Tingkatkan Review Positif Toko Anda dengan 5 Langkah Mudah Ini

90% pelanggan online mengandalkan review dari pelanggan lain untuk membuat keputusan pembelian saat berbelanja. Dengan perkembangan teknologi saat ini, pasar dapat membentuk konsumen menjadi lebih konsumtif, kritis, dan informatif. Persaingan pasar yang cukup ketat memaksa konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Salah satu indikator yang diperhatikan pembeli saat mereka membeli produk adalah review dari produk itu sendiri. Konsumen akan berusaha untuk mencari informasi terkait dengan produk tersebut melalui pengalaman berbelanja orang lain. Hal tersebut dilakukan oleh pembeli untuk meyakinkan diri mereka bahwa produk yang dibelinya itu memang berkualitas dan mempunyai reputasi yang baik.  

Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis online Anda harus benar-benar memperhatikan review produk yang diutarakan oleh konsumen. Jangan sampai review yang dibuat konsumen berakibat pada jatuhnya reputasi toko Anda. Untuk menghasilkan review yang positif dari konsumen, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan.

5 Langkah Mudah Tingkatkan Review Positif Toko

  1. Prioritaskan Pembeli Anda

Kesuksesan toko Anda bergantung pada tingkat kepuasan setiap konsumen yang berbelanja. Oleh karena itu, berusahalah untuk memperlakukan mereka sebagai prioritas Anda. Bangunlah komunikasi yang harmonis antara Anda dengan konsumen. Dengan kenyamanan dan keramahan tersebut, konsumen pastinya akan lebih mudah untuk memberikan review positif kepada Anda.

  1. Utamakan Kejujuran

Pastikan apa yang diberikan kepada konsumen selalu sesuai dengan apa yang Anda janjikan kepada mereka. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap Anda. Jangan sampai Anda membangun image jelek di mata konsumen hanya karena berbohong.

  1. Selalu Follow up

Selama proses transaksi, pastikan Anda selalu berkomunikasi dengan konsumen dari awal hingga akhir transaksi. Berikan informasi-informasi terupdate terkait produk kepada konsumen, agar mereka merasa aman saat bertransaksi dengan Anda. Mengupdate informasi juga merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Anda kepada konsumen, dengan begitu mereka tidak segan-segan untuk memberikan review yang positif kepada Anda.

  1. Hadapi Review Negatif

Semakin berkembangnya bisnis pasti akan muncul review negatif yang tidak bisa Anda hindari. Bila hal tersebut muncul, jangan pernah berniat untuk menghindari. Usahakan untuk responsif dalam menanggapi review tersebut. Anda bisa menangani hal tersebut dengan memberikan permintaan maaf pada konsumen tersebut atau dengan memberikan gift atau hadiah sebagai bentuk penyesalan Anda kepada mereka. Dengan demikian, Anda menunjukkan bahwa konsumen adalah bagian penting dalam bisnis Anda.

  1. Jangan takut bertanya

Dalam setiap transaksi, Anda pasti pernah menghadapi konsumen yang tidak mau memberikan review. Bila hal tersebut terjadi, cobalah beranikan diri bertanya kepada mereka untuk memberikan review pada produk atau toko Anda. Jika mereka tetap tidak mau, tanyakan alasannya dan berikan penjelasan betapa pentingnya review tersebut bagi Anda. Dan bila ternyata mereka tidak menyukai produk Anda, berikan mereka pengertian dan permintaan maaf sebagai wujud penyesalan Anda.

Tips-tips di atas bisa  dilakukan untuk meningkatkan review positif pada toko Anda! Yuk, tingkatkan review positif dan dapatkan reputasi toko yang semakin baik di Tokopedia!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller