#TipsEkstra Persiapan Toko Menghadapi Ramadan

Buat kamu yang masih mikir-mikir, ‘Kenapa sih harus gencar banget nyiapin toko buat ngadepin Ramadan? Emang bakal ngaruh banget ya?’ Coba liat dulu ya data di bawah ini:

Selama bulan Ramadan, jumlah transaksi di Tokopedia meningkat hampir sebesar 1.4x lebih banyak.  Yang artinya, potensi penjualan selama Ramadan jauh lebih tinggi daripada bulan-bulan lain. Hal ini penting untuk kamu ketahui supaya bisa menyesuaikan strategi jualan saat Ramadan dengan keadaan yang ada.

Selain jumlah transaksi, ada hal krusial lain untuk diketahui: Kapan biasanya pengguna mengakses Tokopedia selama bulan puasa? Jawabannya ada di bawah ini

Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa pengguna Tokopedia paling banyak mengakses aplikasi dalam kurun waktu 9.00 WIB hingga 16.00 WIB. Oleh karena itu, maksimalkan pelayanan di jam-jam tersebut. Tidak perlu mengubah waktu operasional menjadi jam-jam tertentu seperti jam sahur atau buka puasa, karena jumlah pengunjung Tokopedia pada waktu-waktu tersebut cenderung lebih sedikit.

Jadi, Gimana Caranya Biar Maksimal Jualan Selama Ramadan?

Perhatikan Tren

Setiap tahunnya, selama Ramadan, ada beberapa kategori produk yang mengalami peningkatan permintaan secara drastis, yaitu kategori Gadget, Accesories Handphone, Fashion, Make-up Wajah, Parcel, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih detail mengenai produk apa yang lagi banyak diminati pembeli, Tokopedia menyediakan fitur Wawasan Pasar.

Promosiin Tokomu

Promosikan tokomu untuk meningkatkan kunjungan dengan menaruh link toko di sosial media seperti Instagram, supaya pembeli yang tertarik bisa langsung melakukan transaksi. Selain itu, kamu dapat memasarkan produk dan tokomu dengan menggunakan fitur TopAds, ByMe, dan Voucher Toko.

Aktifkan Lebih Banyak Pilihan Kurir

Aktifkan lebih banyak layanan kurir agar pembeli memiliki berbagai pilihan untuk mengatasi keterlambatan pengiriman (Ini sering terjadi karena banyaknya pesanan yang menumpuk di agen kurir). Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan kurir instant mau pun same day service untuk melayani pembeli yang membutuhkan produkmu dengan cepat.

Selalu Update Stok Barang

Jangan lupa untuk memperbaharui ketersediaan produkmu secara berkala agar pesanan para pembeli tidak dibatalkan!

Siapkan Tenaga Kerja

Tambah tenaga kerja jika merasa kurang supaya toko bisa tetap memberikan pelayanan yang responsif dan cepat. Gunakan fitur Admin Toko yang disediakan Tokopedia.

Dengan melakukan tips di atas, tokomu akan lebih berpotensi menarik calon pembeli dan sanggup menghadapi peningkatan drastris orderan selama bulan Ramadan. Jangan ragu, mulai aja dulu!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller