Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Kepuasan pembeli
  2. Tips dan Trik untuk Dapat Ulasan Bagus Agar Usaha Mulus

Tips dan Trik untuk Dapat Ulasan Bagus Agar Usaha Mulus

Mendapatkan ulasan positif dari pelanggan adalah salah satu kunci sukses untuk membangun bisnis di Tokopedia.

Diperbarui 18 May • Baca 2 menit

Mendapatkan ulasan positif dari pelanggan adalah salah satu kunci sukses untuk membangun bisnis di Tokopedia.

“Empat tahun lalu, saya tidak tahu banyak tentang menjalankan bisnis. Tapi saya yakin tentang satu hal: Saya ingin pembeli saya bahagia pada setiap pengalaman yang mereka miliki dengan toko saya, ujar salah satu penjual online yang menjual produk undangan custom.

Dari pernyataan tersebut, terlihat bahwa prinsip layanan pelanggan utamanya sangat sederhana, yaitu selalu memastikan pembeli dilayani dengan baik saat sedang melakukan pembelian bahkan hingga transaksi selesai, terlepas dari skala pembelian yang mereka lakukan.

Yuk, kita lihat beberapa tips dan trik yang bisa kamu praktekkan agar mendapatkan ulasan bagus!

Tips Mendapatkan Ulasan Bagus dari Pembeli Toko Online

1. Perlakukan Setiap Pembeli Seperti Mereka adalah Pembeli Pertamamu

Keberhasilan tokomu tergantung pada orang-orang yang berbelanja di tokomu. Usahakan untuk tidak pernah membiarkan pesanan hanya lewat tanpa ada pendekatan secara pribadi. Ungkapkan rasa terima kasih kamu, karena ucapan terima kasih atau biasa disebut “thank-you note” tidak hanya merupakan cara yang bagus untuk menyampaikan seberapa besar kamu menghargai dukungan mereka. Selain itu, pembeli juga akan merasa “dihargai” oleh kamu sehingga besar kemungkinan mereka akan mendahulukan tokomu dibanding yang lain ketika ingin melakukan pembelian selanjutnya.

2. Jadilah Toko yang Jujur

Ketika kamu fokus pada pengambilan foto produk yang menarik dan penulisan deskripsi produk yang memikat, kamu dapat dengan mudah mengabaikan pertanyaan-pertanyaan penting ini; “Apakah pembelimu benar-benar tahu apa yang akan mereka terima setelah melihat daftar produkmu?”. Foto dan deskripsi produk harus menetapkan harapan yang jelas untuk pembelimu. “Apakah foto produkmu menampilkan ukuran setiap produk dan apa yang akan disertakan dengan pembelian mereka? Apakah deskripsi produkmu menjawab pertanyaan yang mungkin pembeli ajukan?”. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mencantumkan kebijakan atau syarat dan ketentuan tokomu.

3. Menangani Kesalahan dengan Segera

Kesalahan sangat mungkin terjadi, tidak peduli seberapa keras kita mencoba untuk mencegahnya. Tanyakan pada dirimu, apakah layak berdebat dengan pembeli? Apa solusi yang akan kamu inginkan jika situasinya terbalik? Ini adalah aspek yang paling menyakitkan dalam menjalankan bisnis terutama online, meskipun solusi yang terbaik sering tidak masuk akal, usahakan untuk memberi pembeli apa yang mereka cari, dan lakukan pendekatan dengan cara-cara untuk mencegah masalah yang sama terjadi di masa depan. Meskipun hal ini tidak semudah kedengarannya, namun bisa dikatakan bahwa apa yang mungkin awalnya terasa seperti kehilangan dapat menghasilkan keuntungan yang berharga ke depan.

4. Tanyakan Pada Diri Sendiri, “Apakah ada hal lain yang bisa saya lakukan?”

Mulailah dengan mengetahui secara jelas target pasarmu. Sehingga kamu tahu apa yang mereka cari dan bagaimana untuk menyenangkan mereka. Akibatnya, kamu mampu membuat strategi yang dapat memenuhi kebutuhan unik mereka untuk memastikan hasil terbaik. Pikirkan tentang apa lagi yang dapat kamu lakukan kepada pembelimu untuk memastikan pengalaman yang luar biasa mereka saat berbelanja. Hal ini sering bermanifestasi dalam bagaimana kamu membungkus pesanan, misal pada toko undangan custom, kamu dapat menyertakan kartu kecil sebagai hadiah pernikahan atau menyertakan catatan tulisan tangan memberi selamat pasangan pada pernikahan pelanggan mendatang. Lagipula, siapa yang tidak senang menerima bonus berkesan pada pesanan mereka?

5. Selalu Menindaklanjuti

Strategi untuk mem-follow up pembeli setelah pesanan diproses sangat bagus untuk sejumlah alasan. Pertama, secara tidak langsung membuat pembeli untuk mengingatkan kamu jika mereka memiliki masalah dengan pesanan mereka, sehingga kamu dapat menyelesaikan masalah sebelum mereka meninggalkan review negatif. Kamu juga dapat menanyakan tentang cara-cara untuk meningkatkan pelayanan tokomu dan secara proaktif melakukan perubahan kebijakan serta alur kerja toko untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi. Korespondensi akhirmu juga merupakan kesempatan besar untuk mendorong pembeli memberikan feedback baik bagi tokomu. Kamu dapat belajar banyak dari pelangganmu jika kamu bersedia untuk menggunakan ulasan dan feedback mereka untuk membuat tokomu menjadi lebih baik.

Baca juga: Cara Mendapatkan Review Bintang 5 dari Pelanggan

Bagaimana kamu meninggalkan kesan agar bisa menjaga hubungan baik dengan pembelimu?

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Baru! Kini Pantau Rating Produk Jauh Lebih Mudah

Jadi toko favoritDiperbarui 30 NovBaca 2 menit
top description

Perhatikan Perhitungan Poin Penalti Terbaru Ini! Biar Skor Performa Toko Terus Meroket

Kepuasan pembeliDiperbarui 22 OctBaca 2 menit
top description

Seller Wajib Tahu: Kenali 2 Jenis Penalti Pusat Resolusi Terbaru

Kepuasan pembeliDiperbarui 22 OctBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual