Tips & Trik Pemasaran Bisnis dengan Budget Terbatas

Cara promosi dengan budget minim – Pemasaran atau promosi dalam sebuah bisnis adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Selain untuk memperlebar sayap pasar dan memperbanyak koneksi, pastinya kamu juga akan meraup untung lebih jika pemasaran kamu sukses.

Pada umumnya, bisnis yang baru bergerak pastinya mempunyai dana yang tidak cukup besar untuk dialokasikan kepada pemasaran produk. Oleh karena itu, kamu pastinya harus tahu strategi-strategi apa yang cocok untuk pemasaran yang ingin kamu tuju dengan pengeluaran dana yang efisien. Berikut ini tips dan trik pemasaran bisnis dengan budget terbatas!

Tips & Trik Pemasaran Bisnis dengan Budget Terbatas

Personal Branding

Personal branding termasuk dalam pemasaran dan pastinya bisa dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. Contoh kecilnya adalah kamu dapat mempromosikan tokomu secara langsung kepada teman-teman. Kamu juga dapat mempromosikan jualan kamu melewati sosial media. Jika kamu merasa promosi melalui sosial media tanpa bayar kurang memiliki efek yang besar, kamu bisa menggunakan iklan berbayar atau paid ads.

Dengan cara personal branding, pastinya kamu dituntut untuk mempunyai banyak skill, tetapi tantangan ini pastinya bisa kamu lewati dengan adanya kemauan dan keinginan belajar. 

Baca juga: Pentingnya Branding Untuk Bisnis Online

Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial semaksimal mungkin. Instagram sampai Facebook dapat kamu gunakan untuk promosi produk yang kamu jual. Semakin banyak kamu melakukan pemasaran di dalam media sosial, semakin banyak calon pelanggan yang akan datang ke tokomu, baik untuk membeli ataupun hanya melihat-lihat saja.

Jika kamu memiliki biaya lebih, kamu bisa menggunakan influencer untuk mempromosikan toko dan produk-produkmu. Mulai dari micro influencer yang memiliki rate harga lebih kecil dibandingkan influencer-influencer besar. Jangan lupa juga pilih influencer sesuai brand image tokomu.

Baca juga: Tips Memilih Influencer untuk Bisnismu

Jadi Diri Sendiri

Kepercayaan diri sangatlah penting dalam sebuah bisnis. Jika kamu terus melihat rumput tetangga, kapan kamu akan memperhatikan rumput sendiri? Jangan underestimate usaha pemasaran kamu yang tergolong menggunakan biaya kecil. Setiap orang mempunyai jalan masing-masing agar mereka menycapai tujuannya. Oleh karena itu, kamu juga pasti mempunyai jalan sendiri, kan agar mencapai keinginanmu? Terus kembangkan sesuai yang kamu mampu dan jangan terlampau memaksakan diri, karena semua yang dipaksakan pastinya tidak baik.

Gunakan Ide Kreatifmu

Ide kreatif bisa muncul dari mana saja. Kamu bisa mengajak teman-teman untuk berdiskusi dan menemukan banyak sekali ide-ide kreatif. Kamu  tidak perlu lagi membayar ide dari luar untuk menghasilkan ide kreatif bagi promosi bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan segala kemampuan yang kamu miliki dan orang-orang terdekatmu. Hal ini tentu saja akan membantu kamu menekan biaya promosi bisnis.

Memaksimalkan Konten

Ketika bisnis kamu memiliki sebuah platform penjualan untuk menunjang proses promosi yang dilakukan seperti e-commerce, maka kamu juga harus memaksimalkan konten yang ada, seperti teks, gambar, layout, dan foto. Karena biasanya kebanyakan calon pelanggan lebih suka dengan konten yang bagus dan menarik. Buat konten sendiri untuk menekan biaya. Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi biaya kreatif, yang umumnya sangat besar. 

Pilih Platform Penjualan yang Baik

Platform penjualan yang kamu gunakan harus terpercaya dan mudah digunakan. Sudah banyak e-commerce seperti Tokopedia yang menyediakan banyak fitur untuk memudahkan kamu dalam menjalankan bisnismu.

Selain menghemat biaya, biasanya platform seperti e-commerce juga sudah menyediakan tata cara dan sistem yang baik untuk kamu lakukan agar penjualan tokomu dapat berkembang dengan baik. Contoh platform penjualan yang terpercaya seperti Tokopedia memiliki Power Badge . Dengan Power Badge, Tokopedia membantu kamu agar banyak pembeli untuk lebih percaya kepada toko kamu, sehingga toko kamu juga mempunyai traffic yang cukup dan pembelian pastinya meningkat. 

Itu dia tips dan trik pemasaran bisnis dengan budget terbatas. Dengan adanya tips ini semoga kamu dapat mengembangkan bisnis yang kamu tekuni dengan cara yang mudah dan pastinya low budget. Yuk, buka toko di Tokopedia untuk mendukung bisnismu!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller