Pentingnya Kecepatan Pelayanan untuk Kepuasan Konsumen Anda

Jika Anda memposisikan diri sebagai pembeli, hal apa yang paling diinginkan saat proses transaksi? Tentu saja kecepatan proses transaksi. Jika berbelanja di pasar tradisional atau di pusat perbelanjaan modern, pembeli dapat langsung membawa pulang barang yang dibeli. Namun, dalam transaksi online, ada proses pengiriman yang membutuhkan waktu lebih lama.

Kecepatan transaksi jadi salah satu nilai penting dalam pertimbangan calon pembeli atau pelanggan saat berbelanja di toko Anda. Sebelum masuk ke dalam tips, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih jauh mengenai perhitungan kecepatan toko yang ada di Tokopedia.

Di Tokopedia, kecepatan pelayanan toko Anda ditampilkan pada halaman profil toko. Kecepatan Pengiriman Toko adalah waktu pengiriman tercepat toko Anda terhitung dari pesanan masuk sampai dengan waktu Anda memasukkan nomor resi. Kecepatan Pengiriman Toko ini diambil berdasarkan waktu tercepat dalam satu hari (24 jam). Nilai yang ditampilkan di Kecepatan Pengiriman Toko akan di-update setiap harinya. 

Nilai Kecepatan dibagi menjadi 5 tingkatan, yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini: 

Untuk perhitungan kecepatannya, silahkan kunjungi tautan berikut: Klik disini

Nah, setelah mengetahui lebih jauh mengenai kecepatan toko di Tokopedia, berikut merupakan tips untuk meningkatkan pelayanan di toko dengan memperhatikan kecepatan toko Anda.

Tips untuk Meningkatkan Pelayanan di Toko dengan Kecepatan Toko Anda

  • Aktifkan layanan pengiriman instan seperti Gojek, Ninja Express dan Grab

Dengan adanya logistik instan, Anda dapat mengirim barang hanya dalam waktu satu hari. Barang yang akan Anda kirim akan di pick up oleh kurir langsung ke tempat Anda. Selain kemudahan tersebut, layanan pengiriman ini juga dapat lebih  menarik minat pembeli untuk bertransaksi di toko Anda.

  • Download aplikasi Tokopedia

Tokopedia menyediakan aplikasi mobile app untuk smartphone Anda. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat membalas diskusi kapan pun dan dimana pun. Terlebih lagi, aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi ketika ada diskusi yang masuk, sehingga Anda akan langsung mengetahui ketika ada orang yang ingin berdiskusi mengenai produk toko Anda.

  • Periksa notifikasi pesanan secara rutin

Luangkan waktu Anda setiap harinya untuk melihat notifikasi pesanan toko agar tidak ada pesanan yang terlewat. Pesanan yang masuk pun dapat langsung Anda proses sesegera mungkin.

  • Gunakan Fitur Tutup Toko

Jika sewaktu- waktu Anda harus ke luar kota atau sedang berlibur untuk beberapa hari, Anda bisa menggunakan fitur Tutup Toko. Dengan fitur ini, Anda akan terhindar dari reputasi negatif dan dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman.

  • Gunakan Fitur Admin Toko

Ketika pesanan di toko Anda sudah semakin banyak dan tidak dapat  di-handle sendiri lagi, meminta bantuan kerabat atau karyawan untuk mengelola toko adalah solusi yang baik. Namun, memberikan password toko Anda merupakan hal yang berisiko tinggi bagi keamanan toko Anda. Oleh karena itu, Tokopedia menyediakan fitur Admin Toko. Dengan fitur ini, pengelolaan toko dapat lebih efisien dan juga terjaga keamanannya.

  • Review Statistik Kecepatan Toko

Pantau terus statistik kecepatan toko Anda, apakah sudah mencapai nilai yang tinggi? Jika belum, Anda harus menyusun strategi untuk memperbaiki kecepatan respon toko Anda.

Sangat mudah bukan untuk meningkatkan nilai statistik kecepatan toko Anda? Yuk, review kecepatan toko Anda dan segera pikir ulang strategi untuk meningkatkan kecepatan toko!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller