Udah Tahu Mau Jualan Apa, Tapi Bingung Cari Produknya di Mana?

Setelah menemukan ide mau jualan apa, sekarang saatnya Anda membuat atau mencari produknya. Untuk Anda yang ingin menjual produk handmade, bisa langsung membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan membuat produknya. Namun kalau Anda ingin fokus menjadi penjual, bukan produsen, Anda bisa mendapatkan produk tersebut dari supplier.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang tipe-tipe supplier yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Penasaran ada apa saja? Langsung cek di bawah ini, yuk!

Produsen (Pabrikan)

Supplier tipe ini mengembangkan dan mengelola bahan-bahan dari awal hingga akhirnya menjadi produk tertentu. Untuk membeli produk secara langsung dari produsen, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan pihak pemasaran pabrik tersebut.

Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan supplier tipe lain. Namun biasanya supplier tipe ini mengharuskan Anda untuk membeli produk dalam jumlah yang banyak, sehingga membutuhkan modal yang lebih besar.

Penjual Grosiran

Mereka biasanya mendapatkan produk dari berbagai pabrik. Jika modal Anda masih tergolong minim, sebaiknya Anda memilih supplier tipe ini. Karena walaupun harga yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal dibandingkan pabrikan, tapi penjual grosiran akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan produk tanpa harus membeli dalam jumlah banyak. Untuk menekan modal, Anda bisa memilih penjual grosiran yang dekat dengan lokasi Anda atau yang menawarkan program gratis ongkir.

Pengrajin

Tertarik untuk berjualan produk kerajinan yang unik? Saatnya Anda mencari pengrajin lokal! Dengan berjualan kerajinan tangan, toko Anda pun akan terlihat eksklusif karena produk yang biasanya para pengrajin membuat produk dalam jumlah yang tidak banyak. Oya, selain memberi keuntungan untuk diri sendiri, Anda juga bisa ikut mendorong perkembangan kerajinan lokal dengan membantu pemasaran produk mereka.

Distributor / Supplier Impor

Mau jualan produk impor tapi belum tahu banyak tentang hal yang berhubungan dengan impor? Supplier impor bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan produk dari luar negeri, tanpa harus mengurus soal pajak dan berbagai dokumen. Dengan begitu, Anda bisa fokus mengelola dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Nah gimana Seller? Sudah memutuskan mau mengambil produk dari supplier yang mana?

Jangan ragu untuk memulai usahamu di Tokopedia!

Sumber: entrepreneur.com

Bagikan Artikel

1 Komentar

rosandi azza

18 Oct

tokopedia luar biasa, mantap… suatu saat saya akan mencoba berjualan di tokopedia, terima kasih tokopedia,

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar