Kreator vs Retailer: Keuntungan Memproduksi Produk Sendiri [Bagian 1]

“Produk apa yang akan saya jual?”, mungkin ini adalah pertanyaan yang harus Anda jawab saat ingin mulai berjualan online. Ada 2 cara dalam menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar, yaitu sebagai:

  1. Kreator – penjual yang memproduksi barang sendiri.
  2. Retailer/Reseller – pihak yang menjual dan memasarkan barang yang telah diproduksi oleh kreator atau merek yang sudah ada.

Jika Anda punya hobi tertentu atau gemar berkreasi sendiri (DIY), menjadi kreator adalah hal yang bisa Anda nikmati untuk mulai berbisnis online. Selain keseruan mencari ide kreatif dan mewujudkan kreasi, apa lagi sih keuntungannya memproduksi produk sendiri?

1. Dapat mengontrol kualitas produk

Sebagai kreator dari setiap produk yang akan Anda jual, Anda dapat menentukan produk apa yang ingin dibuat dan bagaimana kualitasnya. Kendali ada di tangan Anda. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan target pasar. Anda tidak harus mengikuti trend, menciptakan sesuatu yang unik dan belum pernah ditawarkan oleh toko-toko lainnya bisa menjadi nilai tambah. Kuncinya adalah pandai-pandai melihat peluang, menganalisa kebutuhan pasar dari insight dan mewujudkan solusi dari kreasi Anda.

2. Kreasi Anda adalah keunikan Anda

Ketika berbisnis dengan menjual kreasi buatan sendiri, produk itu sudah mempunyai Unique Selling Point (USP). Anda tidak harus bersaing dalam harga karena keunikan produk Anda adalah nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing. Persaingan memang tidak bisa 100% dihindari, tetapi orang-orang akan tetap membeli produk Anda karena originalitasnya. Bukan dari pesaing atau penjiplak produk Anda. Salah satu keuntungan menjadi kreator adalah dapat menjadi diri sendiri dan selalu ada orang di luar sana yang dapat mengapresiasi dan membeli kreasi Anda.

3. Pelanggan yang lebih setia

Karena keunikan produk, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan setia dengan cara yang tepat. Komunikasi antara kreator dan pelanggan harus selalu dijaga. Dengarkanlah pendapat pelanggan untuk terus tingkatkan kualitas produk dan pelayanan. Mintalah masukan seperti produk apa yang mereka inginkan selanjutnya. Masukan itu baik, tapi masukan dari pelanggan sangatlah berharga. Mereka adalah orang-orang yang mengapresiasi kreasi Anda, jadi mereka mengerti benar apa yang mereka katakan.

So, jika Anda suka berkreasi dan bisa berjualan dengan karya Anda, menjalankan bisnis ini adalah mimpi yang jadi nyata. Tapi jika Anda merasa kurang berminat dalam hal-hal tersebut, Anda tetap dapat menjalankan bisnis online dengan menjadi reseller. Nantikan pembahasan selanjutnya untuk mengetahui keuntungan menjadi reseller dan kenapa Anda harus mencobanya!

 

Yuk bergabung dengan 4 juta penjual lainnya di Tokopedia dengan buka toko sekarang!

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.