Tips Jitu Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Online

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia sangat menyukai diskusi dan interaksi secara langsung. Kebiasaan ini ternyata juga dibawa ke ranah online. Calon pembeli sering kali bertanya mengenai ketersediaan stok, ukuran, bahan, bahkan sampai ke hal-hal teknis, seperti cara penggunaan produk yang mungkin sudah tertera pada deskripsi. Kadang kala, hal ini dilakukan calon pembeli bukan karena ingin mencari jawaban, namun hanya untuk menjalin komunikasi dengan penjual.

Oleh karena itu, sangat penting memberikan jawaban terbaik dan memuaskan untuk calon pembeli Anda.

Tips Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Online

Tingkatkan kesuksesan bisnis onlinemu dengan membangun komunikasi yang baik, jangan biarkan mereka berpikir bahwa Anda adalah robot ataupun mesin yang otomatis merespon setiap pertanyaan dengan jawaban-jawaban template. Di Tokopedia, komunikasi dengan calon pembeli bisa dibangun melalui fitur pesan pribadi atau diskusi produk. Jangan kesal ketika menerima banyak pertanyaan yang menurut Anda “tidak penting” karena itu adalah tanda bahwa bisnis dan toko online Anda mulai mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Di saat Anda memutuskan untuk mulai berbisnis online, di saat itu jugalah Anda memutuskan untuk menempatkan pembeli di posisi yang lebih penting dibandingkan diri Anda sendiri. Anda pun harus mulai mengambil sudut pandang pembeli setiap kali ingin menentukan langkah tertentu dalam bisnis.

Ketika Anda ingin menyajikan atau mempromosikan produk kepada calon pembeli, bayangkan Anda mengharapkan produk seperti apa yang akan disajikan jika Anda ada dalam posisi mereka. Bayangkan pula produk seperti apa yang akan menarik hati Anda untuk melihat bahkan membelinya jika muncul di hadapan Anda. Ketika Anda ingin menjawab pertanyaan dari calon pembeli, bayangkan respon seperti apa yang Anda harapkan ketika Anda bertanya kepada penjual. Ketika Anda ingin mengemas produk yang akan dikirimkan ke pembeli, bayangkan kemasan seperti apa yang Anda harapkan ketika berbelanja online. Hal-hal sederhana seperti catatan kecil berisi ucapan terima kasih atau balasan review untuk pembeli bisa mempererat engagement yang terbentuk antara Anda dan pelanggan Anda. Hal-hal tersebut mungkin terasa sulit dilakukan dan menjadi salah satu fase terberat dalam bisnis karena menguras waktu, tenaga, bahkan tidak jarang emosi. Namun dari fase inilah Anda bisa mulai membangun reputasi awal yang baik dari bisnis yang sedang Anda rintis.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller