Promosi Produk Lebih Efektif Lewat Live Streaming di Tokopedia Play

Buat produkmu makin dikenal pakai fitur Live Streaming di Tokopedia Play 

Hai Seller, tahukah kamu jika live streaming merupakan promosi produk yang efektif? Penelitian terbaru dari Livestream.com, menemukan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand. Kini kamu bisa mempromosikan produk andalanmu di Tokopedia Play melalui fitur Live Streaming. Untuk saat ini, fitur ini baru bisa digunakan oleh toko Official Store dan Power Merchant terpilih.

Penasaran nggak sih apa itu Live Streaming Tokopedia Play? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu live streaming Tokopedia Play?

Fitur Live Streaming Tokopedia Play adalah fitur baru yang memungkinkan Seller melakukan siaran langsung dalam bentuk video untuk promosi produk ke calon pembeli. 

Tahukah kamu, promosi produk secara live streaming adalah cara promosi yang paling efektif? Di Tiongkok, live streaming diprediksi akan menghasilkan transaksi senilai $129 miliar tahun ini. 

Keuntungan melakukan live streaming di Tokopedia

1. Membangun brand awareness

Produk dan toko bisa dikenal oleh lebih banyak pengguna Tokopedia.

2. Meningkatkan engagement tokomu

Kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli. Mereka bisa menuliskan komentar atau bertanya di kolom chat yang disediakan ketika kamu melakukan live streaming.

3. Bantu meningkatkan penjualan

Penonton bisa langsung beli produk yang kamu promosikan di live streaming. Kamu juga bisa menambahkan voucher toko dan link ke produkmu saat siaran berlangsung.

Saat kamu melakukan live streaming di Tokopedia Play, pembeli dapat dengan mudah menemukan siaranmu di halaman toko, di halaman Tokopedia Play, dapat notifikasi dari Tokopedia, dan bisa muncul di halaman Tokopedia khusus untuk Seller terpilih. Pembeli dapat menonton videomu di aplikasi Tokopedia versi terbaru ya. 

Tampilan fitur Live Streaming Tokopedia Play di pembeli

Cara mengakses fitur Live Streaming Tokopedia Play

Perlu Seller ketahui, saat ini fitur Live Streaming Tokopedia Play hanya dapat digunakan oleh Official Store dan Power Merchant terpilih. Tim Tokopedia akan menghubungi Seller yang berkesempatan untuk menggunakan fitur ini. Nah, fitur Live Streaming Tokopedia Play hanya bisa diakses oleh Seller melalui Aplikasi Tokopedia Seller dengan menggunakan Android. Sebelum memulai, yuk download Aplikasi Tokopedia Seller sekarang!

Baca juga: Keuntungan Aplikasi Tokopedia Seller

Download Sekarang

Nah, kalau sudah download, pelajari langkah mudah mengakses fitur Live Streaming Tokopedia Play di bawah ini ya!

1. Install aplikasi Tokopedia Seller di Google Play Store lalu masuk dengan akun toko kamu

2. Masuk ke halaman Toko kamu dan klik tombol ‘Yuk Mulai’.

3. Kamu akan diarahkan pada halaman Tokopedia Play, lalu klik ‘Mulai Persiapan’

4. Pilih produk terbaik di tokomu untuk dijadikan konten yang membuat penonton tertarik untuk membeli. Setelah itu, klik ‘Next’

5. Masukkan cover dan judul menarik serta kreatif agar calon penonton tertarik untuk menonton. Setelah itu, klik ‘Lanjutkan’

Nah, membuat cover bannernya jangan asal ya Seller. Kamu bisa mengikuti contoh di bawah ini agar cover-mu menarik dan unik!

Baca juga: Tips Buat Konten Live Streaming Sesuai Kategori Produkmu

6. Kamu akan diarahkan ke halaman utama, cek kembali persiapanmu ya. Jika sudah sesuai, klik ‘Mulai Live Streaming’.

7. Selamat! Live Streaming kamu sudah dimulai. Nah, kamu bisa melakukan Live Streaming selama 30 menit ya. Jadi, pastikan kamu menyampaikan informasi yang jelas dan menarik selama 30 menit agar calon pembelimu nggak merasa bosan.

8. Eits, belum selesai Seller. Kamu bisa melihat laporan Live Streaming kamu mulai dari jumlah penonton dan produk yang terjual, pengunjung toko, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa juga ingatkan followersmu untuk update aplikasi Tokopedia ke versi terbaru agar bisa menonton tayangan live streaming-mu. Caranya, post informasi mengenai live streaming kamu di media sosial dan infokan tanggal serta jam tayangnya, lalu arahkan mereka untuk buka profil tokomu agar dapat mengakses tayangan live streaming.

Sekarang, sudah siap untuk ikutan Live Streaming? Yuk cobain fitur Live Streaming sekarang.

Mulai Sekarang

*Hanya bisa diakses dengan Android

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller