Sosial Media: Tempat Promosi Paling Ampuh dan Terbaik

Promosi Toko Melalui Sosial Media – Di era digital saat ini, media sosial bukan hanya digunakan untuk mengekspresikan diri, namun juga promosi produk yang tidak lepas dari sosial media. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti tingginya pemakaian sosial media pada target market hingga berbagai kemudahan yang diberikan melalui sosial media.

Untuk itu, sebagai Seller seharusnya kita dapat memanfaatkan sosial media sebagai media berpromosi. Selain mudah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan budget tambahan, karena hanya bermodal handphone dan internet. Agar dapat memanfaatkan sosial media secara maksimal untuk tokomu, yuk simak tips promosi toko melalui sosial media berikut ini! 

Tips Promosi Toko Melalui Sosial Media

  • Riset

Riset merupakan hal yang kesannya tidak penting, namun sebenarnya sebelum kamu memulainya di sosial media, kamu sangat perlu untuk mengadakan riset. Sebelum membuat sosial media untuk toko kamu, kamu harus tahu sosial media apa yang digunakan oleh para calon pembeli alias target pasar kamu. Akan menjadi sia-sia nantinya jika pesan yang kamu tampilkan di sosial media tidak sampai ke mereka. Riset ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pencarian keyword di Google, misalnya kamu ketik keyword dari produk yang kamu jual, lalu simpulkan di sosial media mana toko dari produk tersebut memiliki banyak interaksi dengan konsumennya. 

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

  • Mengadakan Kuis atau Giveaway

Kuis atau giveaway merupakan salah satu cara yang tepat untuk mempromosikan toko Anda di sosial media. Anda hanya perlu modal untuk memberi hadiah kepada pemenang. Kuis sendiri bisa dikemas dengan berbagai bentuk, usahakan kemas dengan menarik agar target pasar kamu mau berpartisipasi.

Keuntungan dari mengadakan kuis adalah dapat meningkatkan impression yang tinggi dari konsumen toko kamu. Selain itu, melalui kuis akan timbul engagement yang membuat konsumen merasa dekat dengan produk yang kamu jual. Gak cuma itu aja, dengan kuis ini juga akan menjaring orang-orang yang belum mencoba dan mengetahui produk kamu sebelumnya lebih banyak lagi, karena semua orang suka hadiah!

  • Berikan Informasi Bermanfaat

Alangkah lebih baik jika konten sosial kamu variatif, alias tidak seputar produk-produk kamu saja. Kamu dapat memberikan informasi tambahan berupa fakta unik dan informasi lainnya yang dapat menarik perhatian pengikut kamu di sosial media. 

Misalnya, jika kamu menjual produk handphone kamu dapat memberi informasi seputar fakta, sejarah, serta informasi terbaru terkait teknologi. Pasti hal ini akan membuat sosial media kamu memiliki nilai lebih di mata konsumen. 

  • Memasang Iklan

Memang, fitur-fitur dalam sosial media gratis alias tidak berbayar. Namun sosial media seperti Facebook dan Instagram punya fitur untuk memasang iklan lho. Tidak ada salahnya jika kamu mengeluarkan modal lebih untuk menggunakan fitur ini. 

Fitur ini dapat menjangkau calon konsumen kamu lebih luas yang tentunya dapat meningkatkan pembelian di toko kamu. Sebelum memasang iklan, usahakan pilih sosial media yang tepat yang digunakan oleh target pasar kamu. 

Baca juga: Cara Memaksimalkan Iklan TopAds agar Persentase Klik Meningkat

  • Gunakan Hashtag

Walaupun terkesan sepele, penggunaan hashtag sangat berpengaruh, lho untuk toko kamu. Hashtag berperan penting saat seseorang mencari sesuatu dan dapat menemukan toko kamu walaupun mereka bukan follower dari sosial media kamu.

Namun, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menggunakan hashtag. Ambil kata-kata yang relevan dengan produk kamu agar tidak menjadi spam dan mengganggu followers kamu.

Baca juga: Tips & Trik Pemasaran Bisnis dengan Budget Terbatas

Itulah Sellers, 5 tips promosi toko kamu melalui sosial media. Mudah bukan? Jangan lupa untuk menerapkan hal-hal di atas untuk sosial media toko kamu. Dengan promosi yang maksimal, akan berpeluang calon pembeli melirik toko kamu. 

Belum punya toko di Tokopedia? Yuk, buka toko sekarang!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller