Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tips cepat dapat pesanan
  2. Belajar SEO Bab 5: Teknik Penerapan SEO di Halaman Produk & Toko

Belajar SEO Bab 5: Teknik Penerapan SEO di Halaman Produk & Toko

Diperbarui 04 Feb • Baca 2 menit

Materi SEO

Pada bab sebelumnya, kita sudah belajar tentang bagaimana cara kerja mesin pencarian (search engine) Google dalam menampilkan konten untuk pengguna internet. Mulai dari proses crawling, indexing, hingga ranking. Serta teknik SEO lainnya seperti penggunaan backlink, internal link, dan kata juga kunci yang relevan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website atau toko yang sedang kamu kelola. 

Sebagai panduan, berikut ini adalah cara penerapan dari teknik-teknik SEO yang sudah dibahas pada bab sebelumnya. Agar kamu lebih mudah mengaplikasikannya pada halaman toko dan halaman produk milikmu.

Bagaimana cara menggunakan teknik SEO di Tokopedia?

1. Gunakan nama toko dan tulis deskripsi tokomu dengan lengkap

Pada deskripsi toko, kamu bisa memasukkan nama tempat seperti “Beli Sepatu Murah Bandung” karena pembeli biasanya menyertakan lokasi saat sedang melakukan pencarian. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi yang berguna seperti waktu operasional, promosi, atau jika kamu punya Voucher Toko. Berikut adalah beberapa contoh toko di Tokopedia yang meraih banyak pengikut serta peningkatan penjualan karena mencantumkan `nama tempat yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. 

article

article

2. Memilih kata kunci yang tepat

Sebelum memulai untuk menulis nama dan deskripsi pada produk yang kamu jual. Disarankan untuk terlebih dahulu mencari kata kunci (keyword research) yang paling relevan dari produk yang sedang kamu jual. 

Baca juga: Belajar SEO Bab 4: SEO Keyword dan Cara Menemukan Kata Kunci yang Tepat

Kamu bisa menggunakan fitur berikut yang dapat kamu akses secara gratis pada Google.

  • Wawasan Pasar
article
  • Google Trends
article
  • Keyword Tool
article
  • Free keyword checker
article

Keempat fitur ini berguna untuk melihat kata kunci produk yang sedang menjadi tren dan lebih sering dicari oleh pengguna internet. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengetik produk jualan kamu pada kolom search bar yang telah disediakan. Kemudian mengganti lokasi negara menjadi Indonesia. Selanjutnya akan muncul daftar kata kunci yang paling sering digunakan oleh pengguna Google. Kamu pun juga bisa menerapkannya pada konten nama dan deskripsi produk yang kamu kelola. 

3. Buatlah halaman produk yang baik termasuk nama produk dan deskripsi produk

Setelah kamu mengetahui kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam penamaan produk kamu. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menamai produk yang kamu jual dengan selengkap mungkin. Hal ini berguna untuk menarik lebih banyak calon pembeli yang sedang mencari produk yang lebih detail.

Contoh cara menamai produk yang baik bisa dilakukan dengan rumus:

Jenis produk + merek + keterangan (model/pola, tipe, atau warna).

Misalnya: Mukena Wanita Alea Zica Merah Ukuran Jumbo.

Hal penting yang harus diperhatikan lainnya adalah menghindari menggunakan karakter dan simbol sulit sebagai sebuah nama produk yang kamu jual karena itu malah menyulitkan pembeli untuk mengetahui toko kamu.

Kemudian tulislah deskripsi produkmu dengan jelas dan informatif, disarankan minimal 200 karakter huruf. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu jual pada isi deskripsi tersebut. Pastikan kata kunci yang kamu gunakan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung dan jangan menyalin kata kunci yang sama dari toko lain ya. 

Sebagai pengingat, sebuah deskripsi produk yang lengkap dan informatif akan menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan transaksi penjualan toko kamu. Apabila semakin banyak transaksi dan semakin baik performa toko yang kamu kelola. Maka semakin besar pula kesempatanmu untuk muncul di halaman awal Tokopedia. 

Munculnya toko kamu pada halaman pertama di website Tokopedia tentu saja akan berimbas pada peningkatan jumlah pengikut, pengunjung dan transaksi jual beli di toko kamu. Jadi usahakanlah memberikan konten produk berupa teks, gambar dan video semenarik mungkin.

4. Menambahkan link toko online Tokopedia-mu di website dan media sosial 

Menambahkan link backlink di website dan media sosial milik pribadi kamu juga akan membantu meningkatkan pengunjung, penjualan, dan kepercayaan calon pembeli. Kamu pun juga dapat melakukannya dengan cara sederhana seperti di bawah ini: 

  1. Kamu bisa memulai blogging atau membuat tulisan pada situs web yang dapat diakses semua pengguna internet. Kemudian menyambungkan backlink yang telah kamu tulis dengan halaman produk di tokomu. Dengan banyak tautan berkualitas yang disambungkan ke tokomu di Tokopedia, mesin pencarian Google akan memprioritaskan tokomu dan membuatnya berada di peringkat pencarian yang lebih tinggi. 
  2. Selain itu, menambahkan link di media sosial dan berbagai situs lain dengan tokomu di Tokopedia untuk mengoptimalkan performa SEO. Kamu bisa menggunakan tombol “Beli Sekarang” di halaman Facebook atau menambahkan tautan toko Tokopedia pada profil akun Instagram yang sedang kamu kelola.

Contoh menambahkan tautan toko kamu pada akun media sosial Instagram:

article

Jangan lupa perhatikan kata kunci yang akan kamu gunakan saat menyambungkan backlink situs lain dengan tokomu ya. Cobalah untuk memakai kata kunci yang menarik dan to-the-point seperti “Beli Sepatu” dibandingkan kata kunci umum seperti “Cek di Sini,” “Beli di Sini,” dan sejenisnya. 

Selamat mencoba keempat cara di atas ya, Seller. Semoga berhasil!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Tips Pilih Pengiriman Sesuai Toko dan Produk yang Dijual

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 12 OctBaca 2 menit
top description

Buat Halaman Toko Menarik dengan Fitur Dekorasi Toko!

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 07 OctBaca 3 menit
top description

Pakai Fitur Produk Unggulan Biar Produk Andalan Makin Kelihatan

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 23 SepBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual