuk menentukan produk apa yang diprioritaskan dan menjadi kebutuhan kebanyakan masyarakat menjelang bulan Ramadan. Analogi sederhana: Pernak-pernik bertema Natal tidak akan laku di bulan Ramadan. Barang yang dijual haruslah relevan dengan momen Ramadan seperti puasa, buka puasa, sahur, Salat tarawih, dan lain-lain.

Sebagai contoh, di bulan Ramadan mendekati Idul Fitri, penjualan aksesoris ponsel powerbank akan banyak dicari dan dibeli sebagai bentuk persiapan mudik.

3. Menyiapkan iklan promosi

Agar penjualan maksimal, masyarakat harus tahu produk apa yang Anda tawarkan. Cara menyampaikan kepada masyarakat terkait usaha Anda yang paling efektif adalah mengadakan promosi. Anda bisa merancang kampanye di media sosial, memasang iklan di Facebook, atau memanfaatkan fitur TopAds.

Jika menggunakan iklan sebagai salah satu strategi promosi, buat iklan yang relevan dengan tema Ramadan.

Baca juga: Cara Jitu Dapatkan Modal Usaha untuk Mulai Bisnis Bulan Ramadan

4. Menambah variasi produk yang dijual

Persiapan penting untuk meningkatkan profit dan memaksimalkan penjualan di bulan Ramadan yang sering kali terlupa adalah menambah variasi produk yang akan ditawarkan. Buatlah kategori produk Ramadan pada toko Anda untuk mempermudah masyarakat mencari apa yang mereka butuhkan.

Menambahkan embel-embel promosi spesial Ramadan juga akan meningkatkan rasa penasaran serta minat beli masyarakat meskipun harga produk yang dijual memang tinggi seperti produk elektronik.

5. Menambah shift pegawai

Bulan Ramadan merupakan momen dimana masyarakat muslim tengah menjalani ibadah puasa. Jika mayoritas pegawai beragama Islam dan menjalankan ibadah puasa, sebaiknya menambah shift kerja demi menjaga kualitas pelayanan. Pasalnya, berpuasa akan membuat karyawan lebih cepat lelah dibanding hari-hari biasa. Dengan memperbanyak shift, jam kerja karyawan akan semakin pendek namun peforma yang diberikan maksimal.

Anda juga perlu mempersiapkan beberapa tenaga kerja tambahan menjaga-jaga terjadi ledakan pengunjung.

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar