Pentingnya Branding Design untuk Marketing Bisnis Online

Pentingnya Branding Design untuk Marketing Bisnis Online – Mengeluarkan uang khusus untuk branding mungkin tampak seperti biaya yang sangat besar untuk suatu hal yang tidak “nyata”, tetapi tahukah Anda bahwa konsumen mau membayar lebih untuk produk branded atau bermerek? Ketahui pentingnya branding design untuk bisnis toko online untuk keuntungan lebih dari sepuluh kali lipat!

Pentingnya Branding Design untuk Marketing Bisnis Online

Untuk Brand Impression

Merek bagi konsumen adalah sebagai asumsi singkat tentang bisnis atau toko online Anda. Merek menjadi faktor penentu apakah konsumen akan tertarik atau tidak dengan apa yang Anda jual.

Kesan pertama atau first impression sangatlah penting dan brand pun adalah penentu first impression yang kuat. Brand yang dirancang dengan baik harus mewakili tiga hal yaitu harga dan kualitas, tujuan, dan konsumen ideal Anda.

Brand yang kuat bukanlah apa yang kita pasarkan kepada pelanggan, tetapi apa yang pelanggan pasarkan kepada orang lain, hal ini berarti free marketing yang akan menambahkan lebih banyak pelanggan yang datang ke toko Anda.

Baca juga: Mengenal Istilah Branding

Pentingnya Design

Visual brand design meliputi:

  • Logo, warna, dan design style
  • Fotgrafi
  • Packaging

Tetapi desain lebih dari sekedar estetika visual. Desain yang baik mencakup tiga kategori: user experience (kegunaan), pemasaran (komunikasi), dan branding (persepsi).

Jadi desain yang baik adalah desain yang menguntungkan bisnis dan pelanggannya. Desain yang baik harus disesuaikan dengan pelanggan Anda dan membantu mereka memenuhi kebutuhannya.

Dapatkan Keuntungan lebih dari Branding Design

pentingnya design branding
Sumber Gambar: Unsplash

Pernahkah Anda membeli sebuah produk, katakanlah sebuah T-shirt, dengan brand yang sama tetapi T-shirt satu berwarna putih polos, sedangkan T-shirt dua adalah T-shirt yang sama tetapi dengan logo merek tersebut. Harga kedua T-shirt tersebut bisa jauh berbeda, mengapa? Branding jawabannya!

Secara tidak sadar, merek adalah suatu hal yang sangat penting bagi pembeli. Branding memberikan nilai lebih bagi konsumen walupun value dari barang tersebut sama, mereka tetap akan membayar lebih untuk brand. Bisnis Anda dapt menghasilkan sepuluh kali lipat keuntungan dari barang yang memiliki logo atau brand dibandingkan dengan yang tidak.

Cara Re-branding

Ketika Anda mendesain merek bisnis Anda, perlu diingat bahwa desain yang sederhana, dan authentic  adalah yang paling penting. Jika Anda sudah memiliki brand tetapi Anda merasa brand tersebut belum menjadi apa yang Anda harapkan, Anda tidak perlu mengulang segalanya dari awal, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah re-branding.

Anda hanya perlu kembangkan apa yang sudah ada dan memperbaiki yang Anda pikir atau dari masukan-masukan konsumen untuk membuat branding yang lebih kuat. Contohnya, Anda tidak perlu mengganti nama brand, karena hal ini dapat membingungkan bagi pelanggan Anda yang sudah pernah membeli. Tetapi Anda bisa ubah dari sisi design, misalkan dari pemilihan warna dan packaging agar lebih menarik dan true to brand.

Baca juga: Ide dan Cara Memilih Nama Toko Online

Baik untuk bisnis kecil ataupun Anda mempekerjakan ratusan staf, meiliki design branding akan membawa Anda lebih banyak pelanggan, membuat produk Anda lebih mudah dikenali dan mudah diingat, dan mendorong orang untuk kembali membeli lagi. Yuk, mulai pikirkan ide untuk branding toko online-mu!

buka toko di tokopedia

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar