Tips Sukses Kak Irfan: Bisnis Bermanfaat Untuk Diri Sendiri & Sekitar

Hai, Seller! Sebelum menentukan resolusi di tahun 2020, ada baiknya kita merefleksi apa yang sudah terjadi di tahun 2019 ini. Buat apa sih kalian kerja keras berbisnis di Tokopedia? Ada yang udah tau jawabannya? Yuk simak cerita dan tips singkat dari Kak Irfan pemilik FORDZA Shop.

Kenalan dengan FORDZA Shop

Kak Irfan pemilik dari FORDZA Shop ini bercita-cita untuk memproduksi sepatu kulit untuk pria dengan harga terjangkau dan asli buatan orang Indonesia. Hingga kini FORDZA Shop sudah memiliki berbagai varian produk, mulai dari sandal, sneakers, hingga pantofel. 

Pencapaian

Toko Fordza Shop sudah berhasil menjual lebih dari 29 ribu produk dan memiliki reputasi toko Diamond I. Berkat usahanya di bidang sepatu ini, Kak Irfan bisa meningkatkan kondisi ekonomi keluarganya serta orang-orang di sekitarnya. Bahkan Kak Irfan juga membuka banyak lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitarnya, terutama para perajin sepatu kulit. Bagi kak Irfan, bermanfaat bagi sekitar lebih memuaskan dibandingkan sukses sendirian. 

Tips bisnis dari Kak Irfan

  1. Bisnis harus dinikmati prosesnya

    Menurutnya, sukses itu adalah proses yang panjang. Kadang kita harus jatuh dulu dan belajar dari pengalaman. Oleh karena itu, jangan memaksakan hasil yang instan dalam bisnismu. Nikmati setiap prosesnya dengan senang hati.
    space

  2. Biar mudah dicari pembeli, ada tips dalam memberikan nama produk

    Ada beberapa cara untuk memberikan nama produk yang mudah ditemukan oleh pembeli.
    –  Cari referensi nama produk berdasarkan saran Tokopedia
    Rumus : Jenis produk + Merek + Keterangan
    Baca juga: Pentingnya Memberi Nama Produk dengan Benar dan Akurat
    space
    – Untuk mencari keywords atau kata kunci yang sering dicari pembeli, gunakan bantuan dari Google Keywords, Ubersuggest, Keyword Tool, atau Smallseotools. Beberapa tools tersebut ada yang gratis, tetapi ada juga yang berbayar.
    space
    Lakukan riset dari kompetitormu, cari tahu bagaimana mereka menamai produknya. Kemudian, gunakan halaman pencarian di Tokopedia dan ketikkan judul produknya. Jika nama produk kompetitor mudah dicari saat kamu cari, kamu bisa melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Lihat bagaimana mereka menamakannya, lalu aplikasikan ke penamaan produkmu.
    space
    Misalnya, nama produk kompetitor : Sepatu Kulit Pria 505
    Nama produkmu: Sepatu Kulit Pria Geovanne 2.0
    space

  3. Tips menulis deskripsi produk yang menarik

    Tonjolkan keunikan dari setiap produk
    Setiap produk pasti memiliki keunikannya masing-masing, misalnya ada yang dari kulit asli, tahan air, dan sebagainya. Kamu harus menonjolkan hal tersebut, jadi pastikan setiap produkmu deskripsinya berbeda. Jika semua sama atau hanya copy paste, pembeli tidak bisa membedakan produkmu dan membuatnya tidak tertarik.
    space
    Buat deskripsi produk dengan jelas dan sesingkat mungkin. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele. Jelaskan tentang bahan produkmu, ukuran, varian warna, serta cara membeli produkmu.
    space
    Gunakan bahasa yang mudah dimengerti sesuai target pasarmu. Misalnya kamu menjual produk pantofel, kemungkinan yang membeli adalah orang tua dan pekerja kantoran. Gunakan bahasa yang sopan, tetapi tidak terlalu formal. Sementara untuk produk-produk sneakers, kamu bisa gunakan bahasa yang lebih santai.
    space
    Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Fashion yang Ampuh Memikat Pembeli

Kamu ingin sukses seperti Kak Irfan dari Fordza Shop? Ayo mulai aja dulu jualan di Tokopedia!

WUJUDKAN MIMPIMU SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller