Dapatkan Poin Reputasi Toko Hingga Jadi Seller Diamond

Cara Mendapatkan Bonus Poin Reputasi – Ada kutipan yang bilang “Rome was not build in a day”. Alias kalau mau membangun sesuatu yang besar, butuh proses yang panjang. Begitu juga kalau kamu mau jadi seller Diamond di Tokopedia. Sabar dan menikmati proses adalah saran terbaik untukmu saat ini. Tapi, kamu juga harus berbuat sesuatu dari sekarang, salah satu tips suksesnya adalah tingkatkan reputasi tokomu!

Baca juga: Bincang Sukses Berbisnis Fashion Bareng Seller Diamond Tokopedia

Cara Mendapatkan Bonus Poin Reputasi

1. Selesaikan pesanan secara berturut-turut

Setiap kamu berhasil menyelesaikan pesanan dalam jumlah tertentu secara berturut-turut, kamu akan mendapat bonus poin. Besar bonus poin tergantung reputasi tokomu saat ini. Berikut skema bonus poinnya:

Tidak ada batasan waktu untuk menyelesaikan pesanan berturut-turut. Jika terjadi perubahan reputasi toko (contoh: No Badge ke Bronze, Bronze ke Silver, dan seterusnya), transaksi yang sudah terjadi akan dihitung dari nol kembali.

2. Tingkatkan reputasi dalam jangka waktu yang telah ditentukan

Kalau kamu berhasil meningkatkan reputasi tokomu (contoh: No Badge ke Bronze, Bronze ke Silver, dan seterusnya) dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kamu juga akan mendapatkan bonus poin reputasi. Berikut cara perhitungannya:

Sistem Penalti Toko

Dengan bonus poin ini, kamu tidak perlu berlama-lama lagi menunggu reputasi tokomu naik. Namun, kamu harus memperhatikan poin penalti, yaitu sistem pengurangan poin reputasi toko. Sebisa mungkin kamu jangan sampai terkena penalti toko ya. Penalti toko akan terjadi jika kamu melakukan hal-hal berikut:

Meskipun kamu berhasil menaikkan reputasi tokomu dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kamu tetap tidak bisa mendapat bonus poin jika terkena penalti. Kondisi ini berlaku bagi semua Seller di Tokopedia. Sementara, ada poin penalti yang ditentukan berdasarkan badge reputasi tokomu.

Ignore shipping adalah kondisi ketika Seller tidak melakukan pengiriman (shipping) atau tidak memasukkan resi pengiriman dalam batas waktu yang tersisa dalam konfirmasi pengiriman. Sementara, Reject shipping adalah kondisi ketika Seller membatalkan pesanan pada saat konfirmasi pengiriman.

Ingin tahu cara mendapatkan bonus poin reputasi dan terhindar dari penalti? Simak tips berikut.

Tips Mendapatkan Bonus Poin Reputasi

1. Rajin atur stok produk agar mengurangi pembatalan pesanan

Dengan selalu memastikan stok produk terus diperbarui, kamu bisa menghindari poin penalti karena menolak pesanan baru. Jangan sampai kamu kehilangan pembeli karena stok habis, ya!

Baca juga: Kenali Fitur Pengaturan Stok Produk Terbaru

2. Teliti dalam mengecek pesanan

Pastikan kamu selalu memeriksa kolom Pesanan Baru dan Konfirmasi Pengiriman. Batas waktu untuk menerima Pesanan Baru adalah 2×24 jam, sedangkan untuk Konfirmasi Pengiriman bervariasi tergantung pada layanan pengiriman (contoh: JNE, SiCepat, AnterAja, dan lain-lain) yang dipilih pembeli.

Baca juga: Cara Mudah Proses Pesanan di Tokopedia

3. Berikan pelayanan terbaik kepada pembeli

Sebelum mengirimkan produk, selalu cek kondisi produk dalam keadaan baik. Jika produk tersebut rapuh atau mudah hancur dalam pengiriman, jangan segan menginformasikan pihak logistik untuk menempelkan stiker fragile. Komplain yang masuk ke Pusat Resolusi akan menyebabkan jumlah pesanan yang sudah selesai sebelumnya akan hangus. 

Selain itu, pastikan kamu membalas semua chat pembeli yang masuk dan berikan respon yang cepat. Idealnya kamu membalas minimal 90% chat yang masuk dan kurang dari 6 jam dari waktu chat masuk.

Baca juga: 4 Tips Balas Chat Pembeli Tokopedia Dengan Excellent

Dalam membangun reputasi toko, kamu harus sabar dan disiplin. Ayo lakukan tips di atas terus menerus hingga kerajaan “Roma-mu” berdiri megah di Tokopedia!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller