Tips dan Trik Meningkatkan Penilaian Kualitas Produk

Tips Meningkatkan Kualitas Produk (3 min read) – Pelayanan udah maksimal, tampilan toko rapi, dan strategi marketing juga canggih. Namun, kalau kualitas produknya kurang oke, tentu pembeli bakal belok ke toko lain. Tentu kamu nggak mau, kan?

Kalau kualitas produkmu sudah oke, ulasan bagus dari pembeli pasti datang. Gimana sih cara meningkatkan kualitas produkmu? Simak caranya di bawah ini ya.

Pahami definisi dari kualitas produk terlebih dahulu

Kualitas produk bisa dibedakan menjadi dua jenis:

Kualitas produk berdasarkan fungsi dasar

Ketika kamu ingin meluncurkan produk baru ke pasar, tanyakan hal ini terlebih dahulu: “Apakah produk ini bisa menjadi solusi dari sebuah permasalahan?“. Misalnya, untuk card holder berbahan kulit, kualitas dasar yang harus dipenuhi adalah adalah kuat, memiliki minimal empat kompartemen, serta ukurannya pas di kantong celana.

Produk dengan kriteria di bawah standar tersebut biasanya kurang bisa bersaing di pasar. Oleh karena itu, setiap produsen sebaiknya memiliki kriteria standar untuk produk yang akan diluncurkannya berdasarkan riset pasar.

Di tahap ini, pertanyaan yang harus dijawab adalah “Apakah produk ini bisa menyelesaikan masalah yang ada?” atau “ Apakah produk ini bisa membantu atau mudah digunakan oleh konsumen?”.

Kualitas produk berdasarkan kepuasan pembeli

Jika hanya memenuhi kriteria dasar, bagaimana caranya produkmu bisa dibedakan dengan merek lainnya? Oleh karena itu, produkmu harus memiliki nilai tambah atau keunikan yang bisa memuaskan pembeli.

Tanyakan hal ini sebelum kamu meluncurkan produk, “Apakah produk ini memiliki nilai tambah yang membuatnya unik?” atau “Apakah pembeli akan senang membeli produk ini dibanding memilih produk lain?”

Kualitas berdasarkan kepuasan pembeli ini bisa dari berbagai faktor, misalnya kualitas bagus, tetapi harganya lebih murah. Bisa juga fungsinya lebih banyak dibandingkan produk lainnya atau bisa dari segi desain yang lebih keren.

Baca juga: Cara Mendapatkan Review Bintang 5 dari Pelanggan

Tips meningkatkan kualitas produk

Gimana sih caranya meningkatkan kualitas produk?

  1. Dapatkan feedback dari pembeli untuk tahu kekurangan produkmu
  2. Lakukan quality control untuk setiap produk yang kamu buat
  3. Review supplier yang kamu ajak kerja sama
  4. Amati kompetitor

Masih kurang jelas? Yuk, simak penjelasannya!

Dapatkan feedback dari pembeli dan upgrade produkmu secara berkala

Sebagai Seller, sebaiknya kamu aktif menanyakan feedback tentang produkmu, tidak hanya tentang pelayanan toko saja. Kamu bisa menanyakannya lewat chat di Tokopedia atau bisa kirimkan Broadcast Chat juga.

Setelah mendapatkan feedback dari pembeli, atur waktu untuk mendiskusikan keluhan pembeli tersebut. Bisa mingguan atau bulanan. Dari feedback tersebut, pilihlah masukan dari pembeli yang bisa kamu aplikasikan ke produkmu. Inilah caranya produkmu bisa bersaing dan relate dengan kebutuhan pasar.

Lakukan quality control untuk setiap produk yang kamu buat

Tentunya setiap toko memiliki standar tersendiri untuk produk yang diluncurkan. Karena itu lakukan quality control dengan ketat dan pastikan kamu sendiri puas saat menggunakan produkmu. Hindari menjual produk yang dinilai tidak sesuai standar.

Baca juga: Tingkatkan Review Positif Toko Anda dengan 5 Langkah Mudah Ini

Lakukan review terhadap supplier produkmu

Jika kamu masih mengambil barang dari supplier atau distributor, lakukan review secara berkala. Meskipun barangnya dari supplier, tetapi kualitasnya tetap akan mempengaruhi branding tokomu. Karena pembeli membeli dari tokomu, bukan dari supplier-mu. Jangan ragu untuk mencari lebih dari satu supplier dan membandingkan keduanya. Bisa dari segi kualitas, harga, dan pelayanannya.

Amati kompetitor

Selain fokus ke pembeli, sesekali kamu boleh melirik strategi dari kompetitor dan membandingkan produknya. Jika tidak bisa menungguli, minimal kualitasmu sama baiknya dengan kompetitor dan tingkatkan pelayananmu ke pembeli.

Kalau kata Steve Jobs, “Konsumen tidak memandang dari seberapa keras usahamu dalam membuat produk, tetapi konsumen melihat apa yang kamu ditawarkan produk tersebut”. Oleh karena itu, jangan lelah berinovasi dan meningkatkan kualitas produkmu ya, Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller