Anda Anggota TopCommunity? Perhatikan Aturan-Aturan Berikut!

Ketentuan Dasar

Anggota TopCommunity

  1. Setiap anggota resmi TopCommunity memiliki nomor keanggotaan bernama Top ID yang bisa dimiliki dengan cara mendaftar di Seller Center.
  2. Setiap anggota TopCommunity berhak untuk masuk di grup TopCommunity tempat domisilinya dengan cara menghubungi City Coordinator.
  3. Apabila di kotanya masih belum terdapat TopCommunity kotanya, anggota TopCommunity bisa bergabung di grup telegram TopCommunity Indonesia.

Grup Top Community

  1. Grup TopCommunity dibuat secara resmi oleh Community Development Team Tokopedia sebagai wadah bagi para merchant yang ingin belajar serta mendapatkan update informasi seputar Tokopedia.
  2. Grup TopCommunity Indonesia (di telegram) lebih diutamakan bagi anggota TopCommunity yang belum memiliki TopCommunity di kotanya.
  3. Bagi anggota TopCommunity yang di kotanya masih belum berdiri TopCommunity bisa untuk menginisiasi didirikannya TopCommunity di kotanya dengan cara mengirim email ke community.development@tokopedia.com dengan subject: “Rekomendasi Pendirian Kota TopCommunity”.
  4. Grup TopCommunity kota dibuat secara resmi oleh Ketua RT pendiri Top Community kota tersebut yang telah diketahui dan disetujui oleh tim Community Development, yang dibuktikan dengan adanya logo Top Community kota di profile picture grupnya.
  5. Dilarang melakukan ‘spamming’ yang bertujuan untuk berjualan, melakukan iklan ataupun membagikan segala bentuk informasi yang mengganggu anggota lain di dalam grup pada hari kerja, kecuali pada akhir pekan atau hari libur.
  6. Tidak diperkenankan membahas hal yang berhubungan dengan isu politik, SARA, diskriminasi, dan unsur pornografi.
  7. Mohon untuk meminimalisir percakapan out of topic atau yang tidak berhubungan dengan jualan online.
  8. Admin berhak untuk memoderasi percakapan dan mengeluarkan anggota yang melakukan pelanggaran di poin (6) dan (7).

Media Sosial Top Community

  1. Pembuatan media sosial Top Community per kota harus diinfokan kepada masing-masing City Coordinator sehingga bisa disampaikan kepada tim Community Development.
  2. Format penamaan dan ketentuan media sosial Top Community adalah sebagai berikut:
    • nama : TOP COMMUNITY [KOTA]
    • profile picture: ikon masing-masing kota
  3. Logo dan ikon Top Community masing-masing kota dan merchandise official Tokopedia adalah milik Tokopedia, dimana penggunaannya diatur dalam Terms dan Condition Tokopedia.
  4. Seluruh merchandise non-official dapat dicetak/dibuat setelah designnya disetujui oleh tim branding Tokopedia. Design dan keperluannya dapat dikirimkan melalui email community.development@tokopedia.com agar dapat kami teruskan untuk proses persetujuan.

Aturan Keanggotaan Top Community

  1. Segala bentuk pertanyaan, isu, dan saran yang ditujukan untuk Tokopedia melalui admin TopCommunity hanya akan ditanggapi jika disampaikan melalui City Coordinator atau melalui ketua RT.
  2. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh anggota dengan mengatasnamakan TopCommunity wajib dikomunikasikan dan diiinfokan kepada Ketua RT dan atau City Coordinator masing-masing wilayah.
  3. Segala bentuk komunikasi ke pihak Tokopedia (kecuali ke CS Tokopedia), jika bukan melalui Community Development Team dianggap bukan aktivitas komunitas.
  4. Aktivitas komunitas adalah segala bentuk kegiatan yang melibatkan anggota Top Community serta atribut Tokopedia dalam bentuk apapun dengan seizin dan sepengetahuan Community Development Team.
  5. Melibatkan pihak Tokopedia pada aktivitas komunitas tanpa sepengetahuan Community Development Team termasuk kedalam golongan bukan aktivitas komunitas dan akan mendapatkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Community Development Team membuka peluang sponsorship untuk design, merchandise, pengajuan pembicara (kondisional) dengan ketentuan:
    1. Penyelenggara utama adalah Top Community.
    2. Acara tersebut melibatkan pihak ketiga dan dihadiri minimal 50 orang peserta.
    3. Proposal dapat dikirimkan ke email community.development@tokopedia.com minimal H-14 sebelum acara. 

Sanksi

  1. Anggota yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan akan diberi peringatan dan menjalani proses mediasi, hingga keanggotaannya dicabut. 
  2. Pelanggaran yang dilakukan dengan membawa nama kota, akan mengurangi penilaian Top Score dari TopCommunity Kota tersebut (Poin berkurang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan).

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.