Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Admin toko
  2. Cara Merekrut Admin Toko Andal Agar Kinerjanya Optimal

Cara Merekrut Admin Toko Andal Agar Kinerjanya Optimal

Simak panduan memilih Admin Toko yang pas dengan kebutuhan tokomu sehingga operasional toko lebih optimal

Diperbarui 18 Aug • Baca 2 menit

Hai, Seller! Akhir-akhir ini kamu mendapat pesanan yang membludak dari pembeli? Ini bisa jadi salah satu tanda bahwa toko kamu sedang mengalami perkembangan. Untuk tetap menjaga kualitas pelayanannya, kamu bisa mempekerjakan admin toko, lho. Namun, mendapatkan admin toko online nggak bisa asal pilih nih, karena paling tidak admin harus paham teknologi digital.

Kriteria apalagi yang kira-kira dibutuhkan seorang admin toko untuk bikin toko kamu makin optimal? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Baca juga: Kelola Toko Bisa Dijamin Aman Pakai Fitur Admin Toko

1. Tentukan kriteria dari masing-masing peran admin toko

Salah satu faktor rekrutmen yang buruk disebabkan oleh ketidaksesuaian kebutuhan pekerjaan dengan kemampuan. Hal ini dapat terjadi karena minimnya kejelasan tujuan pekerjaan. Dibutuhkan adanya keseimbangan antara hard skill, soft skill, dan culture-fit. Untuk posisi yang kita butuhkan, cobalah untuk menyusun daftar seperti ini:

article

2. Uji keterampilannya

Sebelum menentukan orang yang cocok untuk menjadi admin toko, uji keterampilan para calon admin tokomu terlebih dahulu. Analisis bagaimana mereka melakukan pekerjaannya dan apakah sudah sesuai dengan kualifikasi? Misalnya, cara mereka membalas pesan pembeli, atau cara mengatur keuangan toko. Jika sesuai, maka kamu sudah bisa menentukan jika mereka cocok menjadi admin tokomu.

3. Berikan pelatihan dasar dalam mengoperasikan toko online-mu

Setelah memilih admin toko, jangan langsung memberikan mereka pekerjaan, ya, Seller. Mereka perlu beradaptasi dan memahami segala komponen dan fitur yang ada di tokomu. Berikan pelatihan dasar selama beberapa hari sebelum melakukan pekerjaan, ya.

article

Baca juga: Tips Jadi Admin Toko Online yang Cekatan di Tokopedia

4. Berikan informasi lengkap tentang produk-produkmu

Berikan pemahaman mendetail mengenai produk yang kamu jual. Hal ini dilakukan supaya jika ada pertanyaan dari calon pembeli, admin tokomu bisa dengan mudah dan profesional menjawabnya tanpa harus bertanya kepadamu.

5. Ajak berkolaborasi dengan peran admin toko lainnya

Menjadi admin toko online perlu berkolaborasi dan komunikasi dengan baik terhadap admin toko lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan operasional toko dan meminimalisir adanya kelalaian. Buatlah grup WhatsApp yang berisi semua admin tokomu untuk memudahkan berkolaborasi.

6. Tentukan kontrak kerja

Kontrak kerja sangat penting untuk menandakan apa saja hak dan kewajiban pekerja dan pemilik bisnis sebagai sarana manajemen ekspektasi dari kedua belah pihak termasuk besaran gaji yang akan diterima oleh admin tokomu. Kontrak ini bersifat mengikat, sehingga jika ada salah satu pihak yang menyalahi aturan yang telah disepakati, kontrak dapat bersifat sebagai dokumen pendukung dalam proses penyelesaian sengketa.

Nah, itulah tips memilih dan mengatur admin toko online. Untuk mengatur operasional toko, kamu bisa menggunakan fitur Admin Toko. Tenang, fitur ini dijamin aman karena kamu bisa menentukan peran dan tugasnya. Jadi, baik Seller maupun admin sama-sama nyaman dalam mengelola toko. Coba, yuk!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Pahami 8 Peran Admin Toko Banyak yang BARU Nih!

Admin tokoDiperbarui 14 OctBaca 2 menit
top description

8 Tips Jadi Admin Toko Online Andal di Tokopedia

Admin tokoDiperbarui 06 OctBaca 2 menit
top description

Cara Merekrut Admin Toko Andal Agar Kinerjanya Optimal

Admin tokoDiperbarui 18 AugBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual