Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Jadi toko favorit
  2. Cara Meminimalisir Komplain Pembeli di Tokomu

Cara Meminimalisir Komplain Pembeli di Tokomu

Jika pembeli puas dengan pelayanan tokomu, maka kecil kemungkinan tokomu dikomplain

Diperbarui 23 Sep • Baca 2 menit

Hai! Kepuasan pembeli saat berbelanja di tokomu merupakan salah satu hal yang bisa menyenangkan pembeli, loh. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis online, kamu perlu melayani mereka sebaik mungkin. Namun, dalam berjualan pasti ada saja komplain tidak puas dari pembeli, oleh karena itu, kamu perlu melakukan 4 hal berikut untuk mencegah keluhan pelanggan sebelum terjadi.

4 Tips meminimalisir komplain dari pembeli

1. Perhatikan halaman produk

Sebagai seorang admin online, tentunya kita menginginkan agar produk yang kita jual tidak dikomplain atau bahkan dikembalikan oleh pembeli (retur). Namun, kenyataannya komplain dan retur selalu terjadi. Oleh karena itu, pastikan menggunakan foto asli produk dan kamu perlu memperhatikan halaman produk seperti foto dan deskripsi produk agar pembeli tak merasa tertipu dengan produk yang kamu jual. Berikut detailnya:

a. Gunakan Foto Asli Produk

Seringkali kamu memajang foto yang diambil dari website atau suppliernya. Alhasil, gambar dengan produk asli memiliki perbedaan. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk tidak mengambil foto dari website lain yang terlalu berbeda dari produk aslinya. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengambil gambar dengan resolusi dan pencahayaan yang baik serta menggunakan latar belakang putih. Karena kedua hal tersebut akan membuat pembeli dapat melihat kualitas produk yang sebenarnya.

Baca juga: Ini Cara Tarik Perhatian Pelanggan dengan Foto Produk Menarik!

b. Deskripsi Produk yang Spesifik

Dalam proses jual-beli online, pembeli akan membeli tanpa melihat produk secara langsung. Maka, pembeli sangat bergantung kepada deskripsi produk yang disediakan oleh penjual. Terkadang pembeli tidak menanyakan terlebih dahulu kelengkapan dari produk yang dibelinya dan beranggapan bahwa kelengkapan barang tersebut sudah ada. Pada akhirnya, hal ini akan berujung pada komplain dan retur barang. Oleh sebab itu, penjual disarankan untuk menyediakan deskripsi produk secara spesifik. Tidak hanya spesifik, deskripsi yang tidak melebihkan atau mengurangi fitur dan kualitas produk akan menghindarkan penjual dari retur barang.

Baca juga: 3 Cara Membuat Deskripsi Produk Jualan di Tokopedia

2. Berkomunikasi dengan jelas dengan pembeli

Miskomunikasi adalah penyebab utama terjadinya komplain. Jadi, pastikan kamu memberikan informasi dengan jelas seperti harga dan ukuran, serta waktu pengiriman, ulasan, testimonial, dan jam operasional toko.

Walau sudah ditulis di kolom deskripsi, masih banyak pembeli yang tidak membaca deskripsi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengingatkan kembali rincian produk tersebut di kolom chat. Misalnya, informasi soal ukuran yang dia akan beli. Buatlah pembelimu senang dengan pelayanan yang kamu berikan.

3. Lakukan kontrol kualitas produk

Lakukan kontrol kualitas yang baik terhadap produk dan jasa kamu untuk meminimalisir adanya barang yang cacat atau kebersihan yang tidak terjaga. Periksa apakah produkmu memiliki kualitas baik dan sesuai yang diharapkan pembeli. Konfirmasi bahwa kamu mencantumkan warna dan spesifikasi produk.

4. Melakukan Pengecekan Akhir

Retur paling sering terjadi karena produk rusak ataupun kesalahan pengiriman. Oleh karena itu, melakukan pengecekan sebelum pengiriman sangat penting untuk menghindari komplain. Pengecekan bukan hanya pada produk saja, namun juga pada packaging atau pengemasan produk karena kerusakan sering terjadi selama pengiriman barang. Pengecekan terakhir terhadap produk dan packaging akan menghindarkan kerusakan selama pengiriman dan kesalahan mengirim barang.

Nah itu dia tips yang perlu kamu ikuti untuk dapat menghindari komplain dari pembeli agar mendapat review positif.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Skor Performa Toko, Skema Penilaian Kualitas Pelayanan Toko

Jadi toko favoritDiperbarui 04 OctBaca 2 menit
top description

Cara Meminimalisir Komplain Pembeli di Tokomu

Jadi toko favoritDiperbarui 23 SepBaca 2 menit
top description

Bisa Selesaikan Kendalamu, Ketahui Perbedaan Pusat Resolusi & Pusat Bantuan

Jadi toko favoritDiperbarui 22 SepBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual