Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda

Cara Memilih Supplier – Mencari supplier memang butuh ketelitian agar tidak merugikan bisnis Anda nantinya. Untuk itu, simak bagaimana caranya menentukan supplier untuk toko Anda supaya bisnis bisa berjalan lancar di bawah ini!

Baca juga: Tips Menjaga Angka Penjualan Saat Musim Liburan

Tips Memilih Supplier

  • Tentukan Terlebih Dahulu Kebutuhanmu

Sebelum memulai mencari supplier untuk toko, tentukan dulu apakah Anda mencari supplier untuk dropship ataupun reseller. Kebutuhan dari masing-masing toko tentunya berbeda.

Jika membutuhkan supplier untuk dropshipper, pastinya harus mencari yang memang menerima sistem dropship karena, dari segi kuantitas pun sudah berbeda dengan reseller. Tentukan juga produk atau jasa apa yang akan dipasarkan sehingga akan memudahkan Anda menemukan supplier.

  • Perhatikan Kualitasnya

Cara memilih supplier selanjutnya ialah memperhatikan kualitas. Kualitas menjadi salah satu faktor terbesar agar produk disukai oleh para pembeli. Para pembeli akan melakukan pembelian kembali hanya jika merasa puas dengan pembelian pertama. Maka dari itu kualitas sangatlah penting agar bisnis bisa bertahan lama.

Sebagai tips, Anda bisa meminta produk sampel supaya mengetahui seperti apa produk yang ditawarkan oleh supplier atau langsung datang dan melihat produk bahan baku / bahan jadi tersebut.

  • Perhatikan Kebutuhan Kuantitas

Selanjutnya setelah kualitas, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kuantitas yang bisa di supply oleh supplier. Seringkali banyak supplier merasa mampu memenuhi kebutuhan pasokan toko Anda tetapi, karena beberapa hambatan atau ternyata alat yang sudah tidak memadai jadi menghambat pasokan barang.

  • Pantau Pelayanan dan Kesigapan Supplier

Supplier dengan kesigapan serta cepat menanggapi pelanggan akan sangat penting ketika melakukan kerja sama. Pastinya akan menjadi sebuah permasalahan jika barang terlambat diterima. Proses produksi atau pesanan konsumen jadi mundur dan tidak tepat waktu.

Lakukan tes sederhana terkait layanan. Cobalah memesan dalam jumlah sedikit dan lihat bagaimana respon serta pelayanan supplier.

Baca juga: 8 Strategi untuk Meningkatkan Target Penjualan

  • Perhatikan Reputasi Serta Track Record Supplier

Dalam memilih supplier terpercaya tidak perlu terburu-buru. Cek terlebih dahulu sumber informasi terkait supplier seperti di blog, forum jual beli, komunitas dan lainnya. Telusuri kredibilitasnya dengan melihat pembeli yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

Supplier terpercaya pasti memiliki komentar positif. Pastikan juga Anda memiliki kontak tetap yang bisa dihubungi.

  • Dapatkan Harga yang Sesuai 

Jika sudah menemukan supplier yang tepat dengan kualitas baik, tentukan dan sepakati harga. Pastikan Anda memiliki budget yang sesuai supaya dana bisa dialokasikan secara maksimal. Sejatinya, bisnis adalah persoalan untung dan rugi sehingga harus benar-benar menimbang dan memperhatikan kemampuan dana.

Bernegosiasilah dengan supplier untuk mendapatkan harga terbaik dan kesepakatan bersama. Biasanya Anda bisa bernegosiasi berdasarkan jumlah unit jadi, usahakan untuk memahami jumlah permintaan hingga harga di pasaran.

  • Pertimbangkan Kontinuitas dan Konsistensi

Bukan hanya track record saja, konsistensi serta kontinuitas supplier sangat penting dalam menjalankan bisnis Anda. terkadang supplier mengalami kendala dalam mengirim barang sehingga, bisnis jadi terhambat.

Jadi, perhitungkan faktor-faktor kemungkinan adanya kendala seperti jarak pengiriman, jadwal kerja, hingga peralatan kerja. Ini berguna untuk berjaga-jaga dalam mempersiapkan produk atau jasa dalam bisnis Anda. sehingga penting mencari supplier dengan konsistensi kemampuan suplai untuk bisnis.

  • Ketahui Kebijakan Pengembalian Produk

Ketika bekerja sama dengan pihak lain tentu ada beberapa aturan yang harus disepakati. Pelajari detail aturan dan kebijakan pengembalian yang berlaku. Jika terdapat barang cacat atau kerusakan ketika sampai, proses pengembalian jadi bisa diproses lebih baik. Dengan mempelajari prosedur pengembalian barang bisa membantu mencegah kerugian.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Minim Budget dengan Keuntungan Besar

  • Miliki Lebih dari Satu Supplier

Tips memilih supplier terakhir adalah memiliki lebih dari satu supplier. Hanya memiliki satu supplier adalah salah satu kesalahan dalam berbisnis. Selain berbahaya jika stok sedang tidak ada, dengan memiliki lebih dari satu supplier Anda dapat membandingkan harga dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa memiliki ide-ide lain untuk dijual jika Anda memiliki lebih dari satu supplier.

Jadi sudah tidak bingung lagi kan cara menentukan supplier terpercaya untuk kebutuhan toko Anda? Memang dalam meriset serta mensortir supplier sangatlah penting untuk berbisnis supaya tidak salah memilih nantinya. Semoga cara memilih supplier ini berhasil membantu Anda!

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar