Cara Sukses Menjadi Reseller Online

Tips Reseller Online – Bisnis online merupakan jenis bisnis yang memiliki banyak keuntungan. Selain menghemat budget tempat atau toko, juga terdapat banyak peminat karena kemudahannya. Dalam bisnis online ada yang menjadi produsen, dropshipper hingga reseller. Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari supplier.

Menjadi reseller juga bisa mendapatkan banyak keuntungan, namun menjadi reseller online tidak hanya duduk dan upload foto produk saja. Dengan menjamurnya reseller online, Anda harus memikirkan bagaimana cara agar menjadi reseller yang dapat menggaet calon konsumen. Untuk itu, yuk simak cara sukses menjadi reseller online!

Tips Menjadi Reseller Online

  1. Pelajari Kompetitor

Kemudahan teknologi dan informasi tentu mempengaruhi munculnya reseller online. Dengan adanya kompetitor produk sejenis, tentunya akan membuat persaingan menjadi ketat. Jika pembeli lebih membeli produk di toko kompetitor Anda, hal ini akan membuat perputaran barang menjadi lambat.

Cara yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan review terhadap kompetitor secara berkala, mulai dari harga produk mereka, kualitas produk mereka, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kalah saing dari kompetitor. 

Baca juga: Ternyata Ini yang Bisa Kembangkan Bisnismu di Tengah Persaingan

  1. Lakukan Riset

Hal ini penting dilakukan sebelum Anda mendapatkan supplier. Riset bagi supplier tentunya akan membawa banyak keuntungan. Hal-hal yang harus Anda cari tahu lebih dalam adalah harga produk dari supplier, cari yang murah agar keuntungan Anda lebih besar.

Namun, murah saja tidak cukup, Anda juga harus memperhatikan kualitas produknya, caranya adalah dengan membeli sample produknya terlebih dahulu. Jangan membeli banyak produk saat pertama kali bertemu supplier, terutama jika Anda membelinya secara online yang mana kualitas barangnya tidak dapat dilihat langsung. 

Baca Juga: Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda

  1. Berikan Promo Menarik

Pada waktu-waktu tertentu ada baiknya kita mengadakan promo yang menguntungkan konsumen. Hal ini akan membuat mereka lebih tertarik untuk berbelanja di toko Anda, bagi mereka yang pernah berbelanja atau yang belum pernah berbelanja di toko Anda.

Setelah melakukan pembelian, akan memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian ulang, atau memungkinkan mereka menjadi pelanggan yang loyal, karena mereka merasa diuntungkan dengan promo di toko Anda.

  1. Tetapkan Harga yang Sesuai

Hindari mematok harga terlalu mahal, kamu harus melihat kondisi pasar terlebih dahulu sebelum menetapkan harga. Jika terlalu mahal dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran, tentunya akan membuat pembeli tidak tertarik berbelanja di toko kamu dan mereka akan berbelanja ke reseller online lain yang menjual produk lebih murah. 

Dengan harga yang rendah, memang keuntungan yang kamu dapatkan tidak akan terlalu besar, namun hal ini akan mempercepat perputaran barang dan keuntungan.

  1. Gunakan Sosial Media

Promosi yang paling mudah dilakukan dan tanpa modal yang besar adalah media sosial. Buatlah akun khusus untuk toko online kamu. Jangan lupa lampirkan foto testimoni agar toko kamu dipercaya konsumen. Penuhi sosial media dengan foto yang menarik, agar terbangun engagement antar konsumen dengan toko kamu. 

Pilih media sosial yang tepat, yaitu yang media sosial banyak digunakan oleh target pasar kamu. Kamu bisa mengetahuinya melalui riset di internet. Setelah mengetahui media sosial mana yang paling sering digunakan oleh target pasar, gunakan media sosial tersebut untuk mempromosikan produkmu.

Baca Juga: Bisnis Sukses dengan 7 Strategi Berjualan Dropship

Itulah cara-cara sukses menjadi reseller online. Bagaimana? Apakah kamu sudah menerapkan hal-hal di atas? Kalau belum, wajib kamu coba ya! Semoga artikel ini bermanfaat untukmu dan bisa meningkatkan jumlah pembeli toko online kamu.

Yuk jangan ragu buka toko di Tokopedia, dan nikmati berbagai keuntungan dengan menjadi seller Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller