Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan logistik
  2. Hati Tenang, Kirim Orderan Aman dengan Kurir Instan!

Hati Tenang, Kirim Orderan Aman dengan Kurir Instan!

Simak 5 tips berikut untuk pengiriman aman dengan layanan pengiriman Instan dan Same Day

Diperbarui 16 Mar Baca 2 menit

Pengiriman dengan kurir Instan dan Same Day seperti GrabExpress dan GoSend kini banyak diminati para pembeli karena dianggap sebagai metode pengiriman yang cepat dan juga aman.

Untuk memastikan pengiriman bisa sesuai dengan ekspektasi, perhatikan beberapa hal berikut saat menggunakan layanan pengiriman GrabExpress ataupun GoSend!

Tips Kirim Barang untuk Layanan Pengiriman Instan dan Same Day

1. Keamanan saat menyerahkan barang kepada driver

Untuk menghindari modus kejahatan yang bisa merugikan Seller ataupun pembeli, Seller perlu memperhatikan beberapa hal berikut ketika driver melakukan penjemputan barang.

Penting! Hal yang harus diperhatikan saat menyerahkan paket kepada kurir Instan dan Same Day

  1. Driver resmi dari layanan pengiriman kurir on demand dilengkapi dengan atribut dari layanan pengiriman tersebut.
  2. Driver harus menunjukkan aplikasi driver atas pesanan yang di-request pick up oleh Seller.
  3. Aplikasi driver harus memiliki data yang sama dengan aplikasi Tokopedia (milik Seller). Informasi yang harus sama adalah sebagai berikut:
    1. Nama driver
    2. Nomor resi
    3. Nomor handphone driver
    4. Foto yang tertera pada aplikasi driver dengan driver yang melakukan pick up
    5. Nama tokomu di aplikasi driver
    6. Nama, kontak, dan alamat pengiriman pembelimu
  4. Pastikan KTP yang ditunjukan oleh driver adalah KTP asli yang tidak dilaminating.
  5. Sebelum melakukan penyerahan barang kepada driver, ambil foto driver bersama paket yang dibawa sebagai dokumentasi jika terjadi masalah di kemudian hari. Pastikan label pengiriman atau alamat tujuan pengiriman dihadapkan ke kamera.
  6. Khusus untuk pengiriman dengan kurir GoSend, apabila driver tidak berhasil melakukan pengiriman ke pembeli, driver akan mengembalikan barang ke Seller. Lalu Seller akan menerima One Time Password (OTP). Driver wajib mengisi OTP tersebut sebelum mengembalikan barang dan proses order selesai.
  7. Jangan terima apabila Seller diarahkan untuk melakukan transaksi di luar Tokopedia.

article

2. Pastikan berat dan volume sesuai

Perhatikan apakah kondisi barang cocok untuk dikirim menggunakan layanan pengiriman Instan atau Same Day. Jika barang memiliki volume/berat melebihi 7kg, lebih baik gunakan layanan pengiriman kargo agar lebih terjamin. Selain menghindari risiko kerusakan yang bisa menyebabkan ketidakpuasan pembeli, hal ini juga penting untuk memastikan keselamatan driver selama proses pengiriman.

Baca juga: Kirim barang berat pakai kargo, harga ringan, paket aman

3. Pastikan pengemasan barang sesuai dan dalam keadaan baik

Kamu pasti tahu bahwa banyak pembeli memilih kurir Instan dan Same Day seperti GrabExpress dan GoSend agar barang pesanannya cepat sampai. Khususnya untuk kategori-kategori yang memiliki nilai kepentingan tinggi, seperti alat elektronik, bahan makanan, atau keperluan rumah tangga. Penting bagi Seller untuk memperhatikan keamanan dan kerapian pengemasan produk serta memastikan barang sampai dalam keadaan seharusnya.

Simak tips packaging berikut saat kamu memproses orderan dengan layanan pengiriman Instan dan Same Day:

article

4. Untuk menghindari barang hilang atau rusak karena kurir pengiriman, aktifkan layanan asuransi

Sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, apabila Seller mengaktifkan layanan asuransi, barang akan lebih terjamin keamanannya. Dengan menggunakan layanan asuransi, jika paket dinyatakan hilang atau rusak, baik pembeli ataupun Seller akan diberi kompensasi untuk barang tersebut.

5. Untuk menghindari barang ditolak kurir, pastikan barang sesuai dengan kriteria pengiriman dengan layanan Instan dan Same day

Pastikan Seller menyadari syarat dan ketentuan yang berlaku untuk kurir pengiriman Instan seperti GrabExpress dan Gosend untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kurir menolak paket pada proses pick up. Berikut penjelasannya.

article

Catatan:

  • Khusus untuk yang diberi lambang (*) Seller disarankan untuk mengaktifkan layanan asuransi pengiriman khusus kategori tersebut untuk menghindari risiko kerusakan/kendala dalam proses pengiriman dan juga pastikan packaging paket dalam kondisi yang aman dan sesuai dengan kategori barang.
  • P x L x T adalah keterangan untuk Panjang x Lebar x Tinggi

Skenario:

1. Seller ingin mengirimkan barang berupa tempat sampah besar dengan kurir GoSend dengan kriteria barang sebagai berikut:

Dimensi ( P x L x T ) dalam cm: 45 x 45 x 80 cm

Berat: 15 kg

Walaupun memenuhi kriteria batas berat yang bisa di pick up oleh kurir, tinggi barang melebihi batas ketentuan. Maka, paket akan ditolak oleh driver, sehingga kamu harus mencari driver baru untuk melakukan pick up. Tak menutup kemungkinan driver yang baru akan menolak pick up order jika barang masih di luar batas volume yg bisa di ambil oleh driver.

2. Seller ingin mengirimkan barang berupa meja kayu dengan kurir GrabExpress dengan kriteria barang sebagai berikut:

Dimensi ( P x L x T ) dalam cm: 120 x 10 x 60 cm

Berat: 3 kg

Walaupun memenuhi kriteria batas berat yang bisa di pick up oleh kurir, akan tetapi tinggi dan panjang barang melebihi batas yang bisa diangkut oleh kurir Instan Grab, Oleh karena itu besar kemungkinan paket akan ditolak oleh driver, sehingga driver akan melakukan cancel order, sehingga harus mencari driver baru untuk melakukan pick up.

Apa kerugian yang akan dialami Seller dan pembeli atas kejadian ini?

  • Karena melebihi batas, barangmu berpotensi ditolak berulang oleh driver, sehingga barang pun tak kunjung terkirim dan pembeli menjadi kecewa.
  • Jika dipaksakan untuk dibawa oleh driver pun bisa membahayakan driver dan berpotensi paket rusak. Jika ukuran atau berat barang melebihi batas maksimal, komunikasikan dengan pihak pembeli dan arahkan pembeli untuk memilih pilihan logistik yang tepat.

Pastikan untuk tetap menjaga keamanan barang dan keamanan kurir saat proses pengiriman.

Baca juga: Tips Pilh Layanan Pengiriman Sesuai Jenis Produk

Apa yang terjadi jika tidak menggunakan asuransi?

Jika kamu tidak menggunakan layanan asuransi, risiko jika barang dinyatakan hilang atau rusak akan menjadi tanggungan Seller. Seller hanya akan menerima refund sebesar 10x ongkos kirim. Keterangan lebih lengkap mengenai layanan asuransi Tokopedia bisa kamu baca di sini.

Semoga dengan tips-tips ini pengalaman pengirimanmu dengan layanan pengiriman Instan dan Same Day semakin aman dan menyenangkan, ya!

Apakah informasi ini membantu?

Ya
Tidak

Artikel Terkait

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual