Tips Menjaga Angka Penjualan Saat Musim Liburan

Penjualan Toko Online Saat Liburan – Apakah selama ini Anda seorang yang punya pendapat bahwa musim liburan merupakan momok bagi bisnis terutama yang berjualan produk atau layanan jasa? Pernahkah terbesit dalam benak Anda bahwa musim liburan bisa menjadi momen dimana omzet akan mengalami peningkatan begitu pula profit yang didapat?

Meskipun tidak ada data resmi yang dirilis oleh lembaga survei atau institusi terkait jumlah masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah saat musim liburan. Di tahun 2017, ada sekitar 19 juta masyarakat Indonesia yang menjadi pemudik. Jika dibandingkan dengan 261 juta jiwa total populasi di Indonesia, musim liburan tidak memiliki pengaruh bagi pebisnis online karena lebih banyak masyarakat yang berdiam diri di rumah ketimbang mudik.

Lagi pula, bisnis online berbeda dengan bisnis konvensional yang memanfaatkan toko fisik sebagai tempat bertransaksi. Jadi, begini tips meningkatkan penjualan saat musim liburan yang bisa Anda terapkan.

Tips Menjaga Penjualan Saat Liburan tetap Tinggi

Tetap aktif di media sosial

Mengapa Anda perlu tetap aktif di media sosial di musim liburan? Jika Anda berpikir bahwa orang cenderung mengabaikan ponsel di saat berlibur dan beristirahat, Anda salah besar. Justru di saat sedang beristirahat atau berlibur, orang lebih intens menggunakan smartphone mereka dan berseluncur di dunia maya.

Dengan tetap aktif di media sosial, pelanggan atau audiens akan menyadari bahwa bisnis Anda masih berjalan meskipun sedang musim liburan.

Buat konten tentang liburan dan promosikan produk Anda melalui konten tersebut

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan istilah content marketing. Content marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan penyebaran konten secara online dimana tidak mempromosikan sebuah brand secara eksplisit melainkan memancing minat beli audiens pada produk atau jasa yang dijadikan konten.

Banyak ahli pemasaran yang menyatakan bahwa content marketing jauh lebih murah ketimbang iklan konvensional dan menghasilkan tiga kali lipat penjualan yang lebih tinggi. Semakin baik (dan semakin banyak) konten, maka semakin tinggi angka penjualan yang akan diraih. Sebuah penelitian di Amerika Serikat yang dilakukan oleh “Content Marketing Institute” mendapatkan fakta 61 persen audiens melakukan pembelian setelah menyimak rekomendasi dari blog.

Konten tidak harus selalu berupa tulisan. Dalam content marketing, keberagaman jenis konten akan mendatangkan lebih banyak audiens baru.

Mengadakan promosi musim liburan

Promo potongan harga, beli satu gratis satu, bundling, kupon, dan berbagai strategi sales promotion lainnya sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia terlebih lagi para pemburu diskon. Wajar apabila pusat perbelanjaan tetap ramai dikerumuni pengunjung di hari raya Idul Fitri sekalipun karena ada banyak promo yang berlangsung.

Berikan potongan harga bombastis untuk produk yang kurang laku atau barang dengan stok tipis akan mempercepat perputaran barang. Anda juga bisa mengadakan bagi-bagi voucher di media sosial untuk memperkuat citra usaha Anda dan meningkatkan angka pengikut dan interaksi.

Memanfaatkan Ads untuk meningkatkan minat beli

Memenangkan kompetisi jualan di musim liburan bisa menjadi lebih sulit karena kompetitor akan mengadakan promosi penjualan serupa dengan Anda. Agar masyarakat mengetahui promosi penjualan yang Anda selenggarakan, manfaatkan ads untuk memperluas jangkauan audiens dan konsumen potensial.


Untuk Anda  yang memanfaatkan Tokopedia sebagai media berjualan online, Anda dapat menggunakan  TopAds untuk memperluas jangkauan produkmu.

TopAds Tokopedia

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.