Kenali 5 Tahap “Shopping Experience” Konsumen & Bagaimana Memaksimalkannya

Tahapan dalam Pengalaman Belanja – Dalam berbelanja online,  produk konsumen umumnya akan melakukan beberapa pengamatan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Selain produk yang berkualitas, memastikan konsumen mendapatkan kepuasan dan pelayanan terbaik sepanjang proses pengalamanan berbelanja tersebut.

Yuk, kenali lima tahap pengalamanan berbelanja konsumen online dan bagaimana memaksimalkan pelayanan dan produk milik Anda dalam setiap tahapan tersebut!

5 Stages of Shopping Experiences

Sumber gambar: Pixabay

Tahap 1: Initial Research

Pada tahapan paling awal ini, konsumen sudah memiliki kebutuhan akan suatu produk. Konsumen akan mulai mencari informasi seputar produk yang dibutuhkan serta toko mana saja yang menjual produk-produk tersebut.

Untuk memaksimalkan produk yang dimiliki toko online Anda, pastikan penamaan produk yang dijual jelas dan detail sehingga mudah dikenali pembeli. Faktor lainnya yang akan membantu konsumen pada tahap riset ini adalah foto produk yang baik, jelas, dan detail. Anda juga perlu memberikan deskripsi produk secara rinci untuk menginformasikan konsumen jika produk yang ada miliki mungkin saja sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Setelah memaksimalkan berbagai hal tersebut, Anda juga bisa menggunakan fitur TopAds yang dimiliki Tokopedia agar produk yang ada juga jadi lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Baca juga: Pentingnya Memberi Nama Produk dengan Benar dan Akurat

Tahap 2: Further Research

Kini konsumen sudah menemukan produk yang ia butuhkan di toko online miliki Anda dan memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, konsumen akan melakukan riset lebih dalam mengenai produk dan juga toko online Anda.

Selain memastikan deskripsi produk benar-benar sesuai dengan kebutuhan, pada tahap perjalanan konsumen toko online satu ini konsumen juga mulai akan membaca ulasan-ulasan dari konsumen lain yang membeli produk tersebut untuk memastikan bila kualitas produk serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online.

Untuk itu, selalu pastikan ulasan dan keluhan dari konsumen lain selalu Anda jawab untuk meninggalkan jejak yang baik terhadap produk yang Anda jual. Fitur Gold Merchant juga bisa jadi pilihan untuk membantu meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online. Manfaatkan fitur “Produk Unggulan” pada Gold Merchant untuk memudahkan konsumen melakukan pengamatan dan riset mengenai produk yang ia butuhkan di toko online yang Anda miliki.

Tahap 3: Pemesanan & Pembelian

Pada tahap selanjutnya ini, konsumen sudah siap untuk membeli produk yang Anda miliki. Selain mempertimbangkan harga yang sesuai dengan kemampuan beli mereka, konsumen juga akan mempertimbangkan kemudahan dari proses pembelian dan pemesanan. Untuk transaksi toko online beberapa aspek yang akan diperhatikan konsumen adalah metode pembayaran dan juga jasa pengiriman.

Di Tokopedia sendiri, Anda sudah dipersenjatai dengan berbagai metode pembayaran dan juga jasa pengiriman yang beragam yang bisa Anda pilih untuk melayani konsumen. Anda juga bisa menggunakan fitur “Cashback” untuk memberikan penawaran harga yang lebih menarik kepada konsumen.

Pada tahapan ini, bisa saja konsumen menemukan kesulitan dalam proses pembelian atau pemesanan sehingga akan menghubungi toko online melalui fitut “Chat”. Respon yang cepat serta solutif dari Anda juga sangat menentukan apakah konsumen akan memutuskan untuk melakukan pemesanan atau tidak.

Baca juga: Pikat Pembeli dengan Fitur Cashback

Tahap 4: Penyelesaian Transaksi

Setelah melakukan pemesanan, tahap selanjutnya konsumen umumnya memiliki ekspektasi lebih tinggi. Konsumen akan mengharapkan respon hingga proses pengiriman yang cepat dari Anda.

Sebagai penjual, Anda perlu memberikan pelayanan yang cepat mulai dari proses pemesanan hingga mengirimkan produk. Namun, untuk memastikan pembeli merasa aman dan nyaman, tetaplah informasikan setiap keadaan pengiriman seperti jika pengiriman baru bisa dilakukan keesokkan hari, informasikan kepada konsumen jika barang dan nomor resi pengiriman baru bisa diberikan esok hari dan berikan informasi lebih lanjut saat barang telah dikirim.

Pada fase ini, konsumen mungkin akan menjadi lebih agresif dalam bertanya, untuk itu Anda harus tetap tenang dan ramah dalam melayani konsumen di fase ini untuk tetap meninggalkan kesan yang baik pada konsumen.

Tahap 5: Pasca Pembelian

Meskipun proses transaksi telah selesai dan pesanan telah diterima oleh konsumen, bukan berarti proses pengalaman belanja konsumen telah selesai. Pada tahap inilah menjadi penentu apakah konsumen akan kembali ke toko online Anda atau tidak. Anda bisa mengirimkan pesan terima kasih setelah barang diterima dan meminta saran serta masukkan untuk mengembangkan produk melalui fitur rating dan review yang ada di Tokopedia.

Selalu pehatikan review atau ulasan yang diberikan konsumen dan berikan respon yang layak untuk memberikan konsumen perasaan dihargai. Untuk setiap ulasan yang negatif atau bersifat kritik, selalu jawab dan berikan solusi untuk membantu memberikan reputasi yang baik pada toko online milikmu. Dengan begitu, kamu tak hanya mendapatkan potensi pelanggan tetap, namun juga reputasi yang baik untuk memikat pembeli-pembeli potensial yang baru.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Tingkatkan Review Positif Toko Online Anda!


Itulah kelima tahapan perjalanan konsumen dalam melakukan transaksi online yang perlu Anda pahami untuk mengembangkan usaha online.  Dengan memastikan kualitas dan kepuasan pada setiap tahap pengalaman konsumen dalam berbelanja online, Anda tak hanya bisa mendapatkan pelanggan setia, tetapi juga mempermudah untuk menarik konsumen-konsumen baru yang potensial.

TopAds Tokopedia

 

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar