Sebar kebaikan dengan bayar Zakat Maal di Tokopedia

Ingatkah Seller? Selain shalat 5 waktu, ada 1 ibadah lain yang kerap disebut dalam kitab suci umat muslim, yakni berzakat. Zakat dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian harta untuk kemudian diberikan pada yang berhak. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari berzakat, mulai dari mendekatkan kita pada Tuhan, menghalalkan harta yang dimiliki, memberikan ketenangan, membersihkan dosa, menghindarkan bencana, hingga membantu sesama. Nah, tahun ini, sudahkah kamu menyalurkan zakat maal?

Apakah Seller Tokopedia wajib Zakat Maal?

Ya, Seller Tokopedia wajib membayar zakat maal apabila harta yang dimiliki dalam 1 tahun sudah mencapai nilai minimum yang ditentukan (nisab), yakni sejumlah 85 gram emas atau nilai yang setara dengannya. Jadi, bila Seller memiliki pendapatan tahunan yang mencapai nilai 85 gram emas, Seller harus mengeluarkan zakat sebesar 2,5% dari nilai tersebut.

Sebagai contoh, nilai emas tahun ini adalah Rp666.000/gram. Maka, nisab dari zakat maal-nya adalah 85 gram x Rp666.000 = Rp56,61 juta. Nah, bila total kekayaan tahunanmu sudah mencapai Rp56,61 juta atau lebih, maka kamu wajib mengeluarkan zakat.

Berapa jumlah zakat yang harus dibayarkan?

Besaran jumlah zakat yang harus dibayar setiap tahunnya hanyalah 2,5% x jumlah hartamu selama 1 tahun. Misalnya, kekayaan tahunanmu mencapai Rp150 juta. Dengan begitu, jumlah zakat yang wajib kamu bayarkan adalah 2,5% x Rp150 juta = Rp3,75 juta.

Bagaimana cara membayar Zakat Maal?

Nah, Seller, pada saat ingin membayar zakat, pastikan kamu memilih lembaga penyalur tepercaya agar manfaatnya benar-benar dirasakan oleh para mustahiq (golongan orang yang berhak menerima zakat). Untuk memastikan hal ini dan memberikan kemudahan untukmu dalam beribadah, kini kamu bisa membayarkan zakat maal melalui Tokopedia Salam, lho. Jadi, kamu gak perlu repot keluar rumah, karena seluruh prosesnya dapat dilakukan secara online dan lembaga penyalur zakatnya pun terjamin.

Bagaimana cara bayar zakat maal lewat Tokopedia? Gampang banget, kok! 

    1. Buka aplikasi Tokopedia
    2. Masuk ke halaman Tokopedia Salam, lalu klik fitur Zakat
    3. Pilih lembaga penyalur zakat yang kamu percaya. Setelah itu, pilih jenis Zakat Maal
    4. Masukkan jumlah zakat yang ingin kamu bayarkan
    5. Masukkan nomor NPWP
    6. Klik “Bayar zakat”

Untuk pilihan lembaga penyalur zakat, hingga saat ini ada 8 lembaga tepercaya yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia untuk memastikan zakatmu sampai ke pihak yang tepat, yakni:

  1. Lazismu
  2. Baznas
  3. IZI
  4. Dompet Dhuafa
  5. LAZ Al-Azhar
  6. NU Care LAZISNU
  7. Rumah Yatim
  8. Rumah Zakat

Jadi Seller, kalau kamu belum mengeluarkan zakat maal tahunan, minggu-minggu jelang Ramadan inilah saat yang tepat untuk melakukannya. Dengan begitu, ketika bulan puasa nanti, kamu bisa fokus puasa dan mengerjakan ibadah lain, agar usaha yang kamu miliki pun selalu diberkahi dan lancar jaya. Yuk, segera tunaikan kewajiban ini hanya dengan beberapa kali klik melalui Tokopedia Salam.

Bayar Zakat Sekarang

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller