Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

Tarik Pembeli dengan Voucher Toko – Tidak bisa dipungkiri, promo memang punya daya tarik sendiri bagi pembeli. Tidak heran jika banyak pebisnis yang kemudian membuat beragam promo untuk menarik lebih banyak pembeli ke tokonya.

Apa itu fitur Voucher Toko?

Voucher toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia yang memungkinkan Seller untuk membuat promonya sendiri. Jadi, kamu bebas menentukan periode promo, budget promo, dan jenis promo yang kamu inginkan.

Tak hanya itu, dengan Voucher Toko, total transaksi yang diterima penjual bisa meroket sampai dengan 45%. Ngaruh banget kan?

Nah, ada yang baru nih dari Voucher toko, saat mengatur voucher toko, kamu akan diberikan dua pilihan, yaitu publik dan terbatas. 

Publik – Voucher akan ditampilkan di halaman Toko dan dapat digunakan oleh semua calon pembeli.

Terbatas – Voucher tidak ditampilkan di halaman Toko tetapi dapat dibagikan secara pribadi ke pembelimu.

Kalau dulu, kamu harus membuat kode voucher sendiri untuk publik dan terbatas, sekarang sudah nggak lagi lho. Khusus untuk voucher toko publik, kamu sudah nggak perlu lagi membuat kode voucher karena sudah diatur oleh Tokopedia alias otomatis. Jadi, sistem penggunaan voucher toko sudah tidak lagi berada di halaman produk dengan sistem salin. 

Voucher toko bisa digunakan oleh pembeli saat mereka memasukkan barang ke keranjang (Add to card) dengan total rincian pembayaran. Jadi apabila belanjaan pembeli sudah memenuhi syarat minimum pembelian, maka mereka akan otomatis mendapatkan voucher toko kamu.

Perubahan Voucher Toko untuk Target Publik:

Keuntungan yang bisa kamu nikmati dengan Voucher Toko

1. Periode promo fleksibel

Kamu bisa tentukan sendiri periode promo tokomu – maksimal 30 hari dan minimal 30 menit. Promo yang lebih fleksibel ini bisa semakin mendukung strategi marketingmu.

2. Jenis promo yang beragam

Menangkan hati pembelimu dengan promo yang beragam. Kamu dapat membuat 10 jenis Voucher Toko yang berbeda untuk 1 toko.

3. Halaman voucher

Dengan menggunakan Voucher Toko, kamu juga dapat memudahkan calon pembelimu untuk menemukan seluruh voucher yang tersedia hanya dengan mengakses 1 halaman saja.

Saat ini, Voucher Toko menyediakan dua jenis promo, yaitu Voucher Cashback dan Voucher Gratis Ongkir.

Voucher Gratis Ongkir 

Voucher Gratis Ongkir ini  tipe Voucher Toko yang cocok untuk Seller yang ingin menjangkau pembeli dari berbagai kota di Indonesia, terutama jika barang Seller sangat langka dicari di kota-kota lain.

Hal ini memungkinkan biaya pengiriman produk disubsidi oleh penjual. Voucher Gratis Ongkir hanya berlaku dalam bentuk Rupiah, dan berupa voucher potongan. Jenis voucher ini cocok untuk kamu yang ingin menjangkau pembeli dari berbagai kota di Indonesia, terutama jika produkmu sangat langka dicari di kota-kota lain. Nilai minimum Voucher Gratis Ongkir pun hanya 5.000.

Voucher Cashback

Voucher Cashback memungkinkan pembeli mendapatkan pengembalian dana langsung yang akan mengurangi jumlah uang yang diterima penjual dengan nominal yang sama. Cocok buat kamu yang ingin mendapatkan pelanggan lebih banyak, namun tetap mempertahankan brand image toko dan juga harga.

Melalui Voucher Cashback, kamu bisa memilih bentuk cashbackmu, dalam bentuk persentase (%) minimal 2% ataupun dalam nilai Rupiah (Rp). Tentunya, semakin besar cashback yang diberikan, semakin menarik bagi pembeli.

Baca juga: Tebar Info Voucher Toko, Jaring Pembeli Lebih Banyak

Langkah Mudah Membuat Voucher Toko Via Desktop

Sudah tidak sabar ingin langsung membuat Voucher Toko? Ikuti langkah mudah berikut ini:

1. Masuk ke halaman Seller Tokopedia, klik ‘Iklan dan Promosi’ kemudian pilih menu Voucher Gratis Ongkir atau Voucher Cashback

2. Setelah itu isi detail Voucher sesuai ketentuan dan biaya yang ingin kamu anggarkan:

  1. Target Voucher (Publik atau Terbatas)
  2. Nama Voucher
  3. Kode Voucher (untuk voucher Terbatas)
  4. Nominal Promo/Cashback
  5. Minimum Pembelian
  6. Kuota
  7. Maksimal Estimasi Pengeluaran Toko
  8. Periode (promo dapat berlangsung minimal selama 30 menit dan maksimal 30 hari). Pastikan jarak antara pembuatan voucher dan voucher aktif lebih dari 3 jam ya!

3. Cek kembali dan pastikan detail Voucher sudah benar melalui tab Preview. Kemudian klik pernyataan Syarat dan Ketentuan, lalu klik ‘Buat Voucher’. Vouchermu berhasil dibuat!

 

4. Selain itu, kamu juga dapat melihat Voucher yang sudah dibuat pada halaman Tokopedia Seller kamu, dan untuk mengubah periode Voucher atau kuota selama promo belum dimulai, klik ‘Ubah’.

Untuk syarat dan ketentuan pembuatan Voucher Toko bisa kamu baca di sini.

Mudah bukan caranya? Setelah kamu berhasil membuat Voucher Toko, jangan lupa tebar info Voucher Tokomu agar kamu bisa jaring lebih banyak pembeli.

Tebar Info Voucher Toko ke Banyak Pembeli

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan agar Voucher Tokomu dilihat banyak pembeli.

1. Sebarkan Voucher Toko di jaringan pribadimu

Manfaatkan jaringan pribadimu! Personal marketing seperti ini kesannya konvensional, tapi ampuh, lho! Ingat, pilih grup sesuai konteks jualanmu ya.

2. Sebarkan Voucher Toko di Media Sosialmu

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi, media sosial kini memiliki peran penting dalam hampir setiap aspek kehidupan. Media sosial adalah salah satu alat bantu paling efektif yang dapat mendukung promosi usahamu. Pastikan kamu memanfaatkan media sosial dengan baik untuk promosi tokomu. Pelajari cara optimasi media sosial untuk berjualan di sini.

3. Pasang di Sampul Tokomu

Manfaatkan juga sampul toko untuk memberitahu pengunjung toko tentang promo Voucher Tokomu. Dengan fitur Sampul Toko, kamu dapat dengan bebas mengunggah foto untuk membuat tampilan toko lebih menarik. Fitur Sampul Toko bisa kamu dapatkan dengan menjadi Power Merchant. Pelajari keuntungan-keuntungan menjadi Power Merchant di sini.

Siap memikat Pembeli dengan Voucher Toko? Yuk buat Voucher Toko sekarang!

BUAT VOUCHER SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller