Kata Seller #2: 7 Tips Penting untuk Penjual Baru

Di Tokopedia, para penjual sukses bukan hanya sekedar berjualan, tapi juga berbagi cerita dan pengalaman bisnis kepada sesama penjual lainnya. Kata Seller jadi salah satu media bagi para penjual untuk membagikan pengalaman mereka. Nah di Kata Seller episode kedua ini, ada Herry Thongahan yang akan berbagi tips untuk penjual baru dan cara meningkatkan penjualan.

Pria yang pernah bekerja di Singapura ini mulai berjualan sejak tahun 2010, di mana Tokopedia masih versi beta dan jualan online belum terlalu booming pada saat itu. Namun pengalamannya yang pernah bekerja di negara maju membuat Herry yakin bahwa tren online akan terus berkembang dan ia juga melihat potensi Tokopedia yang begitu besar.

Berbekal keyakinan itulah, Herry memutuskan untuk memulai bisnisnya di Tokopedia lewat Cipta Trading yang menjual berbagai jenis produk, mulai dari perlengkapan kantor, aksesoris komputer hingga komponen jaringan. Sampai saat ini, ia sudah berhasil menjual lebih dari 140 ribu produk di Tokopedia. Apa sih rahasia sukses Herry dalam berjualan di Tokopedia? Daripada penasaran, mending langsung intip di bawah ini, yuk!

7 Tips untuk Penjual Baru

  1. Jangan tergiur easy money

Untuk memulai dan menjalankan bisnis, butuh kerja keras dan kesabaran. Buat yang masih berjualan sambil bekerja, jangan terburu-buru untuk berhenti dari pekerjaan yang sekarang. Lebih baik cari barang yang tepat untuk dijual, serta pelajari fitur-fitur yang ada. Barulah kita pikirkan bagaimana mengembangkannya.

  1. Boleh saja ikutin tren, tapi pelajari dulu

Kalau kita mau mengikuti tren, jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu. Seperti apa produknya, bagaimana peluangnya di pasaran. Kalau tidak yakin, cukup fokus pada produk yang kita mengerti.

  1. Perhitungkan biaya operasional

Mulai dari biaya internet, telepon, hingga logistik. Selain itu, kita juga harus memperhatikan hal-hal lain yang tidak berbentuk, seperti waktu. Bagaimana cara kita memanfaatkannya dengan efektif dan efisien.

  1. Belajar dari pengalaman orang lain

Luangkanlah waktu untuk membaca buku dan majalah, menonton video tentang bisnis, dan juga sharing dengan teman-teman sesama penjual online.

  1. Fokus pada produk unik yang kompetitornya sedikit

Akan lebih baik kalau produk itu kita buat sendiri, karena sesuatu yang unik akan sulit untuk ditiru orang lain.

  1. Buat tampilan toko menarik

Gunakan foto dan nama produk yang menarik, serta isi deskripsi produk dengan jelas. Selain itu, usahakan untuk membalas diskusi dan pertanyaan pembeli secepat mungkin.

  1. Maksimalkan fitur yang ada

Di Tokopedia ada begitu banyak fitur yang bisa kita gunakan untuk maksimalkan penjualan, salah satunya TopAds. Karena dengan menggunakan, kita bisa mengundang calon pembeli untuk datang ke toko kita.

 

Tips untuk Meningkatkan Penjualan

Make the technology work for you! Teknologi memberi kita banyak banget kemudahan. Kita bisa memanfaatkan teknologi dan juga berbagai fitur yang disediakan oleh Tokopedia, salah satunya Gold Merchant. Di situ ada Fitur Produk Unggulan, Sampul Toko, Statistik, Wawasan Pasar dan sebagainya yang bisa membantu kita memaksimalkan penjualan. Ada juga yang namanya Fitur Admin yang memudahkan kita mengembangkan dan mengelola usaha.

 

Penting juga untuk kita ingat, gunakanlah waktu kita yang ada dengan sebaik mungkin. Time is valuable, once lost, there is no turning back.

 

 

Bagikan Artikel

1 Komentar

sausan sungkar

29 Jun

Terimakasih pak anda membuat saya bersemangat… Semoga aku bisa sukses seperti dirimu

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.