Capai Target Bisnis dengan 5 Langkah Mudah

Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia pasti memiliki target masing-masing. Apalagi dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang tidak memiliki target akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk berkembang, bahkan mungkin tidak akan pernah berkembang sama sekali.

Bagaimana dengan bisnis Anda? Apakah sudah memiliki target yang ingin dicapai? Jika ya, apakah target tersebut sudah berhasil dicapai? Apa yang harus Anda lakukan agar tidak gagal untuk mencapai target tersebut?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda dan bisnis Anda agar berhasil mencapai target.

Tips Mencapai Target Bisnis Online

Bangunlah Motivasi

Biasanya motivasi dan dorongan dari hatilah yang membuat Anda ‘bergerak. Bayangkanlah betapa nikmatnya Anda bila berhasil mencapai target dan menjadi sukses. Bayangkan Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda sukai setelah mencapai target tersebut. Bayangkan pula hal buruk yang akan menimpa Anda jika gagal meraihnya, betapa malunya Anda dibanding orang-orang lain yang berhasil. Anda bisa menjadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi untuk diri sendiri. Dengan pola pikir seperti itu, Anda tidak akan membiarkan diri Anda jatuh kedalam kegagalan dan akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindar dari kegagalan dan mencapai target Anda.

Tulis Daftar Target Anda

Hanya menyimpan hal-hal penting untuk bisnis Anda di dalam kepala tidaklah cukup. Seiring berjalannya waktu, akan muncul banyak hal-hal yang akan mengubah tujuan utama Anda, atau bahkan membuyarkan fokus Anda terhadap target tersebut.

Untuk itu, Anda perlu menulis target tersebut dan meletakkannya ditempat yang bisa selalu Anda lihat. Dengan menulis inipun, Anda bisa membuat kerangka untuk langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mencapai target tersebut.

Jangan Mengharapkan Hasil yang Berbeda dari Cara yang Sama

Lakukanlah evaluasi terhadap hal-hal yang telah menarik Anda menjauhi keberhasilan. Anda harus mencari cara baru jika cara yang selama ini Anda lakukan tidak memberikan hasil. Jika Anda tetap melakukan cara yang sama, Anda tidak akan bisa maju kelangkah selanjutnya untuk menuju pencapaian target Anda.

Beranikan Diri

Salah satu pola kegagalan adalah selalu mencari alasan. Alasan-alasan tersebut biasanya muncul dipikiran Anda karena ketakutan yang ada dalam pikiran Anda. Misalnya, Anda memiliki target untuk bekerjasama dengan mitra baru untuk mengembangkan bisnis, tapi tidak Anda mulai karena takut merasa tidak cocok, takut ditipu, dan takut menghadapi resiko lainnya.

Ikutilah slogan “just do it”, jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif yang sebenarnya bisa Anda atasi.

Buatlah Time Table yang Realistis

Gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Terlalu banyak target yang harus dicapai dalam waktu yang sempit akan menyebabkan banyak target yang tidak tercapai. Buatlah time table untuk setiap action plan yang Anda buat. Sesuaikan waktu dan SDM yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu project dengan beban dan tingkat kesulitan yang dihadapi. Jangan terlalu memaksakan jika terlihat tidak memungkinkan, yang bisa saja malah membuat Anda ‘keteteran’.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller