Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tips cepat dapat pesanan
  2. Cara Mudah Mengetahui Tren Produk di Daerah Kamu

Cara Mudah Mengetahui Tren Produk di Daerah Kamu

Ini saatnya untuk mengoptimalkan penjualan produk di daerah masing-masing nih!

Diperbarui 20 Dec • Baca 2 menit

Materi SEO

Hai, Seller!

Setelah mempelajari tentang cara menemukan kata kunci serta teknik dasar SEO, sekarang saatnya kamu mempelajari tentang cara mengetahui tren produk di daerah masing-masing. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan penjualan produk tertentu sesuai dengan kebutuhan pasar sekaligus mendorong keuntungan tokomu.

Google Trends

Tahukah Seller? Google menyediakan Google Trends, sebuah tools agar kita bisa mengetahui sebuah tren yang sedang berlangsung di wilayah tertentu. Google Trends dapat kamu gunakan secara gratis dengan berkunjung langsung melalui websitenya. Berikut adalah tampilan dari Google Trends.

article

Beberapa fitur Google Trends yang bisa kamu manfaatkan salah satunya adalah fitur pencari tahu kata kunci yang tepat untuk produk yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari inspirasi produk untuk dijual berdasarkan tren di daerah yang kamu tuju.

Cara Mengetahui Trend Produk di Daerah

1. Buka Google Trends kemudian ganti region atau wilayah menjadi negara Indonesia.

article

2. Kemudian masukkan kata kunci produk yang ingin kamu lihat. Contohnya jika kamu ingin melihat trend produk baju. Maka kamu bisa menulis “baju” di dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, akan muncul tampilan website seperti berikut ini

article

3. Langkah selanjutnya adalah mengganti subregion dengan daerah yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin melihat trend produk baju apa saja di daerah Aceh. Maka klik pilihan subregion “Aceh”.

article

4. Apabila kamu ingin melihat tren kata kunci tersebut dengan nama kota yang lebih detail. Kamu bisa klik nama “subregion” kemudian ubah menjadi “city”.

undefined

Kemudian tampilannya akan berubah menjadi “Interest by city” seperti ini.

article

5. Setelah itu, Google Trends akan menampilkan tren kata kunci selama periode tertentu dan juga urutan kota yang memiliki pencarian terbesar terhadap kata kunci tersebut. Jadi kamu bisa menyesuaikan produk apa yang kamu jual sesuai dengan kota target.

Misalnya untuk kata kunci “baju” di subregion “Jawa Barat”

article

6. Scroll ke bagian bawah kemudian kamu akan menemukan list keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari. Di sini ada berbagai pilihan kata kunci produk yang diurutkan berdasarkan volume pencarian.

Misalnya untuk kata kunci “baju” di “Jawa Barat”

article



Dari hasil ini, kamu bisa memilih kata kunci dengan persentase terbesar dan juga kata kunci breakout. Breakout artinya jika kata kunci produk tersebut merupakan yang paling banyak dicari dan mengalami kenaikan dari nol persen ke tak terhingga.

Gimana, Seller? Mudah ‘kan untuk mengetahui tren produk di daerah kamu? Yuk, langsung cari tahu tren produk yang akan kamu jual dan mulai tingkatkan penjualannya. Selamat mencoba, Seller!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Cara Mudah Mengetahui Tren Produk di Daerah Kamu

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 20 DecBaca 2 menit
top description

Optimalkan Deskripsi Produk dengan Teknik PAA SEO

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 20 DecBaca 2 menit
top description

Atur Pengiriman Per Produk Bikin Transaksi Jadi Lebih Mudah

Tips cepat dapat pesananDiperbarui 09 NovBaca 5 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual