Bincang Sukses Berbisnis Fashion Bareng Seller Diamond Tokopedia

Hai, Seller! Baru memulai bisnis fashion di Tokopedia? Kalau jawabannya iya, artikel ini pas banget nih buat kamu. Beberapa waktu lalu, tim Tokopedia baru aja ngobrol-ngobrol bersama salah satu Seller Tokopedia yang memiliki reputasi Diamond, yaitu Pak Rohman dari toko Oxprey59.

Pak Rohman mulai berbisnis fashion di Tokopedia tahun 2017 dan kini tokonya sudah memiliki badge Diamond I dengan penjualan hampir 40 ribu produk. Setiap harinya Pak Rohman bisa menjual 50 hingga 200 produk baju ataupun sweater. Bahkan, beliau sudah pernah mengirim produk hingga ke Amerika dan Hongkong.

Baca juga: Cari Tahu Potensi Bisnis Fashion di Tokopedia

Tips sukses bisnis fashion ala Pak Rohman (Oxprey59)

Berikut beberapa ilmu sukses yang bisa kamu pelajari dari Pak Rohman:

Bagaimana tips membangun bisnis fashion di Tokopedia?

  • Percaya terhadap kualitas tokomu sendiri.
    Selalu berikan sesuatu yang bisa menjadi nilai unik tokomu dari toko lainnya. Misalnya apakah dari segi pelayanan (garansi produk), harga (menjual produk termurah), atau dari segi kualitas (menggunakan bahan-bahan terbaik).
  • Percaya terhadap kualitas produkmu.
    Jika produk yang dijual bagus dan berkualitas, Pak Rohman percaya pembeli akan datang dengan sendirinya. Pastikan produk yang kamu jual berkualitas atau setidaknya sesuai dengan kebutuhan target pasar yang kamu tentukan. Misalnya, jika kamu mengincar pasar kelas atas dengan harga tinggi, gunakan bahan-bahan premium dan desain yang juga elegan.
    space
    Untuk pasar kelas menengah ke bawah, gunakan juga bahan-bahan yang berkualitas, tetapi dengan harga yang masih terjangkau. Selain itu, kamu juga harus percaya diri saat menggunakan atau mempromosikan produkmu ke masyarakat.
  • Lebih baik fokus pada pembeli daripada fokus pada kompetitor.
    Persaingan dan tren akan selalu berubah, jika terus menerus mengikuti tren, kamu bisa kewalahan atau kehabisan modal. Sebaiknya kamu fokus pada pembelimu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak pembeli loyal maupun pembeli baru. Penjualanmu akan datang dari pembeli loyal yang sudah percaya akan kualitas produk dan pelayanan dari tokomu. 

Baca juga: Tertarik Bisnis fashion? Ini Tips Buat Mulai Aja Dulu!

Bagaimana tips membangun kepercayaan dari pembeli?

Seller pemula sangat butuh membangun kepercayaan dari pembeli. Pak Rohman memiliki beberapa strategi yang beliau terapkan di toko Oxprey59:

  • Berikan garansi 100% jika produk tidak sesuai, kualitas kurang memuaskan pembeli, atau ada kesalahan dari pihak toko.
  • Selalu cek kondisi barangmu sebelum menyerahkannya ke pihak kurir.
  • Jika invoice tidak sesuai dengan barang pesanan, toko Pak Rohman berani memberikan gratis satu buah t-shirt.
  • Pesanan baru selesai jika sudah di tangan pembeli, jadi lakukan tracking saat barangmu sedang diantar kurir. Lalu, berikan update pada pembeli.

Pelayanan seperti ini terbukti ampuh untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

Bagaimana tips mencari supplier yang tepat?

Kamu bisa mencari channel mulai dari teman atau kenalan teman. Selain itu, Pak Rohman sering mendapatkan kenalan supplier atau vendor saat sedang jalan-jalan. Ketika Pak Rohman melihat ada toko yang menjual baju dengan bahan yang bagus, beliau langsung bertanya-tanya dan mencari tahu dari mana supplier-nya. Setelah itu Pak Rohman akan mengcek lagi bagus atau tidaknya supplier tersebut.

Ada beberapa kriteria saat Pak Rohman mencari supplier yang tepat untuk diajak bekerja sama.

  • Pertama dari segi pengalaman. Sudah berapa lama supplier tersebut melakukan bisnisnya.
  • Kedua kemampuan supplier tersebut dalam menyediakan barang. Sesuaikan dengan jumlah pesanan atau target penjualan tokomu. Jangan sampai pesanan membludak, tetapi supplier-mu tidak siap menyediakan barang.
  • Ketiga ada tidaknya garansi yang diberikan jika ada kerusakan barang. Pak Rohman mengutamakan supplier atau vendor yang mau memberikan garansi.

Bagaimana cara meningkatkan produkmu di halaman pencarian?

Dalam memberikan judul produk, gunakan analisa dari Google Keyword Planner atau semacamnya. Kadang ada yang gratis, ada juga yang bayar. Selain itu, kamu bisa mencari kata kunci di Wawasan Kata Kunci Tokopedia.

Baca juga: Pentingnya Memberi Nama Produk dengan Benar dan Akurat

Bagaimana cara promosi produk fashion yang paling ampuh?

Kalau untuk toko Oxprey59, Pak Rohman menggunakan beberapa cara:

  • Beliau pasti menggunakan TopAds untuk mempromosikan produk. Namun, penggunaannya harus dievaluasi secara berkala sampai dapat formula yang paling pas.
  • Toko Oxprey59 menggunakan fitur Bebas Ongkir dari Tokopedia untuk membuat pembeli lebih untung karena tidak perlu membayar ongkir.
  • Pak Rohman memberikan promo khusus dari tokonya, misalnya Promo Buy 1 Get 1.

Poin-poin penting apa saja yang harus ada di dalam deskripsi produk?

Bagian deskripsi produk memegang peranan penting dalam bisnis fashion. Faktanya, setelah melihat foto, pembeli akan melihat deskripsi barangnya supaya makin yakin.

  • Masukkan penjelasan singkat tentang tokomu. Isinya tentang nilai apa yang tokomu tawarkan dan seberapa meyakinkannya tokomu.
  • Jelaskan dengan lengkap tentang produk yang kamu jual. Mulai dari desain, bahan, varian warna, ukuran, hingga ketersediaannya.
  • Sertakan juga link produk lainnya serta dan cara pemesanannya. Hal ini bisa saja memancing pembeli untuk membeli lebih dari satu barang.

Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Fashion yang Ampuh Memikat Pembeli

Apa yang harus dilakukan jika penjualan sedang sepi?

  • Sadar bahwa yang namanya bisnis pasti naik turun. Jadi harus tetap tenang dan nikmati prosesnya.
  • Lakukan evaluasi terhadap produkmu. Kamu bisa melihatnya dari komplain yang masuk. Cari tahu apa yang harus diubah atau apa yang harus ditambahkna. 
  • Launching produk baru dan masukkan ke bagian produk unggulan.
  • Gunakan TopAds untuk menaikkan produkmu lagi. Jangan ragu untuk mempromosikan produkmu meskipun sedang turun. 

Ingin sukses berbisnis fashion seperti Pak Rohman? Jangan ragu-ragu lagi, ayo buka toko sekarang dan bangung bisnismu bersama Tokopedia.

WUJUDKAN MIMPIMU SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller