Pentingnya Mengatur Jumlah Stok Produk

Tips Mengatur Jumlah Stok Produk – Hi, Seller! Apa kamu sudah memperbarui stok produkmu secara rutin? Dengan kamu rutin memperbarui stok produk, pembeli jadi mengetahui jumlah barang yang tersedia di tokomu. Rutin memperbarui stok barang juga bisa mengurangi risiko kegagalan transaksi. 

Faktanya, lebih dari 50% pesanan gagal disebabkan oleh stok produk yang kosong. Sangat disayangkan jika kamu gagal memproses orderan hanya karena salah informasi tentang stok produk. Apa lagi sih pentingnya mengatur jumlah stok produk? Mari simak ulasan berikut. 

Alasan Pentingnya Mengatur Jumlah Stok di Setiap Produk

  • Pembeli hanya dapat membeli produk sebanyak jumlah stok yang tersedia.
  • Penjual dapat mengurangi penolakan, pembatalan, dan komplain terkait dengan pesanan pembeli. Setiap masalah yang terjadi pada pesanan pembeli dapat mengakibatkan penalti poin reputasi tokomu. Semakin lancar orderan pembeli, reputasi tokomu tentu semakin baik.

Baca juga: Sistem penalti pengurangan reputasi toko

Sistem Pengelolaan Stok Produk 

Setelah kamu mengetahui pentingnya memperbarui stok produk secara rutin, kamu bisa mulai mengatur stok produk. Ini dia sistem pengelolaan stok produk di Tokopedia yang cukup mudah.

  • Untuk mengelola jumlah stok produk, kamu cukup mengakses daftar produk dari menu Seller Dashboard di Tokopedia dan pilih pengaturan stok pada produk yang diinginkan.
  • Jika stok produkmu terbatas, sistem Tokopedia akan secara otomatis mengurangi jumlah stok produk ketika ada pembelian yang sudah terkonfirmasi.
  • Jika stok produk yang ingin kamu ubah cukup banyak, kini sudah ada fitur Tambah Sekaligus. Dengan fitur ini, pengelolaan informasi produk dapat dilakukan dalam satu halaman.

Baca juga: Cara Mudah Mengubah Informasi Produk dengan Fitur Baru ‘Tambah Sekaligus’

Tips Mengelola Stok Produk

Bagi Seller yang sudah mencoba mengelola stok produk, berikut ini ada beberapa tips yang dapat memudahkanmu dalam mengelola stok produk.

  • Cara yang paling mudah untuk mengelola stok produk adalah dengan memilih Stok Produk Terbatas pada setiap produkmu, lalu masukkan jumlah stok yang tersedia. Hindari penggunaan Stok Selalu Tersedia agar tidak terjadi kegagalan pemenuhan pesanan.
  • Jika kamu memiliki toko offline atau berjualan di platform lain, pastikan stok yang kamu masukkan di Tokopedia lebih rendah dibandingkan jumlah stok aslinya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya transaksi di luar Tokopedia, serta menghindari terjadinya kekurangan stok saat pembeli melakukan transaksi di Tokopedia.
  • Jika kamu sering melakukan restock, pastikan jumlah stok produkmu selalu diperbarui agar tidak kehilangan peluang mendapatkan transaksi.

Berikan pelayanan maksimal kepada pembeli dengan memenuhi orderan mereka, ya seller! Yuk, segera atur jumlah stok produkmu agar pembeli dapat menyesuaikan belanjaannya dengan ketersediaan barang. 

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller