Mau Bisnis Makin Berkembang? Kenali Target Pasar Anda Dulu, Yuk!

Target pasar dibuat agar para pelaku bisnis bisa fokus dalam melayani pasar atau konsumen yang dituju. Targeting juga jadi penentu berhasil atau tidaknya sebuah produk di pasaran. Setiap produk memiliki target pasar tersendiri karena masing-masing konsumen memiliki selera atau kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebagai pebisnis online, tentunya Anda harus memahami target pasar agar Anda bisa menyediakan produk yang sesuai dengan konsumen yang Anda sasar.

Lalu bagaimana cara menentukan target pasar? Cara menentukan pasar yang dulu paling sering dilakukan adalah dengan survei dan mewawancarai beberapa orang secara acak. Namun seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan kesulitan untuk mengetahui apakah target pasar Anda sudah sesuai.

Nah untuk membantu Anda dalam menentukan target pasar secara lebih efektif dan efisien, kami menyediakan Fitur Statistik Toko. Melalui fitur ini, Anda bisa mengetahui data pembeli yang tentunya akan membantu Anda dalam menentukan strategi penjualan berikutnya.

 

Cara mengakses data pembeli lewat Statistik Toko pun sangat mudah.

  1. Pilih Statistik Toko pada bagian Toko Saya
  2. Lihat pada bagian Data Pembeli. Selain itu, Anda juga bisa melihat Performa Toko, Produk Terlaris, hingga produk yang sedang tren dari Wawasan Pasar pada Statistik Toko.

Di bagian Data Pembeli, Anda bisa tahu siapa saja pelanggan toko Anda, jenis kelamin dan umur mereka. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lihat dari Data Pembeli:

  • Jumlah Pembeli adalah total pembeli yang pernah bertransaksi di toko Anda
  • Data Persentase adalah jenis kelamin dan umur pembeli
  • Detail Pembelanjaan pembeli dan juga daerah pengirimannya
  • Total Favorit adalah daftar pembeli yang memfavoritkan toko Anda.
  • Daftar Pembelian adalah detail jumlah transaksi, total produk, dan total belanjaan dari pembeli di toko Anda

 

Nah, Data Pembeli dari Statistik Toko tentunya bisa Anda manfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online Anda.

 

Contoh 1: Jenis Kelamin Pembeli

Dari data toko di atas terlihat 80% pembeli adalah wanita. Dari sini, Anda bisa mengirimkan pesanan yang dibungkus dengan kertas berwarna yang disukai kebanyakan wanita. Tentunya pembeli wanita tersebut akan merasa senang ketika menerima bungkus yang berwarna merah muda tersebut.

 

Contoh 2: Usia Pembeli

Dengan mengetahui rata-rata usia pembeli, Anda bisa memilih media promosi yang paling tepat. Misalnya seperti data di atas, pembeli Anda berusia antara 17 – 25 tahun, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi. Namun jika pembeli berusia 40 tahun ke atas, mungkin media yang paling tepat adalah koran dan siaran radio.

 

Yuk kenali target pasar agar Anda bisa menentukan strategi promosi yang tepat dan bisa memberikan layanan yang sesuai dengan konsumen yang Anda tuju.

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.