Tertarik Bisnis fashion? Ini Tips Buat Mulai Aja Dulu!

Tips Memulai Bisnis Fashion – Tidak bisa dipungkiri lagi, di zaman sekarang ini, fashion dianggap sebagai identitas sosial di mata masyarakat. Antusiasme masyarakat, khususnya anak muda, sangat tinggi di bidang fashion ini. Bisnis fashion sendiri merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena perkembangannya cepat sekali. Maka dari itu, buat kamu yang ingin memulai bisnis fashion, simak beberapa tips berikut.

Tips memulai bisnis fashion

  • Temukan Karakter dan Ciri Khas Desain

Bagian ini merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis fashion. Kamu harus tahu ciri khas desain brand-mu agar berbeda dari merek-merek lainnya yang sudah ada. Kamu harus menemukan ide utama yang jadi sumber inspirasinya. Tentu ide orisinil harus kamu ciptakan terlebih dahulu agar calon pembeli dapat dengan mudah mengenali identitas brand-mu sebagai brand bisnis fashion yang memiliki nilai atau poin unik.

  • Aktif di Media Sosial

Kamu harus membangun image di media sosial secara profesional. Hal ini sangat penting karena di era digital ini, media sosial adalah wadah kamu untuk berkarir sebagai entrepreneur atau pebisnis yang sukses. Dengan menggunakan media sosial secara profesional, kamu juga bisa mulai berkolaborasi dengan influencer, buzzer, maupun publik figur lainnya untuk digunakan sebagai pemotretan brand-mu.

Tokopedia menyediakan fitur Affiliate Marketing untuk kamu yang ingin mulai memperluas jangkauan tokomu. Dengan menggunakan fitur Affiliate marketing, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer dan buzzer sesuai dengan branding dan target market mereka sendiri.

Baca juga: Mau Produkmu Diiklankan Artis? Pakai Affiliate Marketing!

  • Tentukan Target Market

Sebelum memulai bisnis, hal utama yang perlu dipikirkan adalah menentukan pelanggan atau target market tokomu. Penentuan target market berfungsi untuk memfokuskan produk yang akan dijual. Dengan menentukan pelanggan di awal kamu memulai bisnis, kamu dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis model seperti apa yang ingin dipasarkan.

Contohnya, tentukan siapa pembelimu. Apakah kamu akan menjual fashion wanita, fashion pria, atau fashion anak. Kamu pun bisa secara perlahan mengembangkan target marketmu agar dapat lebih banyak mendapatkan pelanggan.

Sebaliknya, jika kamu tidak menentukan secara pasti siapa pelanggan kamu, maka kamu akan sulit menentukan pemasaran dan produk yang akan kamu jual. Karena ini adalah dasar dalam memulai suatu bisnis, perlu sangat diperhatikan bagi pemula.

Tips upload Produk yang Menarik

  • Upload Foto Produk yang Baik
    Foto yang kamu gunakan harus berkualitas baik, jelas (tidak blur), serta diambil dari berbagai sisi. Untuk kategori fashion, disarankan untuk menggunakan model agar lebih menarik dan pembeli bisa membayangkan tampilan asli saat digunakan. Coba curi perhatian pembeli dengan foto produk yang menarik ya, Seller!
    space
  • Penamaan Produk yang Menarik
    Berikut  2 rumus untuk penamaan produk:
    Jenis Produk  + Merk Produk + Keterangan Tambahan
    Contoh:  Sepatu Pria + Oxford + warna coklat tua kulit asli ukuran 40
    Merk Produk + Jenis Produk + Keterangan Tambahan
    Contoh: Oxford + sepatu pria + warna coklat tua kulit asli ukuran 40

    Selain dua contoh di atas, kamu juga bisa mencari keyword yang sering dicari di Wawasan Pasar ataupun menggunakan aplikasi seperti Google Keyword Tools.
    space
  • Deskripsi Produk yang Lengkap dan Mudah Dimengerti
    Tuliskan spesifikasi produk serta keterangan penting yang harus pembeli ketahui tentang produkmu misalnya bahan atau keunikannya. Kedua, gunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh semua orang. Selain itu, tambahkan juga keterangan lain seperti garansi atau promosi khusus tokomu.

Baca juga: Tips Upload Produk di Tokopedia

Upgrade Tokomu Menjadi Power Merchant

Salah satu tips sukses buat pemula berjualan di Tokopedia adalah dengan menjadi Power Merchant. Power Merchant adalah keanggotaan Seller yang menawarkan berbagai fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli. 

Menjadi Power Merchant tidak dikenakan biaya bulanan, kamu hanya akan dikenakan biaya layanan sebesar 1% setiap produk terjual. Tentunya sangat menguntungkan bagi pemula sekalipun. Dengan menjadi Power Merchant, halaman tokomu bisa tampil lebih bagus sehingga pembeli semakin percaya saat belanja di tokomu.

Upgrade jadi Power Merchant

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller