Tiga Pertanyaan yang Sering Muncul dan Membuat Anda Ragu untuk Mulai Bisnis Sendiri

Pertanyaan 1: Gimana kalau gagal?

Satu hal yang kamu harus yakin diri Anda saat berwirausaha adalah Anda harus berani untuk gagal. Mungkin ini terdengar klise dan Anda mulai bosan mendengar hal ini terus-menerus, namun ini sangatlah penting karena artinya Anda memperbolehkan diri sendiri untuk melakukan kesalahan dan belajar darinya.

Tentu saja tidak ada orang yang menginginkan kegagalan, dan terlepas apa kata banyak orang bahwa kegagalan sebagai pembelajaran, Anda pasti tetap ingin sukses di percobaan pertama. Terutama saat Anda tidak memiliki sumber daya yang cukup, dimana kegagalan pasti akan menjadi sangat berat. Karena itu, ketika Anda ingin memulai bisnis sendiri, Anda ingin ada kepastian. Tapi apakah kita kita benar-benar ingin kepastian terhadap semua hal? Pastinya tidak. Faktanya, jika Anda menunggu kepastian bahwa Anda siap, Anda tidak akan pernah ke mana-mana. Karena itu, Anda harus selalu #MulaiAjaDulu.

 

Pertanyaan 2: Apa yang harus dijual? Produk sendiri vs Reseller

Ketika Anda sudah menyingkirkan ketakutan akan kegagalan, mungkin Anda mulai bertanya-tanya apa yang bisa Anda jual di toko online Anda. Sebelum berpikir jauh, coba tanyakan kepada diri sendiri,  apakah Anda memiliki sisi artistik yang bisa menyakinkan orang bahwa produk Anda bernilai? Mungkin saja selama ini, Anda meremehkan kemampuan Anda sendiri, padahal bisa saja kemampuan Anda dalam semisal membuat gantungan kunci atau membuat desain kartu ulang tahun untuk teman adalah produk yang tepat yang bisa Anda jual.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki kemampuan artistik? Tenang saja, dunia belum berakhir! Anda masih bisa memulai bisnis sendiri dengan menjadi reseller. Tapi Anda pasti tidak mau menjual barang-barang yang semua orang telah jual karena itu akan membuat kompetisi semakin sulit. Jika Anda menyukai produk perawatan kulit, Anda bisa saja mulai dari situ. Tapi, tambahkan nilai lebih untuk membuat toko Anda jadi unik. Mungkin Anda bisa menambahkan ulasan untuk produknya yang telah Anda coba dan terbukti hasilnya di kulit Anda


Pertanyaan 3: Dari mana modal didapat?

Anda saat ini sudah tidak takut dan sudah memiliki konsep jelas bisnis yang Anda ingin buat. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan modalnya? Menjalankan bisnis tidak ada yang gratis. Meskipun bisnis tersebut hanyalah toko online, Anda tetap butuh modal untuk membeli produk-produknya. Kabar baiknya adalah Anda bisa bisnis dropshipping karena Anda tidak mengharuskan memiliki stok barang. Dengan dropshipping, Anda bisa membeli stok produk dari supplier sesuai dengan pesanan yang masuk ke toko Anda di Tokopedia yang kemudian bisa dikirimkan langsung ke pembeli Anda oleh supplier Anda.

Dropshipping adalah cara yang baik untuk merasakan pengalaman berwirausaha dan akan membantu Anda untuk mendapatkan untung. Anda bisa pelan-pelan menabung dari keuntungan ini dan menjadikannya modal untuk memulai bisnis Anda sendiri. Alternatif lain, Tokopedia juga menyediakan layanan peminjaman modal yang Anda bisa manfaatkan untuk modal bisnis Anda.

Memulai bisnis tidaklah mudah. Kadang, Anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan yang sulit Anda jawab. Tapi itu bukan alasan untuk menunda mewujudkan mimpi Anda. Anda harus aktif mencoba cari jawaban atas pertanyaan Anda sendiri karena pastinya Anda tidak mau hal tersebut menjadi penghalang Anda untuk berbisnis.

 

Dengan Tokopedia, toko Anda bisa dikunjungi oleh puluhan juta pengunjung yang tersebar di Indonesia. Mulai bisnis Anda dengan buka toko online di Tokopedia, yuk!

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.