Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda

Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda – Memiliki bisnis, besar ataupun kecil pastinya akan berhubungan dengan manajemen keuangan. Mulai dari pengeluaran hingga bayar pajak, masalah manajemen keuangan bisnis dapat menjadi hal yang sulit. Untungnya di dunia yang sudah technology-centered seperti sekarang ini sudah banyak tools untuk tracking keuangan bisnis Anda sehari-hari.

Simak tools apa sajakah yang Anda butuhkan untuk manajemen keuangan usaha Anda berikut ini.

Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda

1. Software Akuntansi

tools untuk tracking keuangan bisnis
Sumber Gambar: Quickbooks

 

QuickBooks adalah salah satu software akuntansi favorit usaha kecil. Selain itu ada software Xero yang dapat membantu anda juga untuk akuntansi secara online. Anda bisa memilih dari kedua perangkat lunak ini sesuai dengan kebutuhan akuntansi usaha Anda.

2. Tools untuk Anggaran

tools untuk tracking keuangan bisnis
Sumber gambar: Planguru

Hal yang paling penting dalam bisnis, terutama dalam memulai usaha kecil adalah membuat anggaran yang realistis dan melakukannya sesuai dengan rencana. Jika software akuntansi sudah Ada fitur anggaran, Anda tidak perlu lagi menggunakan tools anggaran terpisah. Tetapi jika belum ada,  Anda dapat menggunakan software seperti PlanGuru.

Baca juga: 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

3. Sistem Manajemen Penggajian

tools untuk tracking keuangan bisnis
Sumber gambar: Gusto

Penggajian atau payroll sangatlah rentan terhadap kesalahan seperti salah nomor rekening maupun nominal yang diberikan. Perangkat lunak seperti Gusto (dulu bernama ZenPayroll) dan Zenefits dapat membantu Anda memudahkan proses penggajian dan menghilangkan ketidakefisienan yang tidak perlu.

Aplikasi seperti SurePayroll bahkan dapat menghitung dan secara otomatis membayar pajak gaji dan lain-lain. Tetapi jika Anda tidak memiliki banyak pegawai, Anda tidak akan terlalu memerlukan tool ini.

4. Tools untuk Billing

tools untuk tracking keuangan bisnis
Sumber gambar: FreshBooks

Proses billing Anda akan lebih lancar dan cepat dengan menggunakan tools. Sudah banyak tools billing berbasis cloud yang bagus, termasuk FreshBooks dan Bill.com. Dengan menggunakan tools billing Anda dapat mempersingkat proses penagihan dan akan selalu terbayar tepat waktu, bebas dari hutang!

5. Dashboard Keuangan

tools untuk tracking keuangan bisnis
Sumber gambar: LivePlan

Gunakn dashboard seperti LivePlan atau InDinero untuk melihat proses keuangan usaha Anda. Tool ini ini akan memungkinkan Anda melacak key performance indicator (KPI) untuk mengukur apakah bisnis Anda berkembang.

6. Analisis Arus Kas / Cash Flow

Tools untuk bantu pelacakan dan analisis arus kas seperti Float, atau Google spreadsheet dapat mengukur arus kas secara akurat secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga bisnis Anda selalu siap menghadapi kemungkinan finansial apa pun. Analisis arus kas membantu Anda untuk mengetahui naik turunnya saldo kas Anda dengan membandingkannya antara bulan-bulan sebelumnya untuk memperkirakan masa depan keuangan Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

7. Manajemen Inventaris

Lacak inventaris Anda secara efisien dari pembelian item sampai yang akan dijual dengan tools berbasis cloud seperti SOS Inventory atau Scout’s topShelf. Selain melacak barang Anda, tools ini juga dapat meminjau laporan penjualan, mengatur peringatan inventaris secara otomatis, dan mengelola packing serta pengiriman pesanan.

Diatas ialah 7 tools untuk tracking keuangan bisnis Anda yang dapat membantu segala masalah manajemen keuangan usaha. Yuk, coba sekarang untuk manajemen keuangan bisnis yang lebih baik!

 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller