Tokomu Lebih Mudah Ditemukan Pembeli dengan SEO, Gratis!

Trik Toko dan Produkmu Tampil Teratas dengan SEO – Ingin produkmu muncul paling atas ketika calon pembeli sedang melakukan pencarian di internet? Dalam dunia digital, kita mengenal istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah teknik-teknik yang digunakan pada suatu situs untuk meningkatkan kemudahan situs tersebut untuk ditemukan oleh calon pembeli. Dengan SEO, kamu bisa meningkatkan pengunjung situsmu secara organik alias tidak berbayar. Nah, kamu jadi punya kesempatan lebih untuk tingkatkan penjualan. Kayak gimana sih situs yang akan tampil di halaman pertama pencarian? Ini dia rumusnya:

Tidak hanya bisa muncul di halaman awal pada mesin pencari seperti Google, kalau kamu mengikuti tips di bawah ini kamu juga bisa muncul di halaman atas Tokopedia, lho. Kamu juga bisa memaksimalkan pengunjung tokomu dengan menggunakan TopAds.

Baca juga: Saatnya Produkmu Tampil Teratas & Terdepan dengan TopAds Iklan 

Bagaimana cara menggunakan SEO di Tokopedia?

  • Gunakan nama dan tulis deskripsi tokomu dengan lengkap

Untuk nama toko, pakai nama toko yang resmi dan gunakan kata “online shop.” Pada deskripsi toko, kamu bisa memasukkan nama tempat seperti “Beli Sepatu Murah Bandung” karena pembeli biasanya menyertakan lokasi saat sedang melakukan pencarian. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi yang berguna seperti waktu operasional, promo, atau jika kamu punya Voucher Toko.

Baca juga: Tarik Lebih Banyak Pembeli dengan Fitur Voucher Toko!

  • Buatlah halaman produk yang baik termasuk nama produk dan deskripsi produk

Nama produk yang baik secara garis besar meliputi: merek, nama produk, jenis kelamin, model/pola, tipe, dan warna. Lebih baik jangan ditulis terlalu panjang ya, maksimal 80 karakter saja.

cara menggunakan seo di tokopedia

Kemudian, tulislah deskripsi produkmu dengan lengkap dan informatif, disarankan minimal 200 karakter. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang sesuai secara berulang 1 sampai 2 kali dalam deskripsi tersebut. Pastikan kata kunci yang kamu gunakan relevan dengan apa yang dicari pengunjung dan jangan menyalin kata kunci generik dari toko lain.

Supaya mendapat gambaran, kamu bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar, Google Trends, Keyword Tool, atau free keyword checker lainnya untuk melihat kata kunci yang sedang menjadi tren dan lebih sering dicari oleh pembelimu. Deskripsi produk yang lengkap dan informatif akan menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan transaksimu. Semakin banyak transaksi dan semakin baik Performa Tokomu, semakin besar juga kesempatanmu untuk muncul di halaman awal Tokopedia.

Baca juga: Jadi Merchant Pintar dengan Fitur Wawasan Pasar

  • Blogging atau membuat tulisan pada situs web yang dapat diakses semua pengguna internet. Kamu bisa menyambungkan (backlink) blog yang telah kamu tulis dengan halaman produk di tokomu. Dengan banyak tautan berkualitas yang disambungkan ke tokomu di Tokopedia, mesin pencari akan memprioritaskan tokomu dan membuatnya berada di peringkat pencarian yang lebih tinggi. Selain itu, blogging juga membangun kepercayaan pembeli karena saat mereka melihat tautan di blogmu, mereka langsung tahu bahwa itu adalah toko yang kamu jalankan.

Baca juga: Manfaat Blog untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

  • Tidak hanya blog, kamu juga bisa menyambungkan sosial media dan berbagai situs lain dengan tokomu di Tokopedia untuk mengoptimalkan performa SEO-mu. Kamu bisa menggunakan tombol “Beli Sekarang” di halaman Facebook atau menambahkan tautan toko Tokopedia pada profil Instagram-mu. Cara ini sangat efektif terlebih saat akun sosial mediamu memiliki presensi yang kuat. Perhatikan kata kunci yang akan kamu gunakan saat menyambungkan (backlink) situs lain dengan tokomu ya. Pakai kata kunci yang menarik dan to the point seperti “Beli Sepatu” dibandingkan kata kunci umum seperti “Cek Disini,” “Beli Disini,” dan sejenisnya.

Sudah tahu kan kenapa SEO penting dalam pemasaran online? Karena itu, yuk coba tingkatkan transaksi tokomu dengan SEO!

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar