BARU: Verifikasi Data Diri Otomatis Khusus Pembeli Alkohol & Rokok Elektrik

Lebih simpel dan aman! Tokopedia sediakan fitur verifikasi KTP/KITAS pembeli yang ingin bertransaksi produk alkohol dan rokok elektrik

Diperbarui 21 Sep  • Baca 2 menit

Hai, Seller! Terima kasih sudah mempercayakan Tokopedia sebagai tempat berjualan produk alkohol dan rokok elektrik.

Demi memberikan pengalaman terbaik dan menjaga keamanan serta kerahasiaan data calon pembeli, Tokopedia kini menyediakan sistem verifikasi data pribadi otomatis untuk calon pembeli yang ingin berbelanja produk minuman beralkohol atau rokok elektrik dari tokomu. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Verifikasi data pembeli kini jadi lebih simpel

Jika dulu kamu harus meminta KTP/KITAS secara manual untuk verifikasi usia pembeli, kini kamu tak perlu melakukannya lagi. Sistem Tokopedia akan secara otomatis meminta mereka untuk upload KTP/KITAS-nya dengan langkah berikut:

1. Apabila pembeli bertransaksi lewat aplikasi Tokopedia, pembeli harus klik Verifikasi di area bawah halaman produk terlebih dahulu.

2. Jika pembeli bertransaksi melalui PC/komputer, mereka harus klik tombol Verifikasi. Kemudian, Tokopedia akan meminta pembeli scan QR Code yang tertera.

3. Jika pembeli bertransaksi melalui Tokopedia Lite atau web browser handphone, mereka harus klik tombol Verifikasi. Lalu, sistem akan mengarahkan mereka untuk masuk ke aplikasi Tokopedia.

Pembeli hanya perlu verifikasi satu kali. Jadi, kalau mereka sudah pernah verifikasi data diri sebelum membeli alkohol atau rokok elektrik sebelumnya, Tokopedia tidak akan meminta mereka melakukan hal yang sama di transaksi selanjutnya.

PENTING! Agar kamu tidak perlu verifikasi manual lagi, pastikan produkmu terdaftar dalam kategori yang benar di Tokopedia, yakni Minuman Beralkohol dan Vaporizer.

Hal yang sering ditanyakan

1) Apakah hal ini berarti Seller sudah tidak perlu meminta KTP/KITAS calon pembeli sebagai bukti verifikasi usia?

Ya, karena Tokopedia akan secara otomatis meminta pembeli melakukan verifikasi.

2) Apabila pembeli belum melakukan verifikasi identitas di aplikasi Tokopedia, apakah pembeli tidak dapat membeli produk yang termasuk dalam kategori 18+ atau 21+?

Tidak. Pembeli wajib verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi produk 18+ atau 21+.

3) Data apa saja yg dibutuhkan untuk melakukan verifikasi?

Hanya KTP/KITAS.

4) Jika ada WNA yang membeli produk alkohol dan tidak mempunyai KTP, apakah WNA tersebut bisa menggunakan identitas lain?

Bisa. WNA dapat menggunakan KITAS untuk melakukan verifikasi.

5) Berapa lama waktu yang diperlukan untuk verifikasi?

Proses verifikasi identitas pembeli WNI memerlukan waktu maksimal 1x24 jam. Sedangkan untuk WNA memerlukan waktu maksimal 3x24 jam.

6) Mengapa calon pembeli harus verifikasi?

Sesuai dengan peraturan pemerintah terkait regulasi perdagangan minuman beralkohol dan rokok elektrik, hanya pembeli berusia di atas 21 tahun yang boleh membeli minuman beralkohol dan di atas 18 tahun yang boleh membeli rokok elektrik di Tokopedia.

7) Apakah data yang diupload ke Tokopedia aman?

Tokopedia telah bekerjasama dengan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Siber dan Sandi Negara, untuk memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi setiap pengguna Tokopedia.

8) Bagaimana jika pembeli sudah upload KTP tetapi mengalami error atau belum terverifikasi selama 1x24 jam?

Kamu bisa mengarahkan pembeli untuk melaporkan hal ini ke Tokopedia Care. Pihak Tokopedia Care akan meminta beberapa hal berikut:

  • Screenshot bukti berhasilnya verifikasi
  • Screenshot halaman error
  • Alamat email pembeli

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

top description

[Pesanan] Penerapan Kebijakan Pelindungan Data Pribadi Pembeli

Kebijakan & KeamananDiperbarui 06 DecBaca 2 menit
top description

Pentingnya Cek Izin Edar Produk Obat Tradisional & Suplemen Kesehatan

Kebijakan & KeamananDiperbarui 29 NovBaca 1 menit
top description

Seller, Ternyata Registrasi Sertifikat Halal Itu Mudah dan Gratis, Lho!

Kebijakan & KeamananDiperbarui 23 NovBaca 3 menit

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual