FAQ : Flash Sale TopCommunity

Anggota TopCommunity bisa mendaftar untuk ikutan Flash Sale Tokopedia lho! Jika Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar Flash Sale khusus anggota TopCommunity, mungkin FAQ berikut bisa menjadi jawabannya.

 

1. Bagaimana cara mengikuti Flash Sale? Untuk saat ini, Seller yang bisa mengikuti Flash Sale ada 2 macam.

1) Seller yang mendapatkan undangan dari Tokopedia

2) Seller anggota TopCommunity

2. Bagaimana cara mengikuti Flash Sale khusus TopCommunity? Untuk mengikuti Flash Sale TopCommunity, Seller harus terdaftar sebagai anggota TopCommunity yang dibuktikan dengan adanya TopID yang valid saat mendaftar. Pendaftaran Flash Sale TopCommunity dibuka setiap tanggal 1-7 setiap bulan dan diinformasikan melalui grup TopCommunity di telegram dan Whatsapp.
3. Produk apa saja yang boleh ikut dalam Flash Sale? Tidak ada kategori khusus produk apa yang boleh didaftarkan. Seller dapat mendaftarkan apapun produknya dan akan diseleksi oleh tim Tokopedia menyesuaikan dengan kebutuhan produk untuk periode Flash Sale bulan itu.
4. Berapa kali saya bisa ikut Flash Sale? 1 Seller bisa mengikuti Flash Sale TopCommunity sebanyak 1 kali sesuai dengan jadwal yang diberitahukan saat lolos masuk Flash Sale.
5. Bagaimana proses Flash Sale nya? Proses akan berlangsung selama satu bulan. Jika dibuka pendaftaran untuk bulan November, maka proses akan berjalan selama bulan November termasuk konfirmasi harga dan stok melalui telepon serta email konfirmasi lolos dan tidak lolos.
6. Jika saya daftar, bagaimana saya tahu produk saya lolos atau tidak? Tokopedia akan mengirim email konfirmasi bagi pendaftar yang tidak lolos. Bagi pendaftar yang lolos juga akan menerima email serta informasi lainnya untuk mengikuti proses bidding harga.
7. Jika saya sudah daftar dan lolos, kapan jadwal Flash Sale saya? Untuk jadwal Flash Sale sudah tertera dalam email yang sebelumnya dikirimkan kepada Seller.
8. Apakah saya bisa mengatur harga diskon sesuai keinginan saya? Bisa, asalkan sesuai dengan kisaran diskon yang sudah ditentukan. Diskon minimum 10% atau Rp10.000.
9. Apakah saya boleh melakukan mark up harga sebelum memberikan diskon? Anda tidak diperbolehkan melakukan mark up harga dan jika melakukannya, Anda tidak dapat mengikuti Flash Sale di bulan tersebut.
10. Berapa stok produk yang harus saya sediakan? Anda bisa menyediakan stok sesuai dengan jumlah minimal harga dibawah 1 juta adalah 10 dan minimal harga diatas 1 juta adalah 5. Maksimal jumlah barang adalah 200.
11. Apakah Tokopedia akan mensubsidi diskon yang saya berikan? Untuk dana hasil penjualan yang saya terima, apakah akan dipotong dengan diskon? Tokopedia tidak mensubsidi selisih dari harga awal dengan harga diskon. Dana penjualan yang Anda terima adalah harga produk setelah diskon.
12. Pada formulir pendaftaran, saya harus memasukkan harga normal atau harga setelah diskon? Harga original produk dan harga setelah diskon.
13. Bagaimana saya tahu persentase diskonnya? Sistem Tokopedia akan menghitung persentase diskon secara otomatis. Saat Flash Sale berlangsung, pembeli bisa melihat harga awal, persentase diskon, dan harga setelah diskon.
14. Berapa jenis produk yang saya boleh daftarkan? Anda bisa mendaftarkan lebih dari 1 jenis produk, yang bisa disesuaikan dengan kolom kategori produk pada formulir. Nantinya produk yang telah Anda daftarkan akan diseleksi ulang oleh Tokopedia.
15. Kapan saya bsia mendaftar Flash Sale TopCommunity? Informasi terkait promo ini dan formulir untuk pendaftaran akan dibuka pada tanggal 1-7 setiap bulan. Pendaftaran dilakukan sebulan sebelum Flash Sale dimulai (Pendaftaran untuk Flash Sale Desember dibuka di bulan November, dst).
16. Saya bisa memasukkan link produk di berapa kolom kategori? Anda hanya bisa memasukkan 1 link produk pada 1 kolom kategori. Jika produk Anda memiliki varian, pastikan link yang Anda masukkan adalah link varian produk yang Anda maksud. Namun nantinya tim Tokopedia akan menanyakan apakah ingin memasukkan seluruh varian atau tidak saat proses konfirmasi harga dan stok melalui telepon.
17. Jika saya sudah mendaftarkan produk namun link yang saya masukkan salah, apakah saya masih bisa mendaftar ulang? Jika sudah mendaftarkan suatu produk, Anda tidak bisa lagi mengubah informasi produk tersebut.
18. Jika saya sudah mendaftarkan produk, apakah harga produk atau harga diskon masih bisa diubah? Jika sudah mendaftarkan suatu produk, Anda bisa mengubah harga setelah diskon namun sesuai range harga diskon yang telah ditentukan saat proses konfirmasi harga dan stok melalui telepon, namun Anda tidak diperbolehkan melakukan mark up harga original produk.
19. Sebelum Flash Sale dimulai, apakah saya masih boleh mengubah harga atau deskripsi produk? Pada 1 jam sebelum promo dan saat promo berlangsung, Tokopedia akan melakukan penguncian (product locking) untuk produk yang diterima dalam promo ini. Sehingga Seller tidak dapat mengubah informasi produk selama kurun waktu tersebut.
20. Jika produk saya tidak lolos untuk mengikuti promo ini, apakah saya bisa mengikutinya di lain waktu? Anda dapat mendaftar lagi di pendaftaran Flash Sale bulan berikutnya.
21. Apakah Merchant yang sudah mendaftar pasti akan mengikuti Flash Sale? Seller yang mendapatkan undangan dan sudah mendaftarkan produknya, akan diseleksi ulang oleh Tim Tokopedia. Jika memenuhi kriteria, Seller dapat ikut serta dalam promo ini. Tokopedia akan melakukan konfirmasi via email apakah Seller bisa mengikuti promo atau tidak.
22. Setelah mengisi formulir pendaftaran, kapan saya akan mendapat konfirmasi produk saya diterima atau tidak? Tokopedia akan memberikan konfirmasi paling lambat 1 hari sebelum tanggal Flash Sale.
23. Kenapa Tokopedia tidak memberikan subsidi untuk selisih harga produk yang didiskon? Keuntungan dari promo ini adalah Seller bisa mendapatkan promosi lebih untuk produk yang didaftarkan. Hal ini karena informasi Promo Flash Sale akan muncul di banyak tempat strategis seperti halaman beranda Tokopedia. Dan untuk mendapatkan kesempatan ini, Seller tidak perlu lagi membayar, hanya perlu memberikan diskon kepada pembeli.
24. Apakah produk yang saya daftarkan pada Flash Sale akan tetap ada di etalase dan harga yang tercantum akan mengikuti harga Flash Sale? Produk akan muncul di etalase dengan stok yang sesuai dengan yang Anda masukkan pada formulir pendaftaran, dengan ketentuan:

– Tokopedia akan mengubah stok produk Seller saat promo berlangsung sesuai dengan stok yang diajukan pada formulir pendaftaran Promo Flash Sale.

– Setelah produk berakhir, stok produk akan kembali berubah menjadi stok saat sebelum promo.

25. Jika produk yang saya daftarkan menggunakan TopAds, apakah iklan saya jadi nonaktif? Iklan Anda tetap akan aktif selama promo
26. Bagaimana jika produk saya sudah habis saat Flash Sale masih berlangsung? Jika stok yang Anda sediakan sudah habis terjual, maka produk tersebut akan otomatis masuk ke gudang dengan status stok kosong.
27. Jika saya menggunakan Fitur Cashback Merchant, apakah bisa digabungkan dengan Flash Sale? Bisa, nominal cashback yang didapatkan pembeli akan dihitung dari harga promo.
28. Saat Flash Sale berlangsung, apakah saya harus mengubah harga dan stok produk secara manual? Tidak, nantinya tim Tokopedia yang akan merubah harga dan stok produk saat Flash Sale. Seller tidak perlu melakukan perubahan harga dan stok.
29. Setelah promo selesai, apakah saya harus mengubah harga dan stok produk ke awal? Setelah promo selesai, harga dan stok produk Anda akan kembali ke kondisi awal seperti sebelum promo.
30. Saya sudah mendapat email konfirmasi tampil, tapi mengapa produk saya tidak tampil di waktu yang telah dijanjikan? Silakan membalas email dari community.development@tokopedia.com dimana terdapat email konfirmasi jadwal tampil agar dapat dijelaskan alasannya.
31. Bagaimana jika ternyata produk saya kosong saat waktu Flash Sale produk saya telah tiba? Produk Anda akan ditolak oleh sistem dan jika Anda tidak berkomitmen dengan stok, Anda berkemungkinan tidak dapat mengikuti Flash Sale selanjutnya.
32. Saya udah ditelpon tapi kenapa tidak mendapatkan email konfirmasi? Harap menunggu karena proses seleksi akan berlangsung selama satu bulan.

Bagaimana, apakah informasi mengenai Flash Sale bagi anggota TopCommunity sudah jelas? Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan mengirim email ke community.development@tokopedia.com, ya!

 

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar